Startup Tumbasin Jadi Jawara di ASEAN Startup Challenge 2021

Tumbas.in

Aplikasi belanja di pasar tradisional Tumbasin.id. menggandeng Pemerintah Kota Semarang. (Foto: istimewa)

youngster.id - Tumbasin.id, startup asal Semarang ini terpilih sebagai bisnis terbaik pada ajang ASEAN Startup Challenge 2021. Ini adalah kompetisi yang diinisiasi ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Indonesia bekerja sama dengan Annual Investment Meeting (AIM) Dubai.

Atas capaian ini, Tumbasin.id bakal menjadi salah satu dari tiga wakil region Asean pada ‘Annual Investment Meeting 2022 Dubai’ yang bakal digelar pada 29 hingga 31 Maret 2022 mendatang.

“Tak hanya itu, tumbasin juga berkesempatan untuk terhubung dengan para pemodal potensial pada Forum AIM nanti,” ungkap Bayu CEO Tumbasin.id, dalam keterangannya Jumat (14/1/2022).

Dia menjelaskan, ASEAN StartUp Challenge 2021 digelar guna merespon lonjakan pertumbuhan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara. Ajang ini didukung oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, Kamar Dagang dan Industri Indonesia serta PwC Indonesia.

“Startup yang menjadi fokus dari ASEAN StartUp Challenge 2021 adalah yang bergerak di sektor Logistik, EdTech, HealthTech, serta AgriTech dan GreenTech dan tengah berada di tahap seed, pre-series A dan series-A,” jelas Bayu.

Ajang ini telah memilih 15 finalis dari 120-an starup di Asia Tenggara yang mendaftar untuk pitching di hadapan para pemodal potensial. Dari ke-15 startup tersebut telah dipilih dengan seksama oleh pihak ASEAN-BAC Indonesia. Akhirnya Tumbasin.id  terpilih sebagai juara pertama. Kemudian tempat kedua ditempati startup Indonesia lain yakni Logisly. Sedang tempat ketiga diberikan pada Globaltrack startup dari Malaysia. Ketiga startup ini akan akan menjadi perwakilan ASEAN pada ajang AIM Dubai 2022.

Bagi Bayu, capaian ini patut disyukuri dan ia berharap ini akan menjadi langkah yang lebih maju lagi buat tumbasin untuk mendigitalkan Ekosistem Pasar Tradisional di Indonesia.

Karena tidak hanya menjadi wakil Asean di ajang Annual Investment Meeting 2022 Dubai, namun juga berkesempatan untuk terhubung dengan para pemodal potensial mitra AIM dari seluruh dunia dan pitching di depan pemodal potensial global.

“Harapannya, Tumbasin dan para startup yang turut andil dalam kegiatan ini dapat saling terhubung, membuka kemungkinan untuk menjalin kerja sama, hingga mendapatkan pendanaan lanjutan,” pungkasnya.

Saat ini Tumbasin.id  telah beroperasi di 15 Kota di Indonesia dengan mengonlinekan 100 Pasar Tradisional, serta menggandeng puluhan ribu mitra pedagang.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version