Jumat, 14 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Strategi Promosi Blibli.com dan Blanja.com Jelang Ramadhan

24 Mei 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Strategi Promosi Blibli.com dan Blanja.com Jelang Ramadhan

(ki-ka): Ayu Fadjar VP Marketing Blibli.com, Aulia Marinto CEO Blanja.com, Henky Prihatna Head of E-Commerce Google Indonesia, Jason Tedjasukmana Head of Corporate Communications at Google Indonesia. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Ramadan menjadi bulan penting bagi pelaku e-commerce. Untuk itu e-commerce Blanja.com dan Blibli.com siap menerapkan strategi promosi khusus di waktu ini.

Hasil riset Google Indonesia menunjukkan selama Ramadan, masyarakat Indonesia memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan berbagai hal, termasuk berbelanja. Data Google mencatat trafik penelusuran secara online meningkat 28% ketika Ramadan, 83% dari penelusuran tersebit dilakukan lewat perangkat mobile. Hal ini juga berkorelasi dengan data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) yang mencatat peningkatan 30% pada angka pengeluaran selama bulan puasa.

Hal itu dibenarkan oleh Aulia Marinto, CEO Blanja.com. Ia bahkan mengatakan momen Ramadan dan Lebaran sudah terbukti meningkatkan trafik e-commerce.

“Kami melihat Ramadan menjadi satu momen dimana spending banyak, selain akhir tahun. Buat kami ini menjadi momen maksimal yang harus dimanfaatkan dengan inovasi promosi, baik dengan mitra maupun grup,” ucap Aulia dalam acara e-Commerce Insight 2017, Selasa (23/5/2017) di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta.

Baca juga :   NXC International Summit 2022 Dukung Lahirnya Startup Unicorn

Aulia menjelaskan Blanja.com yang merupakan marketplace perusahaan usaha patungan (joint venture) antara PT Telkom Indonesia Tbk. dengan eBay, memiliki strategi khusus untuk menyambut Ramadan dan Idulfitri, diantaranya perubahan tampilan, publikasi yang lebih gencar, memaksimalkan aset grup dan mengangkat eBay untuk produk internasional.

“Kami sangat agresif di Jawa dan luar Jawa dan ingin mendapat user dan insight baru. Bukan hanya mengejar angka sales tapi insight untuk improve ke depan, itu sangat penting. Pada saat akhir tahun, dapat dilihat mana yang harus diperbaiki dan digenjot, ini menjadi insight yang bagus,” katanya.

Ia mengungkapkan sebelum memasuki momen Ramadan, trafik Blanja.com pada Mei 2017 jika dibandingkan Mei 2016 naik 500% hingga 600%. “Kami cukup senang dengan kenaikan ini dan kami berharap kenaikan itu akan lebih lagi di moment Ramadan,” ungkapnya.

Baca juga :   Shopee Hadirkan Peluang dan Ekosistem E-commerce Untuk Semua Orang

Hal tersebut juga dialami Blibli.com. VP Marketing Blibli.com Ayu Fadjar mengatakan pengalaman dari Ramadan 2016 telah terjadi peningkatan trafik tiga kali dari Ramadan 2015 dan dua kali dibandingkan dari hari biasa. Menurutnya, Ramadan menjadi satu kesempatan e-commerce untuk memanfaatkan momen untuk mendapatkan pelanggan.

“Masa ini bisa dibilang puncaknya orang berbelanja. Untuk itu kami kami merancang marketing activity dan penawaran yang menarik sebelum momen Ramadan, untuk memberi kesempatan mulai mencari yang terbaik untuk Ramadan dan Lebaran,” kata Ayu.

Dia mengungkapkan, berkaca dari Ramadan sebelumnya, Blibli.com juga terus mendorong produk-produk yang masuk dalam kategori utama karena banyak dicari dan menjadi incaran pelanggan yakni gadget, fesyen, kuliner dan produk kecantikan perempuan.

Baca juga :   25 Juta Konsumen Siap Masuki Pasar Online pada 2020

Selain itu, Ayu mengatakan ketika Ramadan juga ada ketertarikan untuk kategori kendaraan bermotor. Blibli.com menawarkan cicilan 0% untuk pembelian mobil dan motor.

“Kami melakukan berbagai penawaran yang kompetitif dan melihat trennya biasanya pelanggan melakukan pencarian melalui mobile web kemudian transaksi di desktop. Perbandingannya mobile 70% dan desktop 30%,” ujarnya.

Aktivitas promosi sudah dilakukan sejak 10 Mei 2017. “Kalau tahun lalu peningkatan trafik sampai tiga kali, Ramadan tahun ini targetnya lima kali dari Ramadan 2016,” ujar Ayu lagi.

Berdasarkan perilaku riset Google tentang aktivitas pengguna Youtube dan Google selama Ramadan 2016, masyarakat Indonesia akan memanfaatkan Internet untuk mendapatkan inspirasi, berbelanja produk terbaru, mencari kartu kredit untuk membayar berbagai hal, mencari promo dan diskon, dan merencanakan perjalanan sejak awal.

STEVY WIDIA

Tags: blanja.comblibli.come-commerceramadanstrategi promosi
Previous Post

Apa Saja Perilaku Konsumen Selama Ramadhan ?

Next Post

Pengusaha Pemula Harus Berbasis Teknologi Inovasi

Related Posts

ekonomi digital
Headline

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
0
Shopee Live
Headline

Dukung Kreator & UMKM, Shopee Gaet Meta Hadirkan Kemitraan Afiliasi Facebook

24 Oktober 2025
0
LIVE Host Profesional Jadi Tren Profesi Baru Platform Penjualan Online
Headline

LIVE Host Profesional Jadi Tren Profesi Baru Platform Penjualan Online

22 Oktober 2025
0
Load More
Next Post
Pengusaha Pemula Harus Berbasis Teknologi Inovasi

Pengusaha Pemula Harus Berbasis Teknologi Inovasi

BNVLabs, Program Inisiasi Startup Berbasis Fintech

Kominfo Siapkan Aplikasi Mudik Lebaran

Lazada Bangun Pusat Logistik di Depok

Lazada Bangun Pusat Logistik di Depok

Discussion about this post

Recent Updates

Maybank Indonesia x BRI-MI

Maybank Indonesia Ditunjuk Sebagai Bank Kustodian untuk KIK EBA Syariah Perdana BRI Manajemen Investasi

13 November 2025
Rumah Energi x Microsoft

Kolaborasi Rumah Energi dan Microsoft Atasi Krisis Air dengan Teknologi Pemanenan Air Hujan

13 November 2025
ekonomi digital

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

13 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Maybank Indonesia x BRI-MI

Maybank Indonesia Ditunjuk Sebagai Bank Kustodian untuk KIK EBA Syariah Perdana BRI Manajemen Investasi

13 November 2025
Rumah Energi x Microsoft

Kolaborasi Rumah Energi dan Microsoft Atasi Krisis Air dengan Teknologi Pemanenan Air Hujan

13 November 2025
ekonomi digital

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

13 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version