youngster.id - Batik adalah ekspresi budaya yang memiliki makna simbolis dan nilai estetika yang tinggi bagi masyarakat Indonesia. Keunikan karya wastra yang indah ini patut dilestarikan. Untuk itu, Melihat potensi ini, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan berbagai insiastif untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengrajin batik.
Fashion Apparel and Campaign Senior Director Tokopedia and TikTok E-commerce, Desey Muharlina Bungsu mengatakan, berbagai inisiatif itu berupa akselerasi digitalisasi UMKM lokal batik, halaman khusus, shoppertainment batik, dan peningkatan kapasitas produksi lokal batik.
“Kami pun konsisten meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin batik di berbagai wilayah di Indonesia agar memiliki daya saing lebih tinggi dan produk yang makin diminati lewat Melokal Dengan Batik,” kata Desey pada perayaan Hari Batik Nasional 2024, Rabu (2/10/2024) di Jakarta.
Menurut Desey, lewat berbagai kegiatan tersebut Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Yogyakarta, Solo, dan Pekalongan yang 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia. Di sisi lain, ada ribuan penjual baru batik yang bergabung di Tokopedia selama dua minggu pertama peluncuran kampanye. Bahkan, data dari ShopTokopedia pada periode 25 Januari – 7 Februari 2024 menyebut, penjual yang berpartisipasi di Melokal Dengan Batik mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 90%.
Selain itu, Tokopedia dan ShopTokopedia juga memberikan etalase khusus bagi brand fashion termasuk batik lewat Tokopedia Fashion. Kampanye ini menghadirkan diskon Rp500.000 dan flash sale 90% untuk berbagai produk fashion termasuk batik. Hasilnya, sejumlah wilayah mengalami peningkatan tertinggi jumlah transaksi produk fashion melalui Tokopedia Fashion, antara lain Jabodetabek, Surabaya dan Bandung. (sumber: Tokopedia, data kuartal III 2024 dibandingkan kuartal II 2024).
“Kami pun sudah memulai kampanye terbaru yaitu Selasa Bergaya di Tokopedia dan ShopTokopedia. Setiap hari Selasa, akan ada penawaran menarik dari berbagai brand fashion termasuk batik, contohnya diskon 90%. Selasa Bergaya bertujuan memberikan panggung lebih luas terhadap brand fashion di Indonesia termasuk yang bergerak di bidang batik,” tambah Desey.
Dampak positif dari kegiatan ini sudah dirasakan oleh jenama lokal batik yang ikut dalam berbagai inisiatif atau kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia. Contohnya, OE yang mengalami kenaikan penjualan 1,5 kali lipat, dan Nona Rara yang mendapatkan pelanggan 3 kali lipat lebih banyak.
CEO dan founder Oemah Etnik atau OE Rizki Triana mengungkapkan, berkat pemanfaatan berbagai fitur di Tokopedia dan ShopTokopedia, omzet OE tahun ini meningkat. “Di Tokopedia, OE memanfaatkan fitur beriklan ‘TopAds’ untuk meningkatkan visibilitas toko dan produk, serta menaikkan penjualan. OE juga menggunakan fitur pembuatan video di TikTok untuk meningkatkan awareness dan transaksi di ShopTokopedia. Dengan memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia dan ShopTokopedia, omzet OE tahun ini meningkat sekitar 87% persen dibandingkan dengan tahun lalu,” katanya.
Menurut Rizki, OE juga kerap mengikuti berbagai kampanye yang dihadirkan oleh Tokopedia dan ShopTokopedia, seperti Tokopedia Fashion dan Beli Lokal. “Berkat ikut beragam kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia, penjualan OE meningkat 1,5 kali lipat dibandingkan saat tidak mengikuti kampanye,” ujarnya.
Sementara itu, Brand Manager Nona Rara Yunita Stefani mengatakan, platform e-commerce sangat berperan penting dalam mempermudah sebanyak-banyaknya masyarakat mengakses dan mengenakan produk batik.
“Nona Rara menggunakan fitur beriklan TopAds di Tokopedia untuk meningkatkan penjualan. Sedangkan untuk meningkatkan penjualan di ShopTokopedia, Nona Rara rajin melakukan live streaming di TikTok. Berkat pemanfaatan berbagai fitur di Tokopedia dan ShopTokopedia, omzet Nona Rara tahun ini meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun lalu,” katanya.
Yunita juga mengakui, Nona Rara rutin ikut beragam kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia seperti Beli Lokal, Tokopedia Fashion, Melokal Dengan Batik, hingga Promo Guncang di setiap tanggal kembar. Berkat berpartisipasi dalam kampanye-kampanye tersebut, pelanggan baru Nona Rara meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan saat tidak mengikuti kampanye.
“Kami juga memanfaatkan Tokopedia dan ShopTokopedia untuk memperluas jangkauan audiens. Khusus di ShopTokopedia, Nona Rara lebih fokus mempromosikan PART of Nona Rara guna meningkatkan awareness batik di tengah generasi muda,” kata Yunita.
Sederet inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia berdampak pada peningkatan transaksi produk fashion secara keseluruhan. “Lewat berbagai inisiatif yang telah dilakukan Tokopedia dan ShopTokopedia bersama para mitra strategis, kami berharap akan lebih banyak lagi brand fashion lokal–khususnya batik–yang merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, serta makin banyak masyarakat yang bangga menggunakan produk fashion lokal termasuk batik,” tutup Desey.
STEVY WIDIA