Minggu, 18 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Survey: Pengguna AI di Indonesia Memiliki Hubungan yang Lebih Sehat dengan Pekerjaannya

25 September 2024
in Headline
Reading Time: 3 mins read
keterlibatan karyawan

Survey: Pengguna AI di Indonesia Memiliki Hubungan yang Lebih Sehat dengan Pekerjaannya (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Sejatinya, hubungan pekerja di dunia dengan pekerjaannya masih belum benar-benar berjalan dengan baik. Hanya 28% pekerja intelektual global yang memiliki hubungan yang sehat dengan pekerjaannya. Di Indonesia, 44% pekerja intelektual melaporkan memiliki hubungan yang sehat dengan pekerjaan.

Hal itu terungkap dari hasil survey HP Inc. bertajuk HP Work Relationship Index (WRI), menyurvei 15.600 responden lintas industri di 12 negara termasuk Indonesia. Namun, temuan baru ini menunjukkan dua solusi potensial untuk meningkatkan hubungan pekerja dengan pekerjaannya: AI dan pengalaman kerja yang dipersonalisasi.

“Kami memahami ekspektasi perusahaan dan karyawan di Indonesia telah berubah dan kami percaya bahwa teknologi pintar adalah kunci untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja saat ini,” kata Choon Teck Lim, Managing Director HP Indonesia, Rabu (25/9/2024).

Menurut Choon, masa depan dunia kerja akan terbuka dengan menggunakan kekuatan AI untuk menciptakan solusi dan pengalaman yang mendorong pertumbuhan bisnis dan memungkinkan individu mencapai kepuasan pribadi dan profesional. “Kemajuan ini sangat penting untuk mendukung visi Indonesia Emas, serta mendorong pertumbuhan dan kemajuan bangsa,” tambahnya.

Pada tahun keduanya, penelitian ini terus menganalisis aspek-aspek hubungan pekerja dengan pekerjaannya, termasuk peran pekerjaan dalam kehidupan mereka, keterampilan, kemampuan, peralatan kerja, ruang kerja, dan ekspektasi mereka terhadap kepemimpinan. Tahun ini, WRI mengungkapkan kebutuhan universal utama para pekerja intelektual : pengalaman kerja yang dipersonalisasi.

Baca juga :   50% Pelaku UKM Optimis Bertahan Di Masa Pandemi

Setidaknya dua pertiga pekerja global menyatakan keinginannya untuk mendapatkan pengalaman kerja yang dipersonalisasi, termasuk ruang kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, akses terhadap teknologi pilihan, dan lingkungan kerja yang fleksibel. Pengalaman-pengalaman ini sangat penting untuk meningkatkan hubungan pekerja dengan pekerjaannya, dan mempunyai implikasi positif bagi karyawan dan bisnis:

  • 64% pekerja intelektual global dan 87% pekerja intelektual Indonesia mengatakan jika pekerjaan disesuaikan atau disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pribadi, mereka akan lebih banyak berinvestasi dalam pertumbuhan perusahaan mereka.
  • 69% pekerja intelektual global dan 87% pekerja intelektual Indonesia percaya bahwa kebutuhan kerja yang dapat dipersonalisasi akan meningkatkan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
  • 68% pekerja intelektual global dan 86% pekerja intelektual di Indonesia menyatakan bahwa hal ini akan memberikan insentif kepada mereka untuk bekerja lebih lama di perusahaan tempat mereka bekerja.
Baca juga :   Arief Yahya : Media Digital Cara Ampuh Raih Wisman Tiongkok

Keinginan untuk melakukan personalisasi dalam pekerjaan begitu kuat sehingga 87% pekerja intelektual global dan 95% pekerja intelektual Indonesia rela mengorbankan sebagian gaji mereka demi hal tersebut. Rata-rata, pekerja bersedia memberikan hingga 14% dari gajinya, sedangkan pekerja Gen Z bersedia memberikan sebanyak 19%.

