Trafik Layanan Data Telkomsel Tumbuh Hingga 21% Di Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2022,

Telkomsel Posko

Posko Telkomsel SIAGA yang dihadirkan untuk memberikan layanan bagi pelanggan selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1443 H. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Moment Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1443 H terasa sangat berbeda. Perayaan kali ini terasa lebih lancar dan meriah dibanding dua tahun sebelumnya yang dirundung Pandemi Covid-19. Penyedia jaringan broadband terdepan Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data hingga 45.1 Petabyte (PB), atau tumbuh 21% dibanding momen yang sama tahun sebelumnya.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan,  percepatan adopsi gaya hidup digital masyarakat semakin tinggi, terutama sebagai dampak menyesuaikan kebiasaan baru di masa pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun terakhir.

“Idul Fitri kali ini menjadi momentum untuk terus membuka lebih banyak peluang lebih luas bagi masyarakat dalam menjaga tali silaturahmi.  dengan membangun semangat #SambungkanSenyuman untuk kebaikan di setiap aktivitas keseharian, dengan dukungan jaringan broadband berteknologi terdepan yang andal dan prima dari Telkomsel,” kata Saki dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Untuk itu, Telkomsel mencatatkan adanya lonjakan trafik layanan data pada periode Lebaran tahun ini sebesar 21% dibandingkan periode RAFI tahun lalu, atau 9%  dibanding hari biasa.

Di sisi lain, untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice) di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022 masing-masing mengalami penurunan sebesar 31%  dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Saki juga menjelaskan, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI 2022 tersebut didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21%, mobile gaming melonjak hingga 17%, streaming video sekira 16%, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3%, dibandingkan hari biasa.

Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38%, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7%. Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp (tumbuh 35%), TikTok (meningkat 16%), Instagram (naik 15%), YouTube (melonjak 13%) dan Facebook (naik 1%).

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama RAFI 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) naik sekira 43%, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 34%, Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) sebesar 50%, wilayah Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) naik sekira 28%, dan wilayah Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 42%.

Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022, Telkomsel juga menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik di wilayah Pulau Jawa seperti provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Untuk wilayah Jawa Barat sendiri mengalami peningkatan kedatangan pelanggan sebesar 13%, sedangkan untuk Jawa Tengah meningkat sebesar 17%, dan Jawa Timur sekitar 6%, dibandingkan hari biasa.

Telkomsel sejak awal momen RAFI 2022 telah menegaskan komitmennya sebagai leading digital telco yang konsisten mendukung masyarakat melalui solusi kebutuhan yang customer-centric. Pada tahun ini, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 500 Point of Interest (POI) yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

“Kami merasa sangat bersyukur dapat kembali mengoptimalkan seluruh aset ekosistem perusahaan yang dimiliki untuk memberikan pengalaman aktivitas digital terbaik bagi seluruh pelanggan dengan baik selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Telkomsel juga berharap, momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini dapat menjadi momentum kebangkitan bagi seluruh bangsa Indonesia seiring dengan semakin cepatnya adopsi kebiasaan baru selama pandemi COVID-19,” pungkas Saki.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version