Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Riset Magpie: di e-Commerce Pasar Skincare Indonesia Melesat

3 Februari 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
produk skincare lokal

Populix: 87% Milenial dan Gen Z Pilih Produk Skincare Lokal (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Industri skincare di Indonesia terus berkembang, dengan wanita lebih banyak mengalokasikan pengeluaran untuk perawatan kulit dibanding makeup. Konsumen utama dalam industri kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia didominasi oleh Gen Z dan Milenial, dengan Gen Z terus mengalami pertumbuhan sebagai pembeli utama, terutama setelah pandemi.

Dalam lanskap e-commerce, kategori serum & essence menjadi salah satu yang paling diminati dengan pangsa pasar sebesar 17,4% pada Q3 2024, menempati posisi kedua setelah pelembap. Temuan ini terungkap dari hasil riset Magpie E-commerce Intelligence terbaru.

Hasil riset menunjukkan bahwa selama periode Juli–September (Q3) 2024 pasar Serum & Essence mencapai Rp813 miliar (naik 38,97% dari Q3 2023) dengan 10.2 juta unit terjual (naik 29,11% dari Q3 2023)

“Pasar Serum & Essence menunjukan tren positif pada Q3 2024, dengan peningkatan GMV sebesar 38,97 secara quarter-over-quarter (QoQ) dan meningkat 1,85% dibandingkan Q2 2024,” ujar Wilhendra, CEO Magpie, dikutip Senin (3/2/2025).

Baca juga :   Aplikasi Tandatangan Digital Ini Bisa Antisipasi Surat Tes Covid-19 Palsu

Shopee mendominasi pasar pelembap wajah dengan pangsa pasar sebesar 80,71%, diikuti Lazada sebesar 11,45%, Tokopedia 7,71%, dan Blibli 0,13%.

Dominasi Shopee di pasar pelembap tetap bertahan sepanjang bulan, meskipun terjadi penurunan sedikit pada bulan Agustus. Lazada mengalami penurunan pada bulan september namun tidak merubah posisi apapun dan tetap mendominasi nomor 2 setelah Shopee.

Skintific mendominasi pasar serum & essence secara online dengan pangsa pasar sebesar 10,1%, diikuti oleh Elformula (6,1%), The Originote (4,1%), Y.O.U (4,0%), dan Somethinc (3,4%). “Lima merek teratas tersebut berkontribusi sekitar 27,7% dari total pasar,” kata Wilhendra.

Persaingan yang ketat tercermin dalam kinerja merek sepanjang Q3 2024, yang mengalami fluktuasi setiap bulan. Skintific, sebagai pemimpin pasar, mengalami kondisi yang berfluktuasi, dan pada akhir Q3, sedangkan Somethinc berhasil meningkatkan pangsa pasarnya menjadi 5,9% menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Baca juga :   Show The Monster Memperkenalkan Trio Pikabo Lewat Video Musik

Lalu brand serum dan essence apa yang terlaris di e-commerce? Hasil riset menyebutkan Shopee, sebagai kontributor terbesar untuk GMV serum & essence, dipimpin oleh Skintific yang menguasai 10,8% pangsa pasar dengan total pendapatan sebesar US$4,73 juta. Elformula berada di posisi kedua dengan pangsa 7%, diikuti oleh Y.O.U (4,2%), The Originote (4,2%), dan Skin1004 (3,6%).

Jika melihat pergerakan dari bulan ke bulan (MoM), pada akhir Q3 pangsa pasar Skintific mengalami penurunan, yang kemudian diambil alih oleh Y.O.U dan Glad2Glow. Glad2Glow menunjukkan peningkatan signifikan setelah sebelumnya tidak masuk dalam lima besar GMV tertinggi di September 2024, memperkuat posisinya di Shopee.

Di Lazada, JF Glow mendominasi platform dengan menguasai 7,3% pangsa pasar serum & essence, dengan total pendapatan sebesar US$450,29 ribu.

“Hal ini menunjukkan keunggulan yang signifikan dibandingkan merek-merek pesaing lainnya. Seperti Skintific (7,3%), Wardah (4,6%), dan Annimate (4,7%) yang mengalami peningkatan pangsa pasar pada September 2024,” jelas Wilhendra.

Baca juga :   Retno Dewati : Fenox VC Menjembatani Startup Indonesia Dengan Investor Global

Di Tokopedia, Wardah mendominasi pasar dengan menguasai 13,6% pangsa pasar dan total pendapatan sebesar US$215 ribu. Skintific mengikuti di posisi kedua dengan 9,6% pangsa pasar, disusul oleh Kahf (8,4%), Make Over (6,5%), dan Somethinc (4,3%). Wardah, Kahf, dan Make Over mengalami peningkatan pangsa pasar pada September 2024.

Elformula, sebagai pemimpin merek dalam kategori serum & essence, didorong oleh penjualan produk Elformula – Intensive Peeling Solution for Exfoliating, yang menjadi produk terlaris dalam kategori ini dengan pendapatan sebesar US$2,79 juta dan terjual sebanyak 335,6 ribu unit pada Q3.

Di posisi kedua, produk terlaris berikutnya berasal dari Skintific, yaitu Skintific – Acid Peeling Solution Serum, yang terjual sebanyak 131,2 ribu unit dan menghasilkan pendapatan sebesar US$1,2 juta.

 

HENNI S.

Tags: Magpie E-commerce IntelligencePasar SkincarePasar Serum & Essence
Previous Post

Kerja Sama Igloo dan Akulaku Hadirkan Layanan Perlindungan Gadget

Next Post

Hadirkan Solusi Keamanan Digital dan Kota Cerdas di Indonesia, Telkom Gandeng Thales

Related Posts

produk pembersih wajah
Headline

Magpie: Pasar Pembersih Wajah di Indonesia Melonjak di Q4 2024

1 Maret 2025
0
pasar pelembap
Headline

Perebutan Tahta Pasar Pelembap di e-Commerce Indonesia

20 Desember 2024
0
produk lipstik
Headline

Tren Penjualan Lipstik di Ecommerce Pada Kuartal 3 dan 4 Tahun 2023

20 Juli 2024
0
Load More
Next Post
Telkom x Thales

Hadirkan Solusi Keamanan Digital dan Kota Cerdas di Indonesia, Telkom Gandeng Thales

IT Del x Cyberbit

Kerja Sama IT Del dan Cyberbit untuk Cetak Talenta Unggul di Bidang Cyber Security

kantor additiv Jakarta

Perluas Operasinya di APAC, Fintech additiv Ekspansi ke Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version