youngster.id - Platform hiburan TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia. Program ini bertujuan menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi dan penggemar yang dinamis, serta merayakan keberagaman musik Indonesia.
Product Strategy Lead, TikTok Artist Services SEA Christo Putra mengatakan, TikTok Rising Indonesia bertujuan untuk mengungkap dan menyoroti bakat-bakat lokal, baik mereka yang mapan maupun baru, terikat dengan label atau berdiri secara independen.
“TikTok dikenal akan kemampuannya untuk menemukan bakat-bakat baru dan memfasilitasi hubungan antara musisi dan penggemar. Melalui program ini para talenta ini, termasuk musisi pendatang baru yang berasal dari beragam genre dan latar belakang musik dapt menunjukkan betapa kayanya musik Indonesia dan menjangkau global, ” kata Christo, Rabu (27/3/2024) di Jakarta.
Dia menjelaskan, musisi dan kreator dapat memanfaatkan berbagai dukungan yang ditawarkan melalui program ini. Seperti tagar #RisingOnTikTok dan fitur lain yang tersedia di platform untuk memamerkan karya seni mereka, ditemukan, serta berinteraksi dengan komunitas. Terlebih lagi, tagar #RisingOnTikTok telah menjadi tempat untuk menemukan bakat-bakat musik Indonesia yang akan datang.
“Tim TikTok secara konsisten memantau tagar ini untuk menemukan musisi pendatang baru yang tengah trending di TikTok. Para musisi yang ditemukan ini kemudian akan diundang untuk bergabung dalam program TikTok Rising Indonesia. Setelah menjadi bagian dari program ini, para musisi tersebut akan dipandu untuk memanfaatkan alat dan fitur dalam aplikasi, yang dapat digunakan untuk memperkuat keberadaan mereka sekaligus berinteraksi dengan audiens baru, ” paparnya.
Program ini diharapkan dapat membantu calon musisi dan kreator agar dapat ditemukan dan berinteraksi dengan 1 miliar orangnl di dalam komunitas TikTok. Karena itu, program ini terbuka untuk para musisi, baik yang baru maupun yang sudah mapan, maupun yang memiliki kontrak dengan label atau independen.TikTok juga menawarkan berbagai fitur untuk menampilkan bakat dan berinteraksi dengan komunitas, antara lain fitur seperti “duet”, “stitch”, dan “LIVE”.
“Lagu-lagu hits mereka yang menduduki puncak tangga lagu disukai oleh pendengar dari segala usia dan terus menciptakan terobosan baru. Karenanya, sejalan dengan misi kami untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan, kami ingin terus meningkatkan dan mempromosikan bakat-bakat ini di platform global kami, ” kata Christo lagi.
Sebelumnya sejumlah tagar yang terkait dengan program ini seperti #NewMusic menjadi tempat mencari rilisan dan cuplikan karya terbaru dari para artis di seluruh dunia dan menjalin hubungan dengan penggemar.
Selain itu, program TikTok Rising Indonesia menawarkan serangkaian fitur yang ditujukan untuk membantu musisi pendatang baru dalam mempromosikan lagu mereka, mendorong profil mereka, dan berinteraksi dengan komunitas TikTok. Termasuk #BehindTheSong, tagar di TikTok menjadi alat bagi penulis lagu dan produser musik ternama untuk berbagi proses kreatif mereka dalam menciptakan musik khusus dan lagu yang diakui secara global.
Dengan lebih dari 2 miliar penayangan, tagar ini telah berkembang menjadi tujuan utama bagi para penggemar musik yang ingin membuka wawasan tentang perjalanan kreatif di balik lagu-lagu favorit mereka.
Kemudian tagar Music Tab, untuk berbagi lagu dan terhubung langsung dengan penggemar. Bagi musisi yang sudah pernah merilis lagu di platform streaming digital, ‘Artist Account’ memungkinkan mereka menampilkan lagunya di ‘Music Tab’ pada profilnya. Lalu ada Add-to-Music App yang membuat penggemar musik dapat menyimpan lagu yang mereka temukan di platform TikTok ke layanan streaming musik pilihan mereka.
“Penemuan artis menjadi pusat dari apa yang kami lakukan. Baik melalui tantangan, tagar yang sedang tren, atau playlist yang terkurasi, TikTok terus mengungkap bakat-bakat baru dan mempromosikan karya mereka lebih luas lagi. Melalui program TikTok Rising Indonesia, kami berharap para musisi dapat terus menampilkan karyanya, menjajaki berbagai peluang yang ada, dan mengembangkan karier mereka, baik di dalam maupun di luar platform,” pungkas Christo.
Musisi Indonesia telah memanfaatkan TikTok untuk menampilkan bakat mereka, dan merilis berbagai single populer yang meraih banyak penghargaan. Seperti penyanyi Avolia dengan single ‘Kamu Pemain Aku Pelatih’ mencapai lebih dari 160 juta penayangan dalam dua bulan di TikTok.
“Saya benar-benar merasakan dampak TikTok dalam membuat orang-orang mengenal lagu saya. Apa yang dimulai sebagai rekaman cover di rumah kini telah berkembang menjadi profesi tetap bagi saya. Mempromosikan single lagu saya melalui live streaming di TikTok LIVE juga membantu meningkatkan jumlah pendengar saya secara signifikan,” katanya.
Musisi yang telah mapan pun juga memanfaatkan TikTok sebagai cara untuk menjangkau audiens baru. Widi Puradiredja dan Indah Wisnuwardhana dari MALIQ & D’Essentials mengungkapkan, mereka menemukan penggemar muda dan penonton baru.
“Yang mengejutkan, mereka tidak hanya menyukai rilisan baru dari kami, tapi juga mempelajari lagu-lagu lama kami, beberapa di antaranya yang bahkan dirilis sebelum mereka lahir!,” ujarnya.
Lagu hit terbaru mereka, ‘Aduh’, menginspirasi terciptanya lebih dari 145.000 kreasi video. Bahkan single ‘Kita Bikin Romantis’, melampaui 1,8 juta kreasi di TikTok hanya dalam tiga minggu. Kesuksesan ini berlanjut di luar platform, di mana kedua lagu ini menduduki posisi #74 dan #22.pada chart Spotify Top 200 Indonesia.
Pendapat serupa juga diungkapkan Ghea Indrawari. “TikTok telah menjadi batu loncatan baru bagi karier saya, ” katanya. Single Ghea ‘Jiwa Yang Bersedih’ telah digunakan di lebih dari satu juta kreasi video di TikTok, baik yang versi asli, maupun versi yang dipercepat (speed up remix). Lagu itu telah didengarkan lebih dari 200 juta kali di Spotify, menempati posisi #34 di tangga lagu Top 200 Indonesia, dan ditampilkan di empat playlist, termasuk ‘Hot Hits Indonesia’.
Melalui kemitraan dengan layanan streaming musik besar seperti Spotify dan Apple Music, pengguna dapat dengan mudah beralih dari TikTok ke aplikasi musik pilihan mereka, memastikan mereka tidak pernah ketinggalan lagu favorit mereka.
STEVY WIDIA
Discussion about this post