youngster.id - Perusahaan rintisan teknologi iklan Stickearn, meraih pendanaan seri A yang dipimpin oleh East Ventures dan SMDV, bersama dengan Grab, OVO, dan Agaeti Ventures. Pendanaan tersebut rencananya dimanfaatkan perusahaan untuk mengeksplorasi peluang baru.
Co-founder StickEarn Archie Carlson mengatakan melalui putaran pendanaan ini perusahaan akan merekrut talenta. “Langkah ini guna meningkatkan layanan dalam memenuhi kebutuhan klien, mengembangkan produk-produk terbaru, serta memperkuat kemitraan antara agensi,” kata Archie dalam keterangannya, Selasa (15/10/2019) di Jakarta.
StickEarn memperoleh pendanaan besar US$5,5 juta. Untuk itu, startup yang berdiri sejak 2019 akan mengembangkan layanan baru serta meningkatkan kemampuan data dan analisis untuk menjadi perusahaan rintisan teknologi periklanan terbaik di Indonesia.
Sebelumnya mereka telah mengembangkan iklan luar ruang, seperti iklan kendaraan, iklan luar ruangan, iklan dalam ruangan, dan ritel cerdas (smart retail). Dalam dua setengah tahun, StickEarn telah bekerja dengan lebih dari 300 klien dan brand, dan mengalami peningkatan pendapatan hingga 300%.
“Selanjutnya, Stickearn berencaba terus mengembangkan berbagai layanan beriklan yang dapat mendukung kampanye 360 derajat di multi-platform dan terintegrasi. Hal tersebut dilakukan untuk memungkinkan klien StickEarn merasakan pengalaman beriklan yang lebih menyeluruh dan mengintegrasikan strategi pemasaran luring ke daring. Kami juga akan menyediakan lebih banyak laporan kampanye berbasis data, serta pembaharuan teknologi, sehingga dapat membantu klien membuat keputusan yang lebih baik,” papar Archie.
Sampai dengan saat ini, StickEarn beroperasi di 31 kota di Indonesia dan telah menawarkan beragam pilihan platform beriklan luar ruangan terukur, seperti StickMob (mobil), StickMotor (sepeda motor), StickBus (bus), StickAngkot (angkutan perkotaan), StickPlane (pesawat), dan StickMart (ritel di dalam mobil).
Adapun, salah satu layanan, yakni StickMart telah tersedia di enam negara dan telah membantu banyak brand untuk terhubung dengan konsumen di tengah kepadatan lalu lintas. Beberapa waktu lalu, StickEarn juga meluncurkan produk terbarunya, StickTron, truk LED iklan 3 sisi, yang bergerak di rute tertentu di dalam kota.
Sementara itu, Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan investasi yang digelontorkan adalah bukti kepercayaan East Ventures bahwa StickEarn akan dapat memenuhi visinya dalam merevolusi industri periklanan luar ruang (OOH) di Indonesia.
“East Ventures melihat bagaimana para pengagas StickEarn telah membuktikan kemampuan mereka untuk mengembangkan model bisnis baru ini, baik secara horizontal maupun vertikal. Hanya dalam dua setengah tahun, solusi mereka terus memberikan dampak positif baik bagi pengiklan dan brand,” kata Wilson.
STEVY WIDIA
Discussion about this post