youngster.id - Partisipasi perempuan di sektor kewirausahaan terus meningkat. Pada kenyataannya, 64,5% dari total pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Indonesia adalah perempuan dengan proyeksi memiliki total nilai sebesar US$ 135 miliar pada 2025.
Tokopedia ikut mendukung perempuan pelaku UMKM mengembangkan bisnis lebih luas.
External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, mengatakan, jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia terus bertambah. Bahkan, beberapa subkategori di Tokopedia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha dalam periode yang sama, yaitu Perawatan Hewan, Buku, Perlengkapan Pesta, Pertukangan serta Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Sekolah.
“Tokopedia mencatat Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu,” ungkap Rizky dalam jumpa pers virtual, Rabu (6/3/2024).
Dia juga mengungkapkan, di sisi pembeli Tokopedia mencatat ada beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli. Seperti Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado dan Pangkal Pinang, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 22 kali lipat.
“Berangkat dari semangat Hari Perempuan Sedunia tahun 2024 Tokopedia turut konsisten memberi panggung seluas-luasnya bagi perempuan pelaku usaha lokal, agar para perempuan bisa semakin maju sekaligus membantu mendorong pemerataan ekonomi nasional lewat pemanfaatan teknologi digital,” tambah Rizky.
Salah satu upaya Tokopedia dalam berinvestasi pada perempuan adalah berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan UMKM lokal mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) untuk memberikan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan secara digital kepada perempuan pelaku usaha lokal. Menurut Rizky, tahun 2023, Tokopedia bersama Pemda telah membantu lebih dari 800 perempuan pelaku UMKM dari berbagai daerah meliputi Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta hingga Bali.
“Selain itu, bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI, Tokopedia juga telah meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital yang tersedia secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller untuk memberikan pembekalan edukasi dan pendampingan perempuan pelaku usaha. Berbagai topik pembahasan bisa ditemukan di Modul Perempuan Maju Digital, di antaranya ‘Langkah Awal Pemberdayaan Bisnis Usaha Perempuan’,” jelasnya.
Dukungan Tokopedia dirasakan oleh
Anita Hartono founder Mambucha, minuman kesehatan. Dia mengaku, Mambucha aktif memanfaatkan kampanye Tokopedia NYAM! serta kurir yang ada di Tokopedia khusus untuk pengiriman makanan dan minuman.
“Selama tahun 2023, penjualan Mambucha di Tokopedia mengalami kenaikan hampir 6 kali lipat dibandingkan 2022. Bahkan, Tokopedia berkontribusi hampir 50% terhadap keseluruhan penjualan Mambucha,” kata Anita.
Hal senada juga diungkapkan Yenny Kusuma Hendra pemilik Kumala Home and Kitchen yang bergerak di bidang peralatan serta perlengkapan rumah tangga dan dapur.
“Berkat berbagai kemudahan yang dihadirkan Tokopedia, transaksi penjualan online Kumala Home and Kitchen, hampir 70% berasal dari Tokopedia,” katanya.
Lain halnya dengan Felicia Kurniawan, pemilik brand fashion lokal M231 menyadari pentingnya mengadopsi platform digital, seperti Tokopedia untuk mengembangkan bisnis.
“Hasilnya, setelah mengikuti WIB, penjualan kami bisa meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum mengikuti kampanye tersebut. Sementara berkat TopAds, penjualan M231 naik hingga 5 kali lipat dibandingkan sebelum pakai fitur tersebut,” ungkap Felicia.
Agar para pelaku usaha di Indonesia, termasuk perempuan pelaku UMKM lokal, bisa mempersiapkan bisnis dengan lebih baik jelang dan saat bulan Ramadan 2024 mendatang, Tokopedia memiliki kurikulum #SIAPRAMADAN di Pusat Edukasi Seller. Para pelaku usaha pun bisa mempersiapkan dalam rangka menyambut kampanye Ramadan Ekstra Seru yang berlangsung hingga 5 April 2024 melalui aplikasi dan situs Tokopedia serta Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok.
STEVY WIDIA
Discussion about this post