Telkomsel Gelar DCE Sebagai Impact Accelerator Tingkatkan Daya Saing UKM

Program DCE Telkomsel

Telkomsel Gelar DCE Sebagai Impact Accelerator Tingkatkan Daya Saing UKM (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Guna mendorong akselerasi transformasi digital di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia, Telkomsel kembali menggelar program Digital Creative Entrepreneurs (DCE). Program ini merupakan impact Accelerator untuk meningkatkan daya saing UKM di Indonesia.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, berdasarkan studi BCG dan Telkom Indonesia pada 2022, 77% UKM Indonesia aktif mempekerjakan masyarakat setempat. Bahkan 67.5% di antaranya percaya bahwa mereka berdampak positif. Dengan digitalisasi, pemberdayaan masyarakat akan berlipat ganda hingga 1,4x lipat, meningkatkan jangkauan pasar secara nasional hingga 2,1x lipat dan kemungkinan ekspor hingga 4,6x lipat.

“Untuk itu Telkomsel menghadirkan kembali program DCE dengan mengambil peran sebagai SME impact accelerator guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para entrepreneur dan brand owners UKM lokal. Telkomsel berharap program DCE dapat terus secara relevan mengakselerasi perkembangan bisnis UKM agar dapat bergerak dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan,” kata Saki yang dikutip Kamis (7/12/2023) di Jakarta.

Program DCE mengusung tema “Upgrade To Accelerate”, dengan pendaftaran dibuka hingga 27 Februari 2024. Ditujukan bagi UKM dari empat kategori Accelerate SME Tracks, yaitu F&B, Fashion, Craft, dan Personal Care.

Roadshow DCE bersama komunitas UKM dan alumni program DCE di Medan (17 Januari 2024), Surabaya (31 Januari 2024), Balikpapan (7 Februari 2024), dan Bandung (21 Februari 2024).

Selanjutnya, upaya akselerasi pertumbuhan bisnis UKM dalam program DCE ke-3 akan dilakukan melalui kegiatan Onboarding bagi 300 peserta terseleksi dari seluruh pendaftar. Mereka Akan diajak untuk mengenal lebih jauh ekosistem digital Telkomsel dan pemanfaatannya untuk pengembangan usaha. Selain itu akan ada kegiatan Pitching Tracks bagi 32 peserta terpilih untuk penilaian business plan dan pemanfaatan digital dalam usahanya, kegiatan Academy bagi 12 peserta unggulan untuk membangun kapasitas bersama mentor dan ahli serta interaksi secara offline, serta kegiatan Awarding untuk final pitch dari 5 peserta terbaik.

Menurut Saki,  DCE adalah program corporate social responsibility (CSR) Telkomsel yang berfokus membuka lebih banyak peluang dengan mengambil peran sebagai platform akselerasi untuk meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas digital para pelaku UKM di Indonesia melalui pemanfaatan ekosistem aset dan kapabilitas Telkomsel.

“Program DCE dirancang secara khusus untuk mendukung UKM lokal agar dapat mencapai potensi maksimalnya, menciptakan dampak melalui inovasi yang inspiratif, serta memperkuat daya saing mereka di era ekonomi digital, baik di tingkat nasional maupun global,” pungkasnya.

DCE digelar sejak 2021 dan telah mendukung pengembangan lebih dari 2.500 UKM lokal dan mencatatkan hingga 350 UKM terbaik sebagai alumni. Telkomsel melangsungkan 3rd DCE Open Call pada 3 Desember 2023 di Jakarta. Kemudian, Telkomsel akan melangsungkan kegiatan Roadshow DCE bersama komunitas UKM dan alumni program DCE di Medan (17 Januari 2024), Surabaya (31 Januari 2024), Balikpapan (7 Februari 2024), dan Bandung (21 Februari 2024).

 

STEVY WIDIA 

Exit mobile version