Minggu, 3 Juli 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Social Bella Ekspansif Buka Toko Offline Berkonsep Omnichannel

27 Desember 2021
in Headline
Reading Time: 4 mins read
Chrisanti Indiana

Chrisanti Indiana, Co-founder & CMO PT Social Bella Indonesia (Sociolla, Beauty Journal, dan SOCO) (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Beauty-tech company Social Bella kian ekspansif dengan terus membuka toko offline berkonsep omnichannel di berbagai kota di Indonesia dan Vietnam.

“Kami melihat konsep omnichannel yang kami terapkan di Sociolla Store adalah masa depan untuk industri kecantikan di Indonesia,” ucap kata Co-Founder & CMO Social Bella Chrisanti Indiana, dalam keterangan resminya, Senin (27/12/2021).

Dengan konsep ini, lanjut Chrisanti, pelanggan tetap bisa menikmati kemudahan berbelanja offline di toko dengan memanfaatkan integrasi layanan online dengan memanfaatkan aplikasi SOCO. Kegiatan berbelanja offline dengan produk diantarkan secara online, maupun sebaliknya dengan berbelanja online dengan pengambilan produk offline  di toko terdekat adalah era baru bagi industri kecantikan ke depan.

Hingga akhir tahun ini, Social Bella secara aktif terus melakukan pembukaan toko offline berkonsep omnichannel di sejumlah kota di Indonesia dan Vietnam. Hingga kini Sociolla Store telah hadir sebanyak 30 toko di 19 kota di Indonesia dan 7 toko di Vietnam.

Pembukaan toko offline ini merupakan satu dari empat tren perubahan perilaku pelanggan kecantikan sepanjang tahun 2021 yang dicatat Social Bella.

Selain memperkuat ketahanan industri kecantikan dengan tren permintaan yang terus meningkat di tengah pandemi, perubahan perilaku ini juga menunjukkan beauty enthusiast semakin menikmati kemudahan teknologi dalam mencari dan menemukan produk-produk kecantikan yang dibutuhkan.

“Selama pandemi, kami melihat pelanggan kecantikan merupakan yang paling adaptif di tengah perubahan yang terus terjadi. Dengan kemudahan teknologi dan informasi mendorong mereka secara jeli memanfaatkan peluang yang ada, seperti memanfaatkan waktu di rumah untuk menghidrasi kulit saat Work From Home (WFH), bereksplorasi dengan riasan tren make up meskipun menggunakan masker, secara aktif mempelajari kandungan produk di tengah arus produk baru yang terus bermunculan, dan masih banyak yang lainnya,” ujar Chrisanti.

Pergerakan dan perubahan perilaku dan kebutuhan pelanggan akan produk kecantikan tersebut secara lengkap terangkum dalam jaringan ekosistem Social Bella yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya. Selain mengamati empat perubahan perilaku pelanggan, Chrisanti melihat bahwa implementasi WFH yang masih akan berlanjut di tahun depan diprediksi tetap berdampak signifikan terhadap tren pengguna pada 2022.

Baca juga :   JD.ID Adopsi Teknologi AR Bagi Konsumen Jajal Produk Kecantikan

Berikut adalah empat perubahan perilaku pelanggan kecantikan yang dibagikan oleh Social Bella.

  1. Ulasan produk jadi andalan pelanggan sebelum memutuskan pembelian

Di tengah ratusan brand kecantikan yang hadir di Indonesia ditambah kemudahan teknologi dan informasi, kini beauty enthusiast semakin mengandalkan ulasan pelanggan lainnya sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pembelian produk. Tidak hanya itu, beauty enthusiast juga terdorong untuk berbagi ulasan atas produk yang mereka beli dan gunakan di platform review sebagaimana tercermin pada data di aplikasi SOCO, platform review produk terkemuka bagian dari Social Bella untuk kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia dengan lebih dari 90.000 produk dengan lebih dari 2,3 juta ulasan.

Baca juga :   UMKM Wajib Tahu, Inilah Tren dan Peluang Bisnis di Tahun 2021

SOCO mencatat adanya peningkatan pengguna di 2021 hingga 31% dibandingkan tahun lalu. Melalui integrasi teknologi, pelanggan cukup melakukan scan barcode pada fitur yang tersedia di aplikasi SOCO pada produk yang diinginkan untuk mendapatkan informasi lengkap mulai dari deskripsi produk, cara penggunaan, kandungan produk, hingga rating dan ulasan pelanggan lainnya. Kemudahan ini juga mendorong peningkatan total ulasan yang diberikan oleh para pelanggan dimana meningkat sebesar 58% dibandingkan total ulasan di tahun 2020. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna SOCO lebih aktif secara digital dan lebih semangat dalam memberikan review produk-produk kecantikan yang mereka beli di Sociolla.

