Tembus Pasar Global, Hijab by Adinda Mendapat Shopee Super Awards 2021

Noviana Adinda Putri - Hijab by Adinda

Noviana Adinda Putri, pemilik Hijab by Adinda mendapat penghargaan Super UMKM Lokal Go Global pada Shopee Super Awards 2021 (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai bentuk apresiasi serta penghargaan kepada seluruh anggota ekosistem Shopee, e-commerce ini memberikan Shopee Super Awards 2021. Penghargaan diberikan kepada mitra brand, mitra penjual dan berbagai pihak, dengan total 29 kategori voting dan non-voting.

Kali ini, Shopee Super Awards 2021 menghadirkan kategori nominasi UMKM dan Mitra Brand Lokal, tidak hanya sebagai upaya Shopee dalam memberikan apresiasi tetapi juga diharapkan menjadi semangat bagi para pelaku usaha lokal, dan secara bersamaan memperkuat potensi bisnis mereka.

Salah satu kategori terbaru, yaitu Super UMKM Lokal Go Global di Shopee Super Awards 2021 kali ini dimenangkan oleh Hijab by Adinda, sebuah lini pakaian muslim lokal yang telah berhasil menembus pasar global bersama Shopee.

Hijab by Adinda dikembangkan oleh Noviana Adinda Putri, asal Semarang. Usaha itu telah ia geluti sejak berusia 16 tahun. Bermula dari mencoba peruntungan sebagai reseller dari berbagai macam produk lewat media sosial, setelah 3 tahun berjalan akhirnya ia memberanikan diri untuk mendirikan brand miliknya sendiri yang menjual berbagai produk hijab. Adinda memilih Shopee sebagai platform utama dalam memulai bisnisnya yang ia namakan ‘Hijab by Adinda’ di tahun 2017.

Dalam mengawali bisnisnya, Adinda melakukan semua proses produksi seorang diri, serta kesulitan dalam memutar modal dari omset yang di dapatnya yang saat itu belum signifikan. Memegang prinsip untuk menghindari hutang, Adinda akhirnya mencari cara agar bisa memanfaatkan platform Shopee secara lebih maksimal. Salah satu upayanya adalah dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, seperti melalui program Kampus Shopee. Perlahan, usahanya pun mulai berkembang dan bisa menghasilkan pendapatan yang terus meningkat setiap tahunnya.

Program dan kampanye yang rutin dihadirkan oleh Shopee selalu berhasil memberikan peningkatan penjualan yang signifikan bagi bisnis Adinda, mulai dari partisipasi di kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale kemarin hingga Program Ekspor Shopee yang membawa produknya menembus pasar global.

Produk Hijab by Adinda telah menjangkau negara Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, hingga Brasil sejak bergabung dengan Program Ekspor Shopee pada tahun 2018, yang merupakan kesempatan pertama bagi Adinda untuk dapat menjangkau konsumen di luar negeri.

Dengan bergabung di Shopee, bisnis milik Adinda terus berkembang hingga saat ini. Adinda telah memiliki 3 gudang dan bisa mempekerjakan 50 karyawan yang kebanyakan merupakan warga sekitar tempat ia tinggal.

“Rasanya masih tidak percaya bisa berada di titik ini di usia saya yang menginjak 24 tahun. Awalnya usaha saya ini terbilang kecil, saya tidak memiliki karyawan dan untuk proses produksi pun masih menumpang di rumah orang tua. Namun dengan bergabung di Shopee serta berbagai dukungan yang diberikan, saya bisa membeli gudang pertama Hijab by Adinda di usia 19 tahun, dan juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar,” ujar Adinda.

Bahkan pada puncak kampanye Shopee 12.12 di 12 Desember lalu, Hijab by Adinda berhasil mendapatkan 11 ribu pesanan dalam sehari yang menjadi pencapaian terbaru bagi bisnisnya. Berbagai pencapaian yang Adinda raih bersama Shopee sepanjang tahun ini berhasil mengantarnya meraih penghargaan dan apresiasi dalam Shopee Super Awards 2021 sebagai pemenang Super UMKM Lokal Go Global.

“Suatu kebanggaan dan pencapaian yang luar biasa bagi saya dapat terpilih menjadi pemenang Super UMKM Lokal Go Global pada Shopee Super Awards 2021 ini. Apalagi di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat untuk kategori produk pakaian muslim. Saat ini banyak penjual yang memasang harga produk sangat rendah untuk memikat pelanggan, namun mempertahankan ciri khas Hijab by Adinda lebih penting bagi saya, dimana keunggulan kami adalah harga yang kompetitif dengan kualitas produk terbaik. Saya berharap agar pengusaha lokal dapat semakin berkembang bersama Shopee, dan nantinya dapat semakin bisa bersaing dan dikenal di pasar global,” pungkas Adinda.

Selain kategori UMKM Lokal Go Global, Shopee Super Awards 2021 juga turut memberikan penghargaan kepada UMKM dan Mitra Brand Lokal, yaitu:

  1. Super Growing UMKM Seller yang dimenangkan oleh RumahMedis
  2. Super Inspiring UMKM Seller yang berhasil didapat oleh Pollenzo OfficialShop
  3. Super FMCG Seller yang berhasil diraih oleh BeliaCosmetic
  4. Super Fashion Seller yang dibawa pulang oleh Ace Fashion OfficialShop
  5. Super Lifestyle Seller yang dimenangkan olehcharlottequinn
  6. Super Electronics Seller yang diraih olehLELEBEST
  7. Super Favorite Local Brand yang dibawa pulang oleh Bening’s OfficialShop

“Shopee mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang Shopee Super Awards 2021. Kami juga ingin menyampaikan terima kasih untuk mitra brand, para penjual, dan UMKM yang sepanjang tahun ini telah memilih Shopee untuk mengembangkan bisnisnya. Khususnya kepada Hijab by Adinda sebagai pemenang kategori UMKM Lokal Go Global yang telah berperan dalam mengenalkan potensi produk lokal untuk kategori pakaian muslim, tidak hanya kepada masyarakat Indonesia tetapi hingga ke pasar global. Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kami bahwa melalui Program Ekspor Shopee, kami bisa memperluas jangkauan produk hasil UMKM di berbagai kategori produk, termasuk pakaian muslim seperti Hijab by Adinda, dan membawanya menjadi produk favorit masyarakat luar negeri,” papar Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version