Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Transaksi Pemesanan GrabFood Capai Rp 135 Triliun di ASEAN

6 Agustus 2021
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
grabfood

Grabfood. (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Transaksi pesan-antar makanan di ASEAN diperkirakan US$ 9,4 miliar atau sekitar Rp 135 triliun pada tahun 2020. Di Indonesia, pengeluaran untuk pesan-antar makanan diprediksi US$ 3,3 miliar atau sekitar Rp 47,4 triliun. Setidaknya ada 10 kategori makanan yang laris dipesan di GrabFood di Indonesia.

Produk itu di antaranya makanan cepat saji, martabak, piza, bakso, ayam, nasi goreng, burger, seblak, mi, dan sate. “Orang Indonesia menyukai martabak. Ada tujuh juta pesanan martabak tahun lalu,” kata Hadi Surya Koe Head of Marketing GrabFood Grab Indonesia Hadi Surya Koe saat konferensi pers virtual bertajuk GrabNext, Jumat (6/8/2021).

Menurut dia, informasi tersebut berdasarkan data internal GrabFood. Selain itu, merujuk pada penelitian secara online terhadap 12.937 responden oleh NielsenIQ untuk Grab di Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Lalu, data itu berdasarkan wawancara dengan ahli yang dilakukan oleh NielsenIQ untuk Grab di enam negara. Ada 14 narasumber yang diwawancarai selama 15 April hingga 10 Mei. Selain itu, merujuk pada diskusi kelompok.

Baca juga :   Ada 6.000 Siswa Ikut Kompetisi “Ilmupedia Berani Jawab Season 3” Dan Ini Pemenangnya

Dia juga mengungkapkan, di Indonesia, pesanan paling banyak terjadi saat sarapan, terutama Pukul 09.00 – 10.00. Rata-rata anggaran konsumen pada waktu ini Rp 25 ribu – Rp 27 ribu.

Atas dasar itu, Grab menyarankan para mitra membuka toko online sebelum Pukul 09.00 karena permintaan meningkat. Selain itu, buat menu sarapan yang sederhana, sehingga cepat disajikan. “Pertimbangkan untuk menawarkan setidaknya lebih dari satu paket yang terdiri dari menu utama dan minuman seperti teh atau kopi,” kata