Jumat, 14 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong Pendapatan UMKM Naik 95%

13 Desember 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia x ShopTokopedia

Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong Pendapatan UMKM Naik 95% (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dalam satu tahun berkolaborasi, Tokopedia dan ShopTokopedia, mencatat berbagai pencapaian signifikan. Bahkan, mampu meningkatkan pendapatan pelaku UMKM hingga 95%.

Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto mengatakan, pada 12 Desember 2023 lalu, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Tokopedia memasuki babak baru dengan berkolaborasi bersama TikTok menghadirkan ShopTokopedia dan meluncurkan kampanye ‘Beli Lokal’.

“Dengan dukungan dari Kementerian Perdagangan RI, kampanye ‘Beli Lokal’ terus menjadi panggung khusus untuk menampilkan karya terbaik dari para brand lokal di Indonesia, termasuk Dear Me Beauty, No Void Minds dan Minimal. Para pelaku usaha tersebut merupakan bagian dari puluhan juta penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia, yang 100%-nya berada di Indonesia dan mayoritasnya adalah UMKM,” kata Melissa, dikutip Jum’at (13/12/2024).

Baca juga :   Grab Gaet 23 Brand Nasional dan Masyarakat Berdonasi untuk Penanganan Corona di Indonesia

Berdasarkan riset Tempo Data Science bersama dengan Tokopedia dan ShopTokopedia (2024), kolaborasi tersebut terbukti memberikan dampak positif bagi pelaku usaha lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia. Selain itu, UMKM yang memiliki akun di kedua platform, baik Tokopedia maupun ShopTokopedia, mengalami kenaikan penjualan hingga 118% sepanjang 2024.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr. Budi Santoso menyampaikan, pada tahun 2023, transaksi e-commerce mencapai Rp453 triliun, dan pada tahun 2024 diproyeksikan naik menjadi Rp487 triliun. Sedangkan pengguna platform e-commerce juga terus naik, pada tahun 2024 jumlah pengguna e-commerce mencapai 65,65 juta, angka ini naik 11% persen dari tahun lalu.

Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa e-commerce sudah menjadi bagian yang lekat dengan kehidupan masyarakat. Kementerian Perdagangan RI memiliki tiga program, yakni pengamanan pasar dalam negeri, perluasan pasar ekspor, dan peningkatan UMKM BISA (Berani Inovasi Siap Adaptasi) Ekspor. Untuk mendukung produk lokal semakin maju, diperlukan kerja sama yang erat antara berbagai pihak, mulai dari pemerintah, pelaku usaha hingga masyarakat.

Baca juga :   Layanan IoT Telkom Sudah Sampai ke Papua

“Kampanye ‘Beli Lokal’ dari Tokopedia dan ShopTokopedia adalah salah satu contoh konkret bagaimana kolaborasi dapat mendukung pelaku usaha lokal berkembang dan meningkatkan daya saing. Mari bersama-sama membantu produk lokal semakin maju dengan #PakaiProdukSendiri,” ujar Budi.

Riset itu juga menyebutkan, selain “Beli Lokal”, kampanye “Promo Guncang” berhasil meningkatkan pendapatan UMKM mencapai 115%. Selain itu, kampanye “Beli Lokal” juga mampu mendorong penjualan produk UMKM naik hingga 70%.

Sementara itu, pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping.

Salah satu cara meningkatkan penjualan live shopping adalah berkolaborasi dengan kreator konten sekaligus afiliator. Saat ini, ada lebih dari 8 juta kreator yang mendapatkan penghasilan dari ShopTokopedia. Nilai transaksi di ShopTokopedia melalui fitur Live Shopping di TikTok meningkat hingga 26 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi harian.

 

Baca juga :   Lalamove Ekspansi Layanan Pengiriman Instan ke Bandung Raya

STEVY WIDIA

Tags: Beli LokaTokopedia dan ShopTokopediaUMKM
Previous Post

Kawan Lama Group Perkenalkan Layanan Pembiayaan Konsumen

Next Post

Aplikasi Pospay Perluas Layanan, Hadirkan Transfer Uang Internasional hingga Pembayaran Tagihan

Related Posts

TikTok Food Fest 2025 Pertemukan Kreator, UMKM, dan Komunitas Pecinta Kuliner
Headline

TikTok Food Fest 2025 Pertemukan Kreator, UMKM, dan Komunitas Pecinta Kuliner

8 Oktober 2025
0
Usaha Ultra Mikro Perempuan
Headline

Kementerian UMKM Gelar Startup Acceleration Program 2025

3 September 2025
0
Amartha Bertranformasi Menjadi Layanan Keuangan Digital
Headline

Amartha Bertranformasi Menjadi Layanan Keuangan Digital

27 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Aplikasi Pospay

Aplikasi Pospay Perluas Layanan, Hadirkan Transfer Uang Internasional hingga Pembayaran Tagihan

ALTO Network

ALTO Perkuat Transformasi Digital Pembayaran di Indonesia

Bank bjb Syariah

Bank bjb Syariah Salurkan Pembiayaan Rp3,245 Triliun pada OKI Pulp

Discussion about this post

Recent Updates

Hypernet

Perkuat Keamanan Siber, Hypernet dan Fortinet Kolaborasi Lewat SOC as a Service

14 November 2025
AFTECH x PERBANAS

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Sinergi Bank-Fintech Kunci Perluasan Akses Kredit Nasional

14 November 2025
KOLTIVA x Sugata

Agritech KOLTIVA Dukung Sugata Transformasi Rantai Pasok Kakao

14 November 2025
Maybank Indonesia x BRI-MI

Maybank Indonesia Ditunjuk Sebagai Bank Kustodian untuk KIK EBA Syariah Perdana BRI Manajemen Investasi

13 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Hypernet

Perkuat Keamanan Siber, Hypernet dan Fortinet Kolaborasi Lewat SOC as a Service

14 November 2025
AFTECH x PERBANAS

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Sinergi Bank-Fintech Kunci Perluasan Akses Kredit Nasional

14 November 2025
KOLTIVA x Sugata

Agritech KOLTIVA Dukung Sugata Transformasi Rantai Pasok Kakao

14 November 2025
Maybank Indonesia x BRI-MI

Maybank Indonesia Ditunjuk Sebagai Bank Kustodian untuk KIK EBA Syariah Perdana BRI Manajemen Investasi

13 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version