Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tiga Faktor yang Membuat Usaha Delivery Service Dinilai Baik Oleh Konsumen

7 September 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Japiter Titipku

Upaya Titipku Mengoptimalkan Kinerja Para Jatiper (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Saat ini, jasa layanan belanja online sudah menjadi bagian dari kehidupan. Awalnya, jasa ini lahir di awal milenium 2000-an, namun berkembang signifikan semenjak pandemi COVID-19. Hal ini bisa tampak dari, misalnya, usaha grocery.

Data dari Statista menunjukkan bahwa pada 2019, revenue online grocery ada di angka US$0.19 triliun. Namun saat pandemi 2020 angka naik menjadi US$0.31 triliun. Di 2021 dan 2022, angka revenue usaha ini juga terus naik menjadi US$0.44 triliun di 2021 dan US$0.51 triliun di 2022.

Kondisi yang serba terbatas di kala pandemi COVID-19 membuat beberapa usaha grocery konvensional seperti pasar maupun supermarket harus putar otak untuk ikut serta memberi layanan belanja daring agar tidak tergerus kompetitor yang sudah go-online.

Bagi usaha yang punya modal berlebih dan SDM yang mumpuni, mereka bisa menyediakan sistem dan armada kurir sendiri. Namun, bagi sebagian usaha membutuhkan pihak ketiga yang menawarkan jasa pengiriman, seperti yang ditawarkan oleh Delivery Service Titipku.

Baca juga :   Tokopedia Hadirkan Program Loyalitas Untuk Merchant

Usaha ini tentu menjanjikan kepraktisan dalam aktivitas belanja. Namun, jika tidak diimbangi dengan profesionalitas kerja dan layanan yang baik, usaha seperti ini tidak akan bertahan lama.

Riset  Faizal Ridho, Sri Hartono, dan Istiqomah pada 2021 menunjukkan  bahwa setidaknya jasa layanan antar harus memenuhi tiga kriteria agar konsumen puas. Ketiga kriteria itu adalah: kemudahan, kualitas layanan yang diberikan, dan ketepatan waktu.

Bagi usaha grocery yang menggunakan jasa layanan pengantaran dari pihak ketiga, mereka hanya perlu mengusahakan faktor kemudahan. Sementara itu, kualitas layanan dan ketepatan waktu akan dijamin oleh jasa layanan pihak ketiga. Hanya saja, skema ini adalah skema yang ideal.

Pada praktiknya, usaha grocery tidak lepas tangan begitu saja. Mereka perlu berkomunikasi terus dengan kurir atau admin penyedia jasa untuk bisa memastikan pelayanan yang diberikan oleh pihak ketiga bisa baik dan pengantarannya tepat waktu sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yang ditentukan oleh masing-masing usaha grocery.

Selain memberikan layanan terbaik dan pengantaran tepat waktu ke konsumen, Jasa Pengantaran Titipku  juga  memberi service yang baik untuk usaha grocery. Salah satu layanan yang diberikan adalah Titipku menempatkan sejumlah kurir untuk berjaga di usaha grocery mereka.

Baca juga :   Meriahkan Ramadan, Titipku Gelar Kampanye #PastiBerkah

Kebanyakan jasa layanan pengiriman pihak ketiga adalah by-request. Artinya, udaha grocery perlu memesan terlebih dahulu layanan pengiriman ini. Sesudah dipesan, usaha grocery harus menunggu kurir datang untuk selanjutnya kurir mengantarkan pesanan.

Skema pemesanan kurir ini dianggap memperlama waktu pengantaran. Hal ini salah satunya diungkapkan Taufik, Head Online TipTop Supermarket.

Menurut Taufik, sebelum kerja sama dengan Titipku, pihaknya harus memesan jasa pengiriman dulu sehingga harus menunggu driver sampai lalu pesanan konsumen baru dikirim. Hal ini kadang membuat pengiriman lebih lama.

“Ketika menggunakan Delivery Service Titipku, driver selalu siap di toko sehingga pengiriman bisa cepat diproses dan konsumen bisa puas. TipTop Supermarket memiliki Service Level Agreement yang memiliki ketentuan waktu pengiriman. Dengan adanya dua kurir Titipku di masing-masing toko, SLA ini bisa tetap terjaga,” ungkap Taufik.

Baca juga :   Titipku Targetkan Gandeng 1000 Pasar

Selain adanya kurir yang berjaga di toko, Delivery Service Titipku juga memberi harga yang relatif tetap. Hal ini juga berbeda dari usaha pengantaran lainnya yang memiliki skema harga khusus untuk tiap berat dan volume.

“Sejauh ini Delivery Service Titipku menerapkan harga pengiriman yang terjangkau. Berapapun beratnya, Titipku masih mau menerima dengan tarif yang terbilang terjangkau. Itulah yang menjadi kelebihan Delivery Service Titipku,” klaim Key Account Manager Titipku, Nike Agatha.

Dengan  demikian,  Delivery  Service  Titipku  menjadi  layanan  pengantaran  yang memberi benefit kepada semua pihak, baik itu konsumen usaha grocery maupun usaha grocery sebagai klien.

 

STEVY WIDIA

Tags: Delivery ServiceTipTop SupermarketTitipkuusaha grocery
Previous Post

Tingkatkan Keamanan Bayar, Visa dan Xendit Kerja Sama Penerapan Visa Token Service

Next Post

Percepat Digitalisasi UMKM, Olsera dan AstraPay Jalin Kemitraan Strategis

Related Posts

Hendri - Titipku
News

Inovasi Titipku Berfokus Pada Keuntungan Bersama

19 Agustus 2024
0
Titipku #PastiBerkah
News

Meriahkan Ramadan, Titipku Gelar Kampanye #PastiBerkah

14 Maret 2024
0
Lapak Andalan Titipku
News

Titipku Luncurkan Fitur Lapak Andalan Titipku

28 Desember 2023
0
Load More
Next Post
Olsera x AstraPay

Percepat Digitalisasi UMKM, Olsera dan AstraPay Jalin Kemitraan Strategis

Digiserve x Telkom Akses

Digiserve dan Telkom Akses Kerja Sama Optimalkan Infrastruktur dan Layanan SD-WAN

Gojek - GoCampus Ambassador

Permudah Perkuliahan Mahasiswa, Gojek Luncurkan “GoCampus Ambassador”

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version