youngster.id - Belakangan tren bisnis sosial commerce mulai dilirik startup. Mereka melibatkan pengguna media sosial untuk mendukung interaksi sosial dan kontribusi pengguna dalam proses pembelian barang atau jasa secara online. Salah satunya adalah Chilibeli yang menyasar pemberdayaan Ibu Rumah Tangga (IRT).
Alex Feng, CEO Chilibeli mengungkapkan, bahwa ini adalah sebuah platform social commerce yang ingin memperkenalkan era baru berbelanja berbagai produk segar serta kebutuhan rumah tangga lainnya dengan nyaman, aman, mudah, dan cepat di Indonesia.
“Chilibeli adalah platform dagang sosial cerdas terbaru dengan visi untuk menghadirkan berbagai produk segar bermutu ke setiap rumah tangga dengan harga yang terjangkau. Chilibeli membantu untuk mempersingkat rantai distribusi panjang dengan cara menghubungkan dan memberdayakan petani atau produsen langsung kepada konsumen,” ungkap Alex pada media Kamis (5/3/2020) di Jakarta.
Startup ini didirikan di Singapura oleh Alex bersama dua rekannya Damon Yue, dan Matt Li pada bulan Juli 2019. Melihat potensi pasar maka Chilibeli dihadirkan di Indonesia.
“Karena permintaan transaksi yang melaju tinggi, kami pun pindah dari warehouse pertama yang terletak di Jagakarsa ke Sawangan, Depok – menempati ruangan seluas 2000 meter persegi untuk berbagai fungsi logistik terpadu dan berkesinambungan, seperti titik kumpul semua produk kebutuhan rumah tangga, pusat forwarding produk pesanan Mitra Chilibeli, pengemasan sayur mayur dan buah-buahan setiap hari, serta penyimpanan produk segar dengan walk-in freezer dan walk-in chiller,” lanjut Alex.
Meski terbilang baru, Chilibeli telah berhasil mengantongi pendanaan Seri-A dari Sequoia Capital, Golden Gate Ventures, Lightspeed Venture Partners, serta pendana terkemuka lainnya. “Hal tersebut menggambarkan rasa percaya VC kepada konsep aplikasi social commerce yang memberikan solusi cermat yang menjadi angin segar bagi industri retail brick and mortar konvensional,” ujarnya.
Chilibeli tengah mengembangkan jaringan komunitas Mitra Chilibeli terutama di kawasan Jakarta, Tangerang Selatan, dan Depok. “Kami berharap Chilibeli dapat menjadi sebuah solusi digital efisien perniagaan terkait bernilai lebih bagi semua pihak dengan kemitraan langsung kami dengan para produsen seperti petani, nelayan, pencipta produk FMCG lokal dan multinasional, guna menghadirkan produk pesanan langsung kepada konsumen sehingga produk tangan pertama tersebut berharga kompetitif dan mampu bersaing karena berada di posisi bawah harga pasar,” lanjut Alex.
Ketika sesi simulasi aplikasi, Yumir Syamsyah Lubis, Head of Marketing Communications, Chilibeli, menggarisbawahi bahwa sejak semula komitmen untuk menjadikan semua proses sederhana, mudah, dan cepat, dengan menciptakan situs dan aplikasi yang intuitif.
“Bagi IRT yang hendak berbelanja kebutuhan rumah tangga, cukup mengunduh aplikasi Chilibeli yang telah tersedia untuk sistem operasi Android, masukkan kawasan tempat tinggal, lalu pilih Mitra Chilibeli terdekat. Setelah itu, mereka pun dapat klik produk kebutuhan rumah tangga yang hendak dibeli. Terdapat nomor kontak Mitra Chilibeli yang dapat berkomunikasi untuk konfirmasi pesanan, harga, dan jadwal produk pesanan tiba,” jelasnya.
Layanan Chillibeli baru tersedia di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Depok.
STEVY WIDIA
Discussion about this post