Penggunaan AI di kalangan pekerja intelektual global telah melonjak menjadi 66% pada tahun 2024, naik dari 38% pada tahun lalu. Sementara 87% pekerja intelektual Indonesia kini menggunakan AI di tempat kerja, peningkatan ini sangat drastis dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar 53%. Pekerja yang menggunakan AI merasakan manfaatnya, termasuk hubungan yang lebih sehat dengan pekerjaan:

  • 73% pekerja global intelektual merasa bahwa AI membuat pekerjaan mereka lebih mudah, dan hampir 7 dari 10 (69%) menyesuaikan penggunaan AI mereka agar lebih produktif, hal ini menunjukkan bahwa AI dapat menjadi alat untuk menciptakan pengalaman kerja yang lebih personal. Di Indonesia, 92% pekerja mempunyai pandangan yang sama, dan 83% di antaranya menyesuaikan penggunaan AI agar lebih produktif.
  • 60% pekerja intelektual global dan 64% pekerja intelektual Indonesia menyatakan bahwa AI memainkan peran penting dalam meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja mereka.
  • 68% pekerja intelektual global dan 86% pekerja intelektual Indonesia mengatakan AI membuka peluang baru bagi mereka untuk menikmati pekerjaan.
  • 73% pekerja intelektual global dan 88% pekerja intelektual Indonesia setuju bahwa pemahaman yang lebih baik tentang AI akan mempermudah kemajuan karier mereka.
Baca juga :   25 Tahun HP Perkokoh Industri Percetakan

Lebih jauh lagi, pekerja intelektual global yang menggunakan AI merasa lebih bahagia sebesar +11 poin dalam hubungannya dengan pekerjaan dibandingkan rekan mereka yang tidak menggunakan AI, sementara pekerja intelektual di Indonesia menunjukkan peningkatan sebesar +6 poin.

Oleh karena itu, terdapat urgensi untuk segera memberikan AI kepada para pekerja karena pengguna non-AI telah menunjukkan peningkatan ketakutan bahwa pekerjaannya akan digantikan oleh AI, studi menunjukkan bahwa 37% pekerja intelektual global menyatakan kekhawatirannya  dengan peningkatan sebesar +5 poin dari tahun lalu. Sementara 60% pekerja intelektual di Indonesia yang tidak menggunakan AI merasa khawatir pekerjaan mereka akan digantikan oleh AI. (*AMBS)

 

Tags: HP Work Relationship Index (WRI)HP.inchubungan pekerja dan pekerjaannyaPengguna AI
Previous Post

BrightspotMRKT Dorong Keberlanjutan Industri Ekonomi Kreatif Lokal

Next Post

Program Affiliate Marketing Efektif Mendorong Penjualan

Related Posts

internet
Headline

HP Dukung Dua Yayasan Nirlaba Indonesia Untuk Akselerasi Pemerataan Digital

29 April 2025
0
Amazon
news

Perusahaan Teknologi Global Ramai Pangkas Karyawan

7 Januari 2023
0
UKM Indonesia Raih Best New Product pada New York Now 2019
News

50% Pelaku UKM Optimis Bertahan Di Masa Pandemi

23 Juli 2020
0
Load More
Next Post
affiliate marketing

Program Affiliate Marketing Efektif Mendorong Penjualan

aplikasi Indodax

Paska Insiden, INDODAX Kembali Dominasi Pasar Kripto Indonesia

Tokopedia x BPJS Ketenagakerjaan

Bantu Pekerja Informal dan UMKM, Tokopedia Luncurkan Fitur 'Daftar BPJS Ketenagakerjaan'

Discussion about this post

Recent Updates

Lark x MII

Hadirkan Solusi untuk Tingkatkan Kolaborasi di Dunia Kerja, MII Gandeng Lark

17 Mei 2025
talent war

Strategi Bagi Para Pencari Kerja di Tengah Fenomena “Talent War”

17 Mei 2025
Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Princeton Digital Group (PDG)

PDG Peroleh Pendanaan Hijau Rp1,7 Triliun dari Bank DBS & UOB Indonesia

13 Maret 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lark x MII

Hadirkan Solusi untuk Tingkatkan Kolaborasi di Dunia Kerja, MII Gandeng Lark

17 Mei 2025
talent war

Strategi Bagi Para Pencari Kerja di Tengah Fenomena “Talent War”

17 Mei 2025
Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version