Sabtu, 20 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Transaksi E-Commerce Indonesia Tembus Rp134,67 Triliun di Kuartal III-2025, Omnichannel Jadi Kunci Hadapi 2026

20 Desember 2025
in Headline
Reading Time: 3 mins read
transaksi e-commerce

Transaksi E-Commerce Indonesia Tembus Rp134,67 Triliun di Kuartal III-2025, Omnichannel Jadi Kunci Hadapi 2026 (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Sektor perdagangan Indonesia, khususnya e-commerce, sepanjang 2025 masih mencatat pertumbuhan yang stabil di tengah dinamika perilaku konsumen dan persaingan yang semakin ketat. Bank Indonesia mencatat nilai transaksi e-commerce pada kuartal III-2025 mencapai Rp134,67 triliun, tumbuh 20,5% secara tahunan (year-on-year/YoY). Capaian ini menegaskan peran kanal digital sebagai salah satu pilar penting perekonomian nasional, baik dari sisi konsumsi domestik maupun pemberdayaan pelaku usaha.

Plt. Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan RI, Bambang Wisnubroto, mengatakan pertumbuhan tersebut turut menghadirkan tantangan baru bagi lanskap perdagangan nasional.

“Dengan tren pertumbuhan e-commerce yang melaju cepat, perubahan preferensi belanja konsumen, dan persaingan harga yang ketat memunculkan tantangan bagi lanskap perdagangan. Hal ini menuntut strategi yang menyeimbangkan perdagangan konvensional dan perdagangan melalui sistem elektronik, misalnya melalui pendekatan omnichannel,” ujar Bambang, dikutip Sabtu (20/12/2025).

Dari sisi konsumen, pertumbuhan ekosistem digital didorong oleh tingginya penetrasi internet dan adopsi belanja daring. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat penetrasi pengguna internet di Indonesia telah mencapai 80,66%. Sementara itu, riset Jakpat menunjukkan 95% konsumen melakukan transaksi daring pada Semester I-2025, menandakan semakin luasnya basis konsumen digital yang tersebar di berbagai kanal penjualan.

Baca juga :   I-PLAN Business Innovation Challenge 2019, Pilih Makanan Produk Laut Terbaik

Head of Research Jakpat, Aska Primadi, menilai fragmentasi kanal belanja menjadi salah satu karakter utama e-commerce pada 2025.

“Fragmentasi saluran belanja dipengaruhi oleh pertumbuhan social commerce yang mendorong shoppertainment, meluasnya penetrasi internet di kota tier dua dan tiga, serta meningkatnya tuntutan konsumen akan pengalaman belanja yang relevan dan personal. Di saat yang sama, konsumen juga semakin rasional dan selektif,” kata Aska.

Pergeseran perilaku tersebut membuat perjalanan konsumen (consumer journey) semakin kompleks. Konsumen kerap berpindah lintas kanal dalam satu siklus belanja, sehingga menuntut pengalaman yang konsisten mulai dari pencarian produk hingga layanan purnajual. Kondisi ini mendorong pelaku usaha untuk menata ulang strategi pengelolaan setiap titik interaksi dengan konsumen.

Baca juga :   Transaksi e-Commerce di Indonesia Diproyeksi Capai Rp915,9 Triliun Tahun Ini

Chief Operating Officer SIRCLO, Danang Cahyono, menyampaikan bahwa fragmentasi kanal menjadi tantangan sekaligus peluang bagi brand.

“Sepanjang 2025, kami melihat brand semakin aktif mengeksplorasi berbagai kanal untuk mempermudah konsumen menemukan hingga memperoleh produk. Dalam konteks ini, terdapat tiga komponen utama consumer journey, yaitu Demand Engine, Commerce Engine, dan Fulfillment Engine. Ketika dikelola secara terintegrasi, konsumen tetap merasakan pengalaman yang konsisten, termasuk saat melakukan pembelian ulang,” ujar Danang.

Memasuki 2026, fragmentasi kanal dan tuntutan konsumen diperkirakan akan terus berkembang. Aska menilai pelaku usaha perlu mengantisipasi perubahan ini dengan strategi yang lebih terarah.

“Fragmentasi kanal belanja, perilaku konsumen yang semakin value-for-money, serta tuntutan terhadap transparansi dan kepercayaan akan terus membentuk interaksi konsumen dan brand. Pelaku usaha perlu mulai fokus pada pendekatan hiper-lokalisasi, penguatan Customer Lifetime Value (CLV), serta penyatuan pengalaman belanja di mana batas marketplace dan social commerce semakin kabur,” ujarnya.

Baca juga :   SIRCLO Dukung Upaya Pemerintah Agar UMKM Naik Level

Sejalan dengan itu, SIRCLO melihat kesiapan menuju 2026 bertumpu pada pertumbuhan yang berkelanjutan. Menurut Danang, fokus pelaku usaha ke depan mencakup integrasi omnichannel, efisiensi operasional berbasis teknologi, serta penguatan sistem fulfillment untuk menjangkau konsumen di kota tier dua dan tiga.

Dari sisi kebijakan, pemerintah menegaskan komitmennya untuk menciptakan ekosistem e-commerce yang sehat dan berdaya saing.

“Terdapat empat arah kebijakan e-commerce pada 2026, yaitu memperluas akses pasar produk dalam negeri, meminimalisir peredaran produk impor yang tidak sesuai ketentuan, mendorong inovasi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE), serta meningkatkan transparansi informasi biaya di ekosistem e-commerce,” kata Bambang.

Dengan kombinasi pertumbuhan transaksi, perubahan perilaku konsumen, serta penyesuaian strategi bisnis dan kebijakan, industri e-commerce Indonesia memasuki fase baru yang menuntut kolaborasi lintas pemangku kepentingan untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi digital nasional.

STEVY WIDIA

Tags: omnichannelSIRCLOtransaksi e-commerce
Previous Post

INSEAD Luncurkan Botipedia, Ensiklopedia Berbasis AI dengan 400 Juta Entri dalam 100 Bahasa

Related Posts

Harbolnas
Headline

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
0
e-commerce
Headline

Proyeksi e-Commerce 2025: Tren, Peluang dan Strategi

30 April 2025
0
SIRCLO
Headline

SIRCLO: Transkasi e-Commerce Meningkat 4,95% Sepanjang Tahun 2024

30 April 2025
0
Load More

Discussion about this post

Recent Updates

transaksi e-commerce

Transaksi E-Commerce Indonesia Tembus Rp134,67 Triliun di Kuartal III-2025, Omnichannel Jadi Kunci Hadapi 2026

20 Desember 2025
Botipedia

INSEAD Luncurkan Botipedia, Ensiklopedia Berbasis AI dengan 400 Juta Entri dalam 100 Bahasa

20 Desember 2025
Cambridge University

Cambridge University Luncurkan Komunitas Guru Siap Masa Depan di Bali

20 Desember 2025
MoEngage

MoEngage Tambah Pendanaan Seri F US$180 Juta, Total Capai US$280 Juta

20 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
transaksi e-commerce

Transaksi E-Commerce Indonesia Tembus Rp134,67 Triliun di Kuartal III-2025, Omnichannel Jadi Kunci Hadapi 2026

20 Desember 2025
Botipedia

INSEAD Luncurkan Botipedia, Ensiklopedia Berbasis AI dengan 400 Juta Entri dalam 100 Bahasa

20 Desember 2025
Cambridge University

Cambridge University Luncurkan Komunitas Guru Siap Masa Depan di Bali

20 Desember 2025
MoEngage

MoEngage Tambah Pendanaan Seri F US$180 Juta, Total Capai US$280 Juta

20 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version