youngster.id - Industri manufaktur parfum dan wewangian terus berkembang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Untuk terus mendukung potensi pelaku usaha lokal di industri lokal wewangian termasuk parfum dan pengharum ruangan, Tokopedia dan TikTok menggencarkan kampanye Beli Lokal.
Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli mengatakan, penjualan produk parfum di Tokopedia naik lebih dari 2 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020. Sedangkan untuk penjualan pengharum ruangan, seperti reed diffuser, mengalami kenaikan hingga lebih dari 13 kali lipat di periode yang sama.
“Hal ini mendorong Tokopedia untuk terus berkolaborasi dengan mitra strategis untuk selalu mendukung pelaku usaha lokal, termasuk di industri wewangian, menciptakan peluang bisnis lewat platform online,” ucap Stefanie dalam acara Media Workshop, Rabu (21/2/2024) di Jakarta.
Stefanie mengungkap, data internal TikTok juga mencatat nilai transaksi untuk produk parfum lokal di Shop | Tokopedia pada Januari 2023 mengalami kenaikan 100% dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun lalu.
“Melihat antusiasme tinggi masyarakat terhadap brand lokal kecantikan dan perawatan diri, Tokopedia juga rutin mengadakan kampanye Tokopedia Beauty yang memberikan promo diskon hingga 90%, rilisan produk eksklusif, flash sale dan bebas ongkir agar masyarakat dapat berbelanja online produk kecantikan dan perawatan tubuh dengan hemat, termasuk parfum,” ujarnya.
Menurut Stephanie berkat beragam kampanye yang dihadirkan, Tokopedia mencatat beberapa daerah di Indonesia mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk parfum selama 2023, meliputi Padang Pariaman (Sumatra Barat), Kab. Pesawaran (Lampung), Demak (Jawa Tengah), Semarang (Jawa Tengah), dan Kampar (Riau), dengan kenaikan rata-rata hingga lebih dari 3,5 kali lipat.
Selain itu, beberapa daerah di Indonesia dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk reed diffuser selama 2023, antara lain DKI Jakarta, Semarang (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), Makassar (Sulawesi Selatan), Balikpapan (Kalimantan Timur), dengan kenaikan rata-rata hingga lebih dari 17 kali lipat.
Dukungan dari Tokopedia dan TikTok ini dirasakan oleh pelaku usaha. CEO dan Founder Alchemist Fragrance Naya Tinanda Nabila mengatakan, Sejak berjualan melalui Tokopedia, penjualan Alchemist Fragrance meningkat 2 kali lipat di tahun 2023 dibanding tahun 2022.
“Kami juga rutin mengikuti berbagai kampanye Tokopedia, seperti Cantik Fest, Tokopedia Beauty hingga Beli Lokal yang diusung Tokopedia dan TikTok. Dengan mengikuti kampanye Beli Lokal, Alchemist Fragrance mencatat kenaikan nilai transaksi hampir 1,5 kali lipat (data periode 12 Desember 2023-12 Februari 2024 dibandingkan 12 Desember 2022-12 Februari 2023),” jelas Naya.
Hal senada juga diungkapkan Founder Euódia Home, Albertus Setyapranata. “Lewat kampanye Beli Lokal, eksistensi Euódia Home sebagai produk wewangian ruangan buatan lokal semakin terangkat karena bisa semakin dikenal oleh masyarakat dari seluruh Indonesia lewat Tokopedia dan platform video singkat TikTok. Bahkan kini Tokopedia berkontribusi lebih dari 50% terhadap penjualan online Euódia Home, dan Papua menjadi wilayah pengiriman terjauh produk kami,” katanya.
Saat ini, Tokopedia dan TikTok menjadi “rumah” bagi lebih dari 14 juta penjual, termasuk dari industri lokal wewangian seperti parfum dan reed diffuser.
STEVY WIDIA