Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tracxn: Startup D2C di Asia Tenggara Raup US$32,5 Juta pada 2024

24 April 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Tracxn

Tracxn: Startup D2C di Asia Tenggara Raup US$32,5 Juta pada 2024 (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pendanaan untuk starup direct-to-consumer (D2C) di Asia Tenggara pada tahun 2024 mengalami lonjakan, yaitu mencapai US$32,5 juta atau Rp546,8 miliar, naik 208% dari US$10,6 juta pada 2023. Bahkan, ketika ekosistem teknologi Asia Tenggara secara keseluruhan mengalami penurunan pendanaan lebih dari 55% selama periode yang sama.

Menurut laporan terbaru platform intelijen data Tracxn, secara global pendanaan D2C menurun sebesar 25% menjadi US$3,9 miliar pada 2024 dari US$5,3 miliar pada 2023, yang menjadikan 2024 sebagai tahun dengan pendanaan paling sedikit dalam lima tahun terakhir.

Sebaliknya, pemulihan Asia Tenggara pada tahun 2024 menyoroti ketahanan dan kekuatan yang muncul sebagai pusat bagi merek D2C. Namun, terlepas dari pemulihan ini, tingkat pendanaan di kawasan tersebut masih 75% di bawah US$128 juta yang terkumpul pada tahun 2022.

“Meskipun menghadapi tantangan global, sektor D2C Asia Tenggara telah menunjukkan pertumbuhan, didukung oleh meningkatnya investasi manufaktur dan kebijakan yang menguntungkan. Kelincahan dan iklim yang mendukung ekspansi kawasan ini terus menjadikannya ruang yang menjanjikan bagi merek-merek digital,” kata Tracxn, seperti dilansir TN Global, Kamis (24/4/2025).

Baca juga :   Aplikasi TCash Wallet Bisa Validasi Data lewat Video Call

Menurut laporan Tracxn, Sektor D2C mengalami peningkatan pendanaan yang stabil dari tahun 2019 hingga 2022, setelah itu mengalami penurunan, yang mencerminkan tren global. Tetapi di tahun 2024 terjadi lonjakan.

Lonjakan pendanaan tersebut didorong oleh pendanaan tahap akhir yang mencapai US$19,5 juta. Pendanaan tahap awal D2C di kawasan tersebut melonjak 300% menjadi US$3 juta pada tahun 2024, dari $740.000 pada tahun 2023.

Di Asia Tenggara, Singapura memimpin pendanaan dengan perolehan US$19,5 juta pada tahun 2024, diikuti oleh Hanoi (US$6 juta) dan Jakarta (US$4 juta).

Di sektor ritel, segmen marketplace daring memperoleh US$61 juta pada tahun 2024, dua kali lipat investasi yang diterima oleh segmen D2C. Sementara commerce enabler mengumpulkan US$164 juta, memimpin sektor ritel konsumen.

Baca juga :   Danamon Hadirkan Sejumlah Produk Inovatif Berbasis Syariah

Sebaliknya, Commerce Enabler tahun 2023 telah memuncaki pendanaan dengan US$327 juta, yang diikuti oleh marketplace daring sebesar US$252 juta.

Di segmen D2C Asia Tenggara, perusahaan rintisan kecantikan dan mode telah menarik minat investor yang konsisten, dengan kecantikan melihat investasi berulang tertinggi. Investor seperti AC Ventures, Accel, dan Jungle Ventures telah menunjukkan dukungan berulang, terutama di Indonesia dan Singapura.

Perlu dicatat bahwa investasi di sektor D2C Asia Tenggara sebagian besar didorong oleh putaran pendanaan kecil, dengan hanya satu pendanaan senilai US$10 juta+ pada tahun 2024. The Ayurveda Experience, platform daring yang menawarkan berbagai produk kecantikan Ayurveda, memperoleh US$15 juta dalam putaran Seri C-nya.

Sektor ini belum menyaksikan adanya perusahaan unicorn baru pada tahun 2024. Demikian pula, tidak ada akuisisi yang tercatat tahun ini, dibandingkan dengan satu akuisisi pada tahun 2023. Lanskap IPO juga tetap tidak aktif pada tahun 2024, sementara satu perusahaan D2C go public pada tahun 2023.

Baca juga :   Tracxn: Pendanaan Startup Fintech di Asia Tenggara Turun 13% Pada Kuartal Pertama 2024

Berdasarkan pendanaan yang diterima dalam dua tahun terakhir, merek kecantikan menarik lebih dari US$40 juta, diikuti oleh merek pakaian (US$6 juta) dan segmen makanan dan minuman (US$4 juta).

Di antara investor teratas di kawasan tersebut, AC Ventures, Jungle Ventures, dan Accel terus menunjukkan minat yang kuat. 500 Global, First Move Fund, dan Init 6 merupakan investor tahap benih yang paling aktif pada tahun 2024. Sementara Unilever Ventures dan Vertex Ventures memimpin investasi tahap awal. Jungle Ventures dan Venturi Partners merupakan investor tahap akhir teratas. (*AMBS)

 

Tags: starup direct-to-consumer (D2C)Tracxn
Previous Post

BCA Berbagi Ilmu, Dorong Generasi Muda Cari Wawasan Baru

Next Post

Transsion Pimpin Pasar Smartphone Indonesia di 2024

Related Posts

Pendanaan Fintech
Headline

Tracxn: Pendanaan Fintech Asia Tenggara Turun 22% Pada Semester Pertama 2025

8 Juli 2025
0
pendanaan startup
Headline

Tracxn: Pendanaan Startup di Asia Tenggara Naik 7% pada Paruh Pertama 2025

3 Juli 2025
0
pendanaan Fintech
Headline

Pendanaan Fintech di Asia Tenggara Anjlok 66% di Kuartal Pertama 2025

11 April 2025
0
Load More
Next Post
Trranssion

Transsion Pimpin Pasar Smartphone Indonesia di 2024

Tokocrypto - Iqbal

Bidik Investor Institusional, Tokocrypto Luncurkan Layanan Prestige

PepsiCo Greenhouse Accelerator 2025

Bali Waste Cycle Wakili Indonesia di Ajang Greenhouse Accelerator Asia Pasifik 2025

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version