youngster.id - Dalam satu tahun berkolaborasi, Tokopedia dan ShopTokopedia, mencatat berbagai pencapaian signifikan. Bahkan, mampu meningkatkan pendapatan pelaku UMKM hingga 95%.
Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto mengatakan, pada 12 Desember 2023 lalu, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Tokopedia memasuki babak baru dengan berkolaborasi bersama TikTok menghadirkan ShopTokopedia dan meluncurkan kampanye ‘Beli Lokal’.
“Dengan dukungan dari Kementerian Perdagangan RI, kampanye ‘Beli Lokal’ terus menjadi panggung khusus untuk menampilkan karya terbaik dari para brand lokal di Indonesia, termasuk Dear Me Beauty, No Void Minds dan Minimal. Para pelaku usaha tersebut merupakan bagian dari puluhan juta penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia, yang 100%-nya berada di Indonesia dan mayoritasnya adalah UMKM,” kata Melissa, dikutip Jum’at (13/12/2024).
Berdasarkan riset Tempo Data Science bersama dengan Tokopedia dan ShopTokopedia (2024), kolaborasi tersebut terbukti memberikan dampak positif bagi pelaku usaha lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia. Selain itu, UMKM yang memiliki akun di kedua platform, baik Tokopedia maupun ShopTokopedia, mengalami kenaikan penjualan hingga 118% sepanjang 2024.
Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr. Budi Santoso menyampaikan, pada tahun 2023, transaksi e-commerce mencapai Rp453 triliun, dan pada tahun 2024 diproyeksikan naik menjadi Rp487 triliun. Sedangkan pengguna platform e-commerce juga terus naik, pada tahun 2024 jumlah pengguna e-commerce mencapai 65,65 juta, angka ini naik 11% persen dari tahun lalu.
Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa e-commerce sudah menjadi bagian yang lekat dengan kehidupan masyarakat. Kementerian Perdagangan RI memiliki tiga program, yakni pengamanan pasar dalam negeri, perluasan pasar ekspor, dan peningkatan UMKM BISA (Berani Inovasi Siap Adaptasi) Ekspor. Untuk mendukung produk lokal semakin maju, diperlukan kerja sama yang erat antara berbagai pihak, mulai dari pemerintah, pelaku usaha hingga masyarakat.
“Kampanye ‘Beli Lokal’ dari Tokopedia dan ShopTokopedia adalah salah satu contoh konkret bagaimana kolaborasi dapat mendukung pelaku usaha lokal berkembang dan meningkatkan daya saing. Mari bersama-sama membantu produk lokal semakin maju dengan #PakaiProdukSendiri,” ujar Budi.
Riset itu juga menyebutkan, selain “Beli Lokal”, kampanye “Promo Guncang” berhasil meningkatkan pendapatan UMKM mencapai 115%. Selain itu, kampanye “Beli Lokal” juga mampu mendorong penjualan produk UMKM naik hingga 70%.
Sementara itu, pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping.
Salah satu cara meningkatkan penjualan live shopping adalah berkolaborasi dengan kreator konten sekaligus afiliator. Saat ini, ada lebih dari 8 juta kreator yang mendapatkan penghasilan dari ShopTokopedia. Nilai transaksi di ShopTokopedia melalui fitur Live Shopping di TikTok meningkat hingga 26 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi harian.
STEVY WIDIA