Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Solusi Omnichannel SIRCLO Bantu Keberhasilan Peritel di Indonesia

10 Juni 2024
in Headline
Reading Time: 3 mins read
SIRCLO Omnichannel

Solusi Omnichannel SIRCLO Bantu Keberhasilan Peritel di Indonesia (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kini tren omnichannel commerce tidak bisa diabaikan oleh para pelaku industri ritel, terutama di Indonesia. Integrasi antara saluran penjualan offline dan online menjadi semakin penting bagi pemilik usaha, karena mampu memberikan pengalaman berbelanja bebas hambatan bagi konsumen dengan preferensi berbelanja yang kian dinamis.

Harvard Business Review (2017) menemukan bahwa 73% konsumen sudah menggunakan perpaduan antara kanal online dan offline saat berbelanja. Pada masa pandemi COVID-19, konsumen menunjukkan peningkatan preferensi terhadap sistem berbelanja secara omnichannel, di mana 78% mementingkan kenyamanan berbelanja dibandingkan sebelumn pandemi. Di Indonesia pun, 48% konsumen menelusuri produk secara online sebelum membelinya di toko fisik.

Memasuki usia produktif bagi Gen Z, brands perlu mengantisipasi tren belanja ke depannya. Saat ini, Gen Z tidak lagi memikirkan batasan kanal belanja tradisional dan digital, tetapi semakin menilai brands berdasarkan pengalaman berbelanja yang seamless. Namun, tidak sedikit tantangan yang dihadapi oleh brands dalam mengadopsi tren omnichannel.

McKinsey & Company mengidentifikasi tiga masalah umum. Pertama, Pemahaman yang kurang tentang area spesifik dari omnichannel yang harus diprioritaskan. Kedua, Fokus pada teknologi daripada kebutuhan pelanggan. Ketiga, Kegagalan dalam mengurutkan investasi sesuai strategi.

Muliadi Jeo, Chief Technology Officer SIRCLO mengatakan, ketika memandang tren penjualan omnichannel, penting untuk fokus pada setiap titik perjalanan belanja konsumen, mulai dari saat konsumen mencari produk hingga barang diterima.

Baca juga :   SIRCLO Targetkan Tumbuh Dua Kali Lipat

Menurunya, keberhasilan dalam omnichannel commerce bergantung pada kemampuan untuk menghubungkan setiap interaksi pelanggan dengan brand secara mulus, sehingga menciptakan perjalanan belanja yang bebas hambatan, kohesif, dan memuaskan.

“Oleh karena itu, penting bagi brands untuk memahami strategi omnichannel commerce yang terarah dan tepat sasaran sesuai kebutuhan bisnis dan pelanggan,” kata Muliadi, Senin (10/6/2024).

Diklaim Muliadi, SIRCLO telah mengembangkan SIRCLO SWIFT (sebelumnya iCube) sebagai sistem omnichannel commerce di Indonesia khususnya bagi pelaku ritel. Dibangun atas ekosistem yang terpadu, SIRCLO SWIFT telah meluncurkan lebih dari 100,000 situs belanja yang dapat dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan brand melalui teknologi kohesif SWIFT Omnichannel.

Pentingnya strategi omnichannel telah dirasakan oleh berbagai retail besar, mulai dari kategori fesyen, kesehatan hingga kecantikan. Salah satunya, ASICS Indonesia yang bekerja sama dengan SIRCLO SWIFT untuk meluncurkan situs belanja yang dapat mendalami kebutuhan, preferensi, dan perilaku audiens, serta memperluas jangkauan pasar.

Kerja sama ini telah menciptakan inovasi teknologi untuk meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen adalah fitur ‘Shoe Finder’, di mana konsumen mendapatkan pengganti asisten belanja offline untuk menemukan rekomendasi sepatu yang sesuai kebutuhan. Dengan memanfaatkan strategi Online to Offline (O2O), ASICS Indonesia pun menggunakan situs belanja untuk meningkatkan penjualan offline, seperti pada ajang Urban Sneaker Society (USS). Pelanggan dapat mengakses katalog produk melalui situs belanja dengan sistem POS yang terintegrasi, sehingga dapat melakukan transaksi offline yang lancar dan efisien.

