Inovasi Teknologi Memacu Transformasi Digital di Indonesia

(ki-ka) Cin Cin Go, Country Manager VMware Indonesia dan Sanjay Deshmukh Vice President & General Manager, SEAK VMware. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Diterbitkannya peta jalan “Making Indonesia 4.0,” menjadi bukti akan keseriusan pemerintah Indonesia dalam membangun kapabilitas digital yang makin kuat di berbagai sektor industri. Langkah ini perlu didukung oleh inovasi terutama di bidang teknologi.

Capaian ekonomi digital Indonesia yang cukup memuaskan dalam beberapa tahun ini dengan tingkat pertumbuhan mencapai 49% setiap tahunnya sejak tahun 2015, menjadi landasan yang kuat untuk mencapai pertumbuhan ekonomi digital yang kokoh di tahun-tahun mendatang, yang menurut prediksi akan mencapai $130 miliar pada tahun 2025. Hal ini perlu didukung inovasi teknologi yang terus menerus.

“Performa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang, serta menguatnya fokus bangsa dalam mendukung tumbuhnya inovasi-inovasi untuk masa depan, membawa harapan baru bagi perusahaan-perusahaan dan para pelaku industri termasuk VMware untuk menghadirkan bergam inovasi,” kata Cin Cin Go, Country Manager VMware Indonesia, dalam jumpa pers pada Selasa (15/10/2019) di Pullman Hotel, Jakarta.

Menurut dia, menuju terwujudnya Industri 4.0 serta gairah pengadopsian 5G telah membuat teknologi menjadi pilar dalam menyokong pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itu sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi VMware terus melakukan invoasi untuk dapat mengelola dan menerapkan keamanan di ranah cloud, aplikasi-aplikasi modern, hingga digital workspace.

Baca juga :   Aplikasi ACC Yes Luncurkan 4 Fitur Baru

“Kami menghadirkan inovasi-inovasi mutakhir yang telah dilengkapi dengan serangkaian kapabilitas baru yang akan menjadi mesin-mesin pemacu pertumbuhan perusahaan, selaras dengan upaya serius negara dalam memacu pertumbuhan ekonomi yang positif,” ujarnya.

Sementara itu, Sanjay Deshmukh Vice President & General Manager, Asia Tenggara dan Korea VMware mengatakan, Indonesia adalah negara yang penting di kawasan ini. Karena itu, VMware terus menghadirkan bergam inovasi untuk mendukung setiap organisasi maupun perusahaan dalam membangun, menjalankan, serta mengelola workload pada sebuah infrastruktur cloud, data center, maupun yang berada di wilayah edge secara konsisten.

“Kami terus menghadirkan beragam inovasi terkini guna mendorong terwujudnya transformasi dalam pembangunan, serta dapat mendukung pelanggan dalam mensimplifikasi serta menerapkan perlindungan dan keamanan yang kokoh dalam pengelolaan sistem dan aplikasi bisnis, mendukung dibangunnya aplikasi-aplikasi modern, serta dalam mengelola dan mengukur nilai yang diberikan kepada karyawan. Hal-hal tersebut merupakan pilar utama dalam mengoptimalkan seluruh peluang yang dimiliki untuk memacu pertumbuhan perusahaan, sejalan dengan upaya serius negara dalam memacu pertumbuhan ekonomi yang positif,” kata Sanjay.

Baca juga :   Bekraf Akan Perluas Pasar Produk Kreatif Indonesia

Dia memaparkan VMware diantaranya menghadirkan VMware Cloud Foundation yang mendukung platform hybrid cloud untuk sejumlah penyedia layanan public clouds besar, seperti AWS, Azure, Google Cloud, IBM Cloud, serta lebih dari 60 mitra VMware Cloud Verified di seluruh dunia. Lalu VMware vRealize Operations 8.0, solusi ini dioptimalkan sedemikian rupa guna menghadirkan sistem operasi hybrid cloud masa depan.

STEVY WIDIA