Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tokopedia Gandeng Meta Untuk Memaksimalkan Strategi Pemasaran Di Media Sosial

8 Juni 2023
in Headline
Reading Time: 3 mins read
Collaborative Adds

Peluncuran Collaborative Adds oleh Tokopedia dan Meta. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Laporan Meta dan Bain & Company 2022 menunjukkan Indonesia menjadi negara berpopulasi digital terbesar di Asia Tenggara, dengan 168 juta konsumen digital. Tak hanya itu penetrasi retail online termasuk e-commerce Indonesia meningkat 12% pertahun, lebih dari India (10%) dan Tiongkok (4%).

Di sisi lain, data teranyar Tokopedia menunjukkan, jumlah penjual di Tokopedia sekarang sudah mencapai lebih dari 14 juta. Melalui Tokopedia, belasan juta pelaku usaha ini memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia.

Kedua hal ini mendorong kerjasama Tokopedia dengan Meta dengan meluncurkan Collaborative Ads. “Tokopedia berupaya membantu para pelaku usaha memaksimalkan bisnis dan menjangkau lebih banyak konsumen lewat solusi pemasaran menyeluruh melalui Tokopedia Marketing Solution. Kali ini, bekerja sama dengan Meta kami menghadirkan pemanfaatan Collaborative Ads,” kata Edwin Chayadi Vice President of Tokopedia Marketing Solutions dalam jumpa pers, Kamis (8/6/2023) di Jakarta.

Edwin menjelaskan, pemanfaatan Collaborative Ads, hasil kerja sama Tokopedia dan Meta, memungkinkan pelaku bisnis meningkatkan konversi penjualan di Tokopedia dengan mengiklankan produknya ke pengguna Facebook, Instagram, dan Messenger yang telah menunjukkan ketertarikan membeli berdasarkan aktivitasnya di Tokopedia.

Baca juga :   Anak Muda Jadi Penggerak Pertumbuhan UMKM Lokal

“Pelaku usaha yang menggunakan Collaborative Ads lewat Tokopedia Marketing Solutions bisa beriklan di media sosial secara lebih strategis untuk menjangkau konsumen yang paling potensial. Iklan mereka akan diarahkan kepada pengguna Facebook, Instagram dan Messenger, yang pernah melihat produk/toko, menambahkan produk ke keranjang belanja, maupun pernah melakukan transaksi di toko mereka di Tokopedia. Jadi, iklan akan sangat targeted dan potensial terkonversi menjadi penjualan,” paparnya.

Menurut Edwin, lewat kolaborasi dengan Meta, Tokopedia Marketing Solutions membantu pelaku bisnis menargetkan audiens media sosial dengan lebih efektif melalui iklan yang dipersonalisasi/ Sehingga pemirsa hanya akan melihat iklan produk yang memiliki relevansi tinggi dengan niat belinya.

Pelaku bisnis juga bisa mendapatkan analisis menyeluruh dengan melihat jumlah reach, impression, click, jumlah pesanan, add to cart dan lain-lain pada tokonya di Tokopedia. Hal tersebut dapat memperkaya evaluasi kinerja pemasaran dan membantu pelaku bisnis mengambil keputusan yang lebih tepat.

Baca juga :   Makerfest 2018 Deklarasikan Bangga Kreasi Lokal

“Selain itu, pelaku usaha yang memanfaatkan Collaborative Ads lewat Tokopedia Marketing Solutions juga dapat memperluas jangkauan konsumen. Penjual di Tokopedia bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli di media sosial–dalam hal ini Facebook dan Instagram–untuk membawa mereka bertransaksi di toko online milik penjual di Tokopedia,” jelas Edwin.

Sementara, Head of Client Solutions Meta Indonesia Mifza Muzayan mengungkapkan, data menunjukkan, lebih dari 40% konsumen digital di Indonesia menjadikan media sosial–baik dengan konten gambar/video maupun aplikasi pesan sebagai channel utama pada fase discovery dan evaluation sebelum memutuskan berbelanja online. Sementara itu, 51% konsumen digital di Indonesia melakukan transaksi berbelanja (fase Purchase) di e-commerce.

“Hal ini menunjukkan e-commerce menjadi salah satu platform belanja pilihan konsumen, sekaligus platform yang potensial bagi para pelaku bisnis di Indonesia untuk bertemu dengan konsumen dan calon konsumen,” ucanya.

Mifza menegaskan, kolaborasi Meta dan Tokopedia Marketing Solutions ini memungkinkan Collaborative Ads dari para penjual di Tokopedia dapat menyasar audiens yang tepat pada waktu yang tepat.

Kampanye dari para pelaku bisnis di Tokopedia akan tampil lewat berbagai channel di platform Meta, seperti Facebook Feed dan Stories, Instagram Feed, Stories dan Reels, serta Messenger dengan berbagai format.

Baca juga :   Tokopedia Rangkul Difabel Di Jajaran Nakama

“Iklan media sosial menjadi salah satu faktor paling berpengaruh bagi konsumen dalam berbelanja online termasuk melalui e-commerce. Dengan jumlah pengguna aktif Meta yang tinggi, ini menjadi peluang besar bagi pelaku bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih banyak,” katanya menambahkan.

Salah satu pengguna Collaborative Ads adalah Elite Spring Bed. “Untuk menyasar audiens yang tepat, kami memanfaatkan Collaborative Ads lewat Tokopedia Marketing Solutions. Hasilnya, Elite Spring Bed berhasil mencatat peningkatan pemesanan sebesar 60%, peningkatan pendapatan sebesar 156% dan ROAS sebesar lebih dari 9 kali lipat,” ujar Head of Marketing Elite Spring Bed, Fajri.

Hal senada diungkapkan Chief Marketing Officer TCL Indonesia Wesley Yeung. “Dengan menggunakan Collaborative Ads dari Tokopedia Marketing Solutions, TCL telah mencatat peningkatan pendapatan sebesar 257%, peningkatan pemesanan sebesar 288%, dengan ROAS sebesar lebih dari 21,4 kali lipat,” ujarnya.

 

STEVY WIDIA

Tags: Collaborative AdsMetastrategi pemasaran onlineTokopediaTokopedia Marketing Solutions
Previous Post

Berwisata sambil Berdonasi, OYO Gelar Kampanye #OYOUntukSemua

Next Post

Sasar Milenial dan Gen Z Berinvestasi Logam Mulia Hartadinata Luncurkan Aplikasi EmasKita

Related Posts

Instagram Reels
News

Pengguna Instagram Sudah Capai 3 Miliar

26 September 2025
0
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan
News

WhatsApp Punya Fitur AI Yang Kasih Alternatif Gaya Bahasa Pesan

1 September 2025
0
Instagram Stories Orang Indonesia Terbanyak di dunia
News

Instagram Map, Pengguna Punya Kendali Untuk Mengaktifkan dan Membatasi Lokasi

21 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Aplikasi EmasKITA

Sasar Milenial dan Gen Z Berinvestasi Logam Mulia Hartadinata Luncurkan Aplikasi EmasKita

Accelerating Asia Cohort 8

Startup Lister Masuk Program Akselerator Cohort 8 Accelerating Asia

Patrick Walujo Digadang Jadi Direktur Utama GoTo

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version