Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Sebanyak 21,4 Juta UMKM dan IKM Sudah Masuk Ekosistem Digital

13 Februari 2023
in Headline
Reading Time: 1 min read
UMKM

UMKM masuk ekosistem digital. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Sejak diluncurkan pada tahun 2020, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Produk Dalam Negeri (Gernas BBI/PDN), yang sekarang diperluas dengan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), telah mencatatkan beberapa capaian.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, per akhir Desember 2022 total UMKM/IKM/Artisan masuk ke ekosistem digital mencapai 21,4 juta unit, atau terjadi peningkatan sebesar 168% sejak diluncurkan pada 2020. “Kita masih perlu mencapai target 30 juta hingga 2024,” ucap Luhut, dalam keterangannya dikutip Senin (13/2/2023).

Selain itu, lanjut Luhut, optimalisasi belanja PDN juga terus dilakukan. Per 31 Desember 2022, total komitmen belanja PDN oleh kementerian lembaga, Pemda, dan BUMN mencapai Rp1.001 triliun dengan realisasi sebesar Rp762,75 triliun (76,2%).

Baca juga :   Pintek, Maksimalkan Peran Orang Tua Untuk Anak Belajar

“Capaian ini jauh melebihi target dari Bapak Presiden sebesar Rp400 triliun. Begitu juga produk tayang di e-katalog telah mencapai 2.493.151 produk atau 249% dari target sebesar 1 juta produk pada 2022,” ungkapnya.

Menko Marves juga menjelaskan bahwa salah satu aktivitas belanja online tahunan yang telah digalakkan BBI ialah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Melalui kegiatan ini diperoleh data tren penjualan produk lokal dari 2018 hingga 2022 terus mengalami peningkatan hingga mencapai angka Rp10 triliun.

Menurut Menko Luhut, meskipun penjualan produk lokal masih di bawah produk impor, namun pihaknya optimis ke depan produk lokal akan mendominasi penjualan di e-commerce. Data Nielsen juga menunjukkan bahwa sekitar 67% konsumen daring mengetahui tentang kampanye Gernas BBI dan 80% konsumen menganggap asal produk penting, dan cenderung membeli produk lokal daripada impor.

Baca juga :   3 Sektor UMKM Ini Yang Paling Banyak Masuk Ekosistem Digital

“Untuk itu, kepada seluruh Kepala Daerah, mari manfaatkan momentum Gernas BBI/PDN dan BBWI untuk meningkatkan perekonomian daerah kita. Perbaiki destinasi wisata serta lingkungannya, tingkatkan produksi kreatif lokal, dan dorong berbagai kegiatan di daerah kita,” tutup Menko Luhut.

 

HENNI S.

Tags: Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI)ekosistem digitalGerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Produk Dalam Negeri (Gernas BBI/PDN)
Previous Post

Konten Berita Audio Melalui Platform Online Meningkat 214%

Next Post

LPDP Gelar Kompetisi Pendanaan Riset Energi Terbarukan

Related Posts

Telkom Fokus Jadi Penggerak Ekosistem Digital yang Berdaya Saing Global
News

Telkom Fokus Jadi Penggerak Ekosistem Digital yang Berdaya Saing Global

19 Juni 2025
0
CIPS DigiWeek 2024
News

Perlu Kebijakan Visioner untuk Membangun Ekosistem Digital Inovatif dan Inklusif bagi Masa Depan Indonesia

17 Juli 2024
0
Demo Day BCA SYNRGY
Headline

Demo Day BCA SYNRGY Accelerator 2023: Ajang Startup Bersinergi

25 November 2023
0
Load More
Next Post
Tim Pengmas UI Bantu Kembangkan Kampung Kincir Angin

LPDP Gelar Kompetisi Pendanaan Riset Energi Terbarukan

Unair brem kulit duiran

Inovasi Brem Dari Kulit Durian, Jadi Alternatif Penghilang Dampak Buruk Pemakai LSD

Indosat Ooredoo Hutchison

Pasca Merger, IOH Raih Kenaikan Total Pendapatan Hingga 48,9%

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version