  1. Pelanggan kian selektif memilih produk kecantikan

Seiring dengan semakin maraknya industri kecantikan dengan berbagai inovasi produk, beauty enthusiast semakin mempunyai banyak pilihan dan selektif memilih produk untuk digunakan. Salah satu yang menjadi minat adalah produk yang mengandung bahan aktif atau active ingredients. Akan tetapi, tidak semua konsumen memahami mengenai bahan aktif ini. Padahal kandungan produk menjadi poin pertimbangan penting bagi pelanggan untuk memilih produk kecantikan yang akan mereka gunakan agar lebih tepat dan efektif sesuai dengan kebutuhan masing-masing.  Oleh karena itu, Sociolla memberikan informasi yang lengkapnya dengan meluncurkan lama khusus The Active Ingredients Guide yang tersedia di aplikasi SOCO.

  1. Brand lokal semakin mendapatkan tempat di hati pelanggan
Baca juga :   Kolaborasi Jadi Strategi Warung Pintar untuk Bertahan dan Tingkatkan Bisnis

Pandemi dapat dikatakan menjadi momen penting yang semakin mendorong popularitas brand lokal. Sociolla mencatat adanya peningkatan ketertarikan para beauty enthusiasts yang sangat signifikan untuk produk-produk seperti primer (80%), concealer (50%) serta loose powder (60%). Selain itu, angka penjualan untuk produk-produk tersebut yang berasal dari brand lokal pun meningkat hingga 66% di tahun 2021.

Sedangkan untuk produk skincare, ampoule, toner dan sunscreen menjadi produk yang paling diminati sepanjang tahun 2021. Carasun, adalah salah satu produk sunscreen lokal yang menjadi favorit para beauty enthusiast yang terjual lebih dari 1 juta setelah peluncurannya pada April 2021. Selain itu, produk makeup brand lokal pendatang baru yang langsung melejit dalam popularitas yaitu Mother of Pearl oleh Tasya Farasya.

  1. Menuju pemulihan pandemi, pelanggan rindu mendapatkan pengalaman berbelanja offline

“Pemahaman yang mendalam akan kebutuhan dari para pelanggan mendorong kami untuk terus menghadirkan layanan secara holistik, tidak hanya produk-produk yang dibutuhkan tetapi juga menghadirkan pengalaman berbelanja yang aman, nyaman, serta menyenangkan. Dengan adaptasi pandemi yang terus berjalan, kami melihat ke depan integrasi layanan online dan offline akan menjadi jawaban akan kebutuhan para pelanggan kecantikan. Pelanggan sudah mulai berkegiatan secara normal namun dengan protokol kesehatan yang ketat,” tutup Chrisanti.

 

STEVY WIDIA

Tags: beauty-tech companyproduk kecantikanSocial Bellatoko offline berkonsep omnichannel
Previous Post

BitMEX Luncurkan Token BMEX 

Next Post

Pelari Run To Care Galang Dana Rp 1,5 Miliar Untuk Keluarga dan Anak Indonesia

Related Posts

Influencer
Headline

Influencer Membantu Brand Membangun Lebih Banyak Koneksi dengan Konsumen

3 Juli 2022
0
Lazada Manjakan Konsumen Jelang Harbolnas
Headline

7 Kiat Penting Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce

3 Juli 2022
0
PUBG
Headline

PUBG Mobile Gelar Kolaborasi dengan UMKM Kuliner Lokal Sei’Tan

3 Juli 2022
0
Load More
Next Post
RTC 2021 Kem(Bali)

Pelari Run To Care Galang Dana Rp 1,5 Miliar Untuk Keluarga dan Anak Indonesia

Sati Rasuanto - VIDA

Kepercayaan Digital Jadi Katalisator Pertumbuhan Industri Digital

Tommy Yuwono - Pintek

Pintek Sediakan Pendanaan Bagi Pelaku Usaha Pendidikan yang Terkendala Akses Permodalan

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Connect with
Login
I allow to create an account
When you login first time using a Social Login button, we collect your account public profile information shared by Social Login provider, based on your privacy settings. We also get your email address to automatically create an account for you in our website. Once your account is created, you'll be logged-in to this account.
DisagreeAgree
Notify of
I allow to create an account
When you login first time using a Social Login button, we collect your account public profile information shared by Social Login provider, based on your privacy settings. We also get your email address to automatically create an account for you in our website. Once your account is created, you'll be logged-in to this account.
DisagreeAgree
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terbaru

Influencer

Influencer Membantu Brand Membangun Lebih Banyak Koneksi dengan Konsumen

3 Juli 2022
0
Manchester City

Vidio Pegang Hak Siar Liga Inggris di Platform Online Streaming

3 Juli 2022
0
Lazada Manjakan Konsumen Jelang Harbolnas

7 Kiat Penting Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce

3 Juli 2022
0
PUBG

PUBG Mobile Gelar Kolaborasi dengan UMKM Kuliner Lokal Sei’Tan

3 Juli 2022
0
Collabonation Tour

Konser Musik Collabonation Tour Hadir di 50 Kota

2 Juli 2022
0
crowde

Startup Fintech CROWDE Jadi Wadah Saluran Dana BJB Bagi Para Petani

2 Juli 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

wpDiscuz
0
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
| Reply

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version