Taman Brightspot 2024, Eksplorasi Karya Jenama Lokal dan Bisnis Berkelanjutan

Taman Brightspot 2024

Taman Brightspot 2024, Eksplorasi Karya Jenama Lokal dan Bisnis Berkelanjutan (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Untuk memfasilitasi kegiatan pengusaha lokal agar berkembang menjadi bagian dari ekonomi lokal yang kreatif dan berkelanjutan Brightspot bersama Tokopedia dan Shop Tokopedia menggelar Taman Brightspot 2024.

Founder Brightspot Market dan Future 10 Anton Wirjono mengatakan, gelaran Taman Brightspot 2024 menghadirkan pengalaman mengeksplorasi karya jenama lokal dengan suasana piknik di tengah taman kota.

“Kami ingin memberikan pengalaman praktik bisnis berkelanjutan, melalui inovasi sinergi antara e-commerce lokal dan pasar fisik hingga bekerja sama dengan inisiatif lokal dalam pengelolaan sampah acara. Hal ini mempertegas komitmen kami dalam bisnis berkelanjutan dan dukungan terhadap usaha lokal,” kata Anton dikutip Kamis (25/7/2024).

Menurut Anton, dengan adanya inovasi digital seperti e-commerce lokal, dan tren gaya hidup berkelanjutan yang mempromosikan pemilihan produk dari jenama lokal tidak hanya memberikan manfaat lingkungan dan ekonomi, tetapi juga mendukung pertumbuhan UMKM.

“Sinergi antara pasar fisik dan e-commerce sangat penting untuk kelangsungan usaha UMKM. Jenama lokal yang terkurasi di Taman Brightspot 2024 merupakan contoh nyata dari kaum urban yang terus bergerak dan berinovasi dalam bidang yang mereka sukai,” ujar Anton.

Taman Brightspot 2024 akan selama dua pekan, dari 26 – 28 Juli 2024 dan 2 – 4 Agustus 2024 di Urban Forest Cipete, Jakarta. Ada sekitar 40 jenama lokal terkurasi yang merupakan merchant Tokopedia dan Shop Tokopedia untuk brand retail,.

“Pada minggu pertama dan kedua akan ada perbedaan tenant kuliner, untuk pengalaman explore kuliner dari tenant lokal yang lebih banyak lagi. Kami berharap Taman Brightspot 2024 bisa memperkuat sinergi antara e-commerce dan pasar fisik, yang akan menguntungkan lingkungan, ekonomi, serta memperkuat memperkuat fondasi bagi pertumbuhan bisnis lokal dan kesejahteraan komunitas,” kata Anton.

Sementara itu, Integrated Marketing Country Business Partner Tokopedia dan ShopTokopedia Hilda Kitti mengatakan, kolaborasi antara Tokopedia dan ShopTokopedia dengan Brightspot diharapkan dapat berperan sebagai katalisator inovasi yang bisa membuka peluang semakin besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kami terus berupaya mempermudah kehidupan masyarakat, khususnya pencinta produk buatan brand lokal, dengan berkolaborasi dan memberikan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi online, demi sekaligus mendukung ekosistem UMKM di Indonesia. Dukungan kami dalam acara Taman Brightspot 2024 adalah salah satu bukti nyata dari komitmen terhadap produk lokal dan pelaku industri kreatif,” katanya.

Selain itu, ajang Taman Brightspot 2024 menjalin kemitraan dengan inisiatif Nooveleum, perusahaan greentech yang berfokus pada partisipasi aktif dalam menjaga lingkungan melalui daur ulang minyak jelantah bekas. Mereka berperan dalam mengelola minyak jelantah dari tenant kuliner di Taman Brightspot 2024, dan memastikan limbah tersebut didaur ulang dengan efisien.

Selain itu juga bekerja sama dengan Boolet, untuk membantu mengolah limbah kuliner berbahan kayu, seperti sumpit, tusuk gigi, tusuk sate dan lainnya. Dengan menyediakan tempat sampah khusus di berbagai sudut selama acara berlangsung, siap menampung sampah kayu dan memastikan perjalanan pengelolaan limbah yang lebih efisien dan berwawasan lingkungan.

Spesial di Taman Brightspot 2024, Boolet akan mempersembahkan instalasi furniture artistik yang dibuat dari sumpit dan tusuk sate bekas, sebagai simbol inovasi dan kreativitas daur ulang.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version