youngster.id - TikTok Indonesia kembali menggelar festival makanan TikTok Food Fest 2025. Kegiatan ini menjadi kampanye kuliner yang mempertemukan kreator konten, UMKM, brand lokal, dan komunitas pecinta kuliner untuk mendorong pertumbuhan industri makanan di Indonesia.
Client Partnerships Solution Manager TikTok Indonesia Christopher Junaidi mengatakan, industri kuliner turut menunjukkan peran yang siginifikan bagi masyarakat di era digital saat ini.
Data menunjukkan, sektor makanan dan minuman menyumbang 42% terhadap PDB ekonomi kreatif 2024. Sementara UMKM berkontribusi 61% terhadap PDB nasional dan menyerap hampir 97% tenaga kerja, lebih dari separuhnya bergerak di bidang kuliner.
“TikTok Food Fest 2025 diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi masyarakat sekaligus mempertemukan kreator, UMKM, brand lokal, dan komunitas pecinta kuliner untuk merayakan kekayaan cita rasa nusantara serta mendorong pertumbuhan industri makanan Indonesia bersama-sama,” katanya dikutip Rabu (8/10/2025).
Menurut Christopher, keterlibatan aktif dari komunitas TikTok menjadikan kuliner salah satu kategori terpopuler di Indonesia, terlihat dari tagar kuliner terpopuler seperti #Kuliner, #JajananTikTok, dan #KulinerIndonesia yang telah mengumpulkan lebih dari 5 juta unggahan dalam setahun terakhir.
“Setiap hari, komunitas pencinta kuliner memanfaatkan ekosistem kreatif terpadu TikTok untuk berbagi resep, ulasan, hingga produk makanan kepada komunitas TikTok di Indonesia,” ujarnya.
Ekosistem kreatif TikTok yang didukung solusi iklan terpadu, kata Christopher, juga memungkinkan pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk memperkenalkan produk serta menjangkau audiens di TikTok. Hal ini menunjukkan bagaimana konten kuliner di TikTok dapat membuka peluang nyata bagi pelaku usaha di seluruh Indonesia, termasuk melalui gelaran TikTok Food Fest.
“Terinspirasi oleh semangat ini, kami menghadirkan TikTok Food Fest untuk mendorong kolaborasi kreatif antar kreator, pelaku usaha, dan pencinta kuliner. Kami harap kampanye ini tidak hanya bisa membawa pengalaman penemuan kuliner dari TikTok ke dunia nyata, tapi juga ikut memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan industri kuliner, terutama UMKM di Indonesia,” ungkapnya.
Secara daring TikTok Food Fest 2025 telah dimulai sejak 15 September hingga 15 Oktober 2025. Puncaknya, TikTok Food Fest akan berlangsung pada 11-12 Oktober 2025 di Hutan Kota GBK, Jakarta.
Sementara itu founder Mercon Merah Putih Gracia Monica mengatakan, TikTok membuka peluang besar bagi pelaku usaha untuk lebih dekat dengan pecinta kuliner. Selain itu, beriklan di TikTok juga memberi dampak langsung pada pertumbuhan bisnis. Maka dari itu, ia tak ragu untuk ikut berpartisipasi dalam TikTok Food Fest 2025 ini.
“Dukungan yang diberikan komunitas TikTok terus memperkuat semangat kami untuk tumbuh, berinovasi, dan tetap relevan di tengah persaingan industri kuliner yang ada,” ujarnya.
Pada TikTok Food Fest 2025 akan hadir pasangan kreator Kim & Dea (@kimdea) juga akan berkolaborasi dengan Bakso Rusuk Samanhudi. Lalu Sania Jeny Versari (@versansss) yang kerap memperkenalkan sajian nusantara lewat konten mukbang sambil mempromosikan usaha keluarganya, Dendeng Mamaku.
STEVY WIDIA