youngster.id - FLIK, startup yang menyediakan solusi checkout terpadu mengumumkan penyelesaian putaran pendanaan pra awal (pre-seed) sebesar US$ 1,1 juta. Pendanaan ini dipimpin oleh East Ventures, dengan partisipasi dari Init-6, GMO VenturePartners, dan Saison Capital.
“Kami senang mendapatkan dukungan dari East Ventures dan ekosistemnya yang luas. FLIK hadir untuk membantu para brand meningkatkan transaksi direct-to-consumer (D2C) dengan menyatukan pengalaman checkout di berbagai kanal penjualan,” kata Ahmad Gadi, Co-Founder & Chief Executive Officer FLIK dalam keterangan pers, Senin (9/1/2023).
Ahmad menjelaskan, FLIK didirikan untuk memperkuat infrastruktur fintech dan pengalaman para pembeli. Misinya adalah memberikan pengalaman berbelanja terbaik dengan menghubungkan para pembeli ke produk yang mereka sukai dan memungkinkan pengalaman checkout tercepat dan menguntungkan, dengan tujuan untuk membantu brand meningkatkan konversi pembayaran dan pesanan kembali.
“Kami yakin solusi kami akan menyelesaikan berbagai pain points yang dialami oleh para pembeli dalam menyelesaikan transaksi secara online di berbagai kanal dan terus memberdayakan para brand dan kreator konten untuk berkembang,” katanya.
Ahmad memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di industri teknologi, terutama sebagai ahli di bidang pembayaran (payment) dan commerce. Dia mendirikan dan melakukan exit dari Pawoon, sebuah perusahaan Point of Sale yang telah berhasil mengakuisisi puluhan ribu UKM dan perusahaan untuk bergabung dan menggunakan pembayaran digital.
Solusi FLIK menciptakan lingkaran tanpa akhir (endless loop) yang saling menguntungkan ekosistem D2C. Ketika pengguna bergabung dengan jaringan FLIK, baik sebagai brand, pembeli, maupun konten kreator, para pengguna akan mendapat manfaat dan berkontribusi pada jaringan D2C. Semakin banyak brand yang bergabung dengan FLIK, semakin banyak pembeli turut bergabung dalam jaringan tersebut. Sebagai imbalannya, jaringan pembeli besar FLIK akan mendorong lebih banyak konversi selama pembayaran, menarik lebih banyak brand dan konten kreator untuk bergabung.
FLIK akan mengintegrasikan solusinya ke setiap aspek perjalanan belanja dari para konsumen, mulai dari penemuan produk, perbandingan harga, pembayaran kilat dengan hadiah, dan layanan pasca pembelian seperti proses pengembalian dana dan pengembalian barang untuk para pembeli. Selain itu, pembeli dapat melacak semua rincian transaksi online mereka, seperti pembayaran dan status pengiriman, melalui satu aplikasi.
Selain itu, FLIK turut membuka cara monetisasi baru bagi para konten kreator dengan mengunggah branded content yang memungkinkan para penonton untuk melakukan checkout secara langsung tanpa pengalihan apa pun yang memungkinkan proses konversi penonton menjadi pembeli dengan mudah.
“Kami menyambut FLIK ke dalam keluarga East Ventures. Kami percaya solusi checkout terpadu yang ditawarkan oleh FLIK merupakan solusi yang tepat untuk menghilangkan hambatan dalam penjualan dan pembayaran, memberdayakan para pembeli, brand, dan konten kreator secara sekaligus. Dengan ekonomi digital yang menjanjikan di Indonesia dan kawasannya, kami bersemangat untuk melihat lebih banyak adopsi dan pertumbuhan dari FLIK dalam waktu dekat,” kata Avina Sugiarto, Partner East Ventures.
STEVY WIDIA