Baca juga :   Perempuan Indonesia Ujung Tombak Kemajuan UMKM Berbasis Digital

“Melalui dukungan dari SIRCLO SWIFT, kami telah meluncurkan website atau situs belanja ASICS Indonesia yang membantu strategi pemasaran dan perluasan jangkauan pasar. Lebih dari itu, situs ini juga dirancang untuk memberikan pengalaman belanja online yang seamless dengan integrasi fitur-fitur canggih seperti ‘Shoe Finder’. Sejak diluncurkan, website kami telah menjadi sumber pendapatan kedua terbesar dari seluruh kanal online yang kami kelola. Hal ini menunjukkan bahwa situs belanja dapat menjadi wadah yang powerful di industri ritel modern,” papar Singgih Rahadi, Ecommerce Manager ASICS Indonesia.

ASICS Indonesia turut memanfaatkan SWIFT Analytics untuk menganalisis perilaku konsumen dan pembuatan strategi bisnis selanjutnya.

Pengguna SIRCLO SWIFT lainnya adalah Guardian Indonesia, yang menghadirkan situs belanja yang dapat mengintegrasikan sistem operasional offline dengan online guna memastikan proses pemenuhan pesanan dapat tersinkronisasi dengan lancar.

Untuk membangun wadah ini, SIRCLO SWIFT menggabungkan teknologi mutakhir SWIFT Omnichannel dan Adobe Commerce untuk menghasilkan sistem omnichannel commerce yang menyeluruh dengan integrasi Enterprise Resources Planning (ERP) dan Point of Sales (POS) demi mengakomodir kebutuhan Guardian Indonesia.

Baca juga :   Sepatu Ini Hadirkan Teknologi Yang Menyesuaikan Kecepatan Lari Dan Bobot Tubuh

“Kerja sama Guardian Indonesia dengan SIRCLO SWIFT telah meningkatkan sistem operasional bisnis kami, seperti efisiensi kinerja sumber daya manusia, pengurangan kesalahan manusia, proses pemenuhan yang lebih seamless, hingga akurasi data melalui sistem yang terotomatisasi. Dengan demikian, kami dapat meningkatkan layanan kepada pelanggan di manapun dan kapanpun mereka berbelanja,” ungkap Raymond Virgy, Head of E-Commerce Guardian Indonesia.

Di sisi lain, SIRCLO SWIFT juga membantu kelengkapan persyaratan pemerintah untuk membangun sistem Pick and Collect. Sistem ini diharapkan dapat memberikan pengalaman konsumen yang semakin kohesif, selaras dengan riset Deloitte yang menunjukkan bahwa 44% konsumen lebih memilih untuk memiliki beberapa opsi titik pengiriman barang saat berbelanja online, ketimbang hanya mengandalkan pengiriman ke rumah

Muliadi menegaskan, sesuai dengan makna SWIFT yang memiliki arti cepat, platform ini dapat mengakselerasi perkembangan bisnis omnichannel commerce bagi pelaku ritel berskala enterprise.

“Ekosistem kami terintegrasi dengan lebih dari 50 mitra teknologi, mulai dari sistem payment gateway hingga omni-marketing personalisation, serta bekerjasama dengan penyedia solusi teknologi terbesar di dunia; di antaranya Adobe Commerce dan Shopify. SIRCLO SWIFT bermisi menyediakan solusi teknologi yang terdepan dan tepat guna bagi brands dalam mengadopsi omnichannel commerce, sehingga mampu menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan untuk jangka panjang,” tutup Muliadi.

 

STEVY WIDIA

Tags: ASICS IndonesiaGuardian IndonesiaSIRCLOSWIFT Omnichannel
Previous Post

Startup Indonesia Gebrak Pasar TIK Internasional Lewat Ajang InnoVEX 2024

Next Post

Dukungan Agate pada Lingkungan Kerja Ramah Perempuan di Industri Game Indonesia

Related Posts

e-commerce
Headline

Proyeksi e-Commerce 2025: Tren, Peluang dan Strategi

30 April 2025
0
SIRCLO
Headline

SIRCLO: Transkasi e-Commerce Meningkat 4,95% Sepanjang Tahun 2024

30 April 2025
0
Tren belanja Ramadan
News

Tren Belanja Ramadan Tahun 2024, dari Pola Konsumsi Hingga Kanal Belanja Terpopuler

27 Februari 2025
0
Load More
Next Post
gamer perempuan

Dukungan Agate pada Lingkungan Kerja Ramah Perempuan di Industri Game Indonesia

Xiaomi

Memberikan Dampak, Xiaomi Masuk “TIME100 Most Influential Companies” Tahun 2024

Tokocrypto - Pajak

Tokocrypto, Penyetor Pajak Kripto Terbesar di Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version