Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Startup Alner Mendapatkan Pendanaan dari TRANSFORM

29 Juli 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Unilever TRANSFORM x Alner

Startup Alner Mendapatkan Pendanaan dari TRANSFORM (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Startup penyedia sistem guna ulang kemasan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG)Alner, baru saja mendapatkan pendanaan hibah (grant) dari TRANSFORM untuk menguji opsi isi ulang (refill) yang inovatif pada produk-produk FMCG yang menyasar masyarakat menengah ke bawah. Tidak disebutkan nominal dari pendanaan itu.

Sebagai pelopor bisnis kemasan guna ulang di Indonesia, Alner telah berhasil mendorong penerapan praktik berkelanjutan secara luas dan telah mengurangi lebih dari 1.300 kg sampah plastik di Indonesia.

Dalam inisiatif yang didanai TRANSFORM, stasiun isi ulang (refill) yang terpilih adalah yang ada di channel perdagangan berbasis komunitas dan konvensional seperti toko serba ada (warung) dan bank sampah, menciptakan sistem yang dapat direplikasi dengan cepat dan dalam skala besar. Menggunakan model ini, pelanggan dapat mengisi ulang tiga produk Unilever, yaitu Sunlight Professional, Rinso Professional, dan Wipol Professional, menggunakan wadah milik konsumen sendiri atau yang disediakan oleh Alner.

Bintang Ekananda, Direktur Alner mengatakan, melalui inisiatif bersama TRANSFORM ini pihaknya berharap dapat membangun rekam jejak yang kuat dalam memberdayakan usaha mikro dan meningkatkan titik penjualan hingga 500 titik penjualan di 2023.

Baca juga :   Unilever-ITB Kembangkan Kurikulum Ilmu Teknik Pengemasan

Sebelumnya pada 2021 dan 2022, Alner telah memberdayakan microentrepreneur sebanyak 150 titik di Jabodetabek. Tujuan dari program ini adalah mengakselerasi misi untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai, menyebarluaskan bisnis kemasan guna ulang, dan memberikan dampak baik ke lebih banyak masyarakat.

“Inisiatif bersama TRANSFORM memberikan momentum besar bagi Alner untuk lebih meningkatkan dampaknya untuk masyarakat. Kesempatan ini memungkinkan kami untuk secara strategis mendrong pilihan akan produk sehari-hari yang dapat dikonsumsi sembari mengurangi sampah secara signifikan melalui guna ulang,” kata Bintang, Jum’at (28/7/2023).

Alner memberikan dampak positif tidak hanya bagi lingkungan, tetapi juga bagi masyarakat – khususnya perempuan. Dengan lebih dari 150 mitra guna ulang-nya yang dipimpin oleh perempuan, Alner mengakui bahwa mereka memiliki kontribusi tak ternilai dalam mendorong perubahan berkelanjutan.

Baca juga :   WeLearn, Platform Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Indonesia

Sejak Mei 2023, para perempuan ini telah menjadi pengusaha mikro yang mapan di wilayah Jabodetabek. Alner sangat  bersemangat  untuk  berkolaborasi  dengan insiatif yang dipimpin para perempuan di  seluruh Indonesia dan mengembangkan jaringan pusat guna ulang yang kuat agar tercipta masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan untuk semua orang.

TRANSFORM merupakan akselerator yang bertujuan untuk membawa dampak baik keberlanjutan dengan menyatukan berbagai korporasi, pendonor, investor, dan akademisi guna mendukung perusahaan- perusahaan visioner. Secara bersama-sama, mereka menguji dan memperluas jangkauan solusi baru yang dapat mendukung rumah tangga berpenghasilan rendah, khususnya dalam menjawab tantangan terkait permasalahan lingkungan, peningkatan kesehatan dan kesejahteraan, serta membangun ekonomi yang inklusif.

Dipimpin oleh Unilever, UK’s Foreign, Commonwealth and Development Office dan EY, TRANSFORM menggabungkan  grant,  wawasan bisnis,  dan sumber  daya  yang lebih luas  untuk  para pengusaha dengan penelitian mendalam. Pencapaian yang didapatkan melalui pendanaan inisiatif ini kemudian disebarluaskan  untuk  membantu  para  pemimpin di  berbagai  belahan  dunia  untuk  dapat menyelesaikan permasalahan global.

Baca juga :   Dorong Talenta Pengembang Game Lokal, Agate Gelar Global Game Jam

“Bersama Alner, Unilever ingin mempromosikan perilaku ‘tanpa plastik’ di kalangan konsumen melalui stasiun isi ulang berbasis komunitas yang dapat lebih mudah diakses secara luas,” kata Nurdiana Darus, Director of Sustainability & Corporate Affairs dan Corporate Secretary Unilever Indonesia.

Hingga saat ini, Unilever Indonesia telah memiliki lebih dari 100 refill station di bank sampah di Jabodetabek dan Surabaya, dengan plan ekspansi yang akan dijalankan dalam waktu dekat. Pada 2022, Perusahaan berhasil mengumpulkan dan mengolah 62.300 ton plastik melalui jaringan bank sampah dan Refuse Derived Fuel (RDF).

Sebagai perusahaan yang berdedikasi dalam mendorong konsumsi bertanggung jawab di Indonesia, Alner, melalui program TRANSFORM berharap dapat berkolaborasi dengan lebih banyak instansi, komunitas dan entitas untuk menunjukkan ke lebih banyak komunitas mengenai metode guna ulang sembari memberdayakan konsumsi bertanggungjawab yang akan memberikan dampak yang lebih sejahtera bagi ekonomi sirkular.

 

STEVY WIDIA

Tags: Alneripendanaan hibahTRANSFORMUnilever
Previous Post

Kolaborasi Nexpage dan IHIK3 Hadirkan Konten Tema Humor

Next Post

Digital Identity: Solusi Mitigasi Fraud dalam Ekonomi Digital Indonesia

Related Posts

Tiga Startup Indonesia Dapat Hibah Rp6,8 Miliar Atas Inovasi SDGs
Headline

Tiga Startup Indonesia Dapat Hibah Rp6,8 Miliar Atas Inovasi SDGs

15 Oktober 2024
0
Unilever - Santri Berseri
News

Unilever Lanjutkan Program Pelatihan dan Edukasi Santri Berseri

3 Agustus 2024
0
Program TRANSFORM-Alner
Headline

Program TRANSFORM-Alner Berdayakan 675 UMKM Penggerak Gaya Hidup Belanja Refill

11 Juni 2024
0
Load More
Next Post
Digital Identity

Digital Identity: Solusi Mitigasi Fraud dalam Ekonomi Digital Indonesia

transaksi BNPL

Integrasikan Solusi Pembayaran, Blibli dan tiket.com Gandeng Indodana Hadirkan Layanan PayLater

Matahari Kediri Mall

Matahari Siapkan Strategi dan Inisiatif Untuk Menjaga Laju Pertumbuhan

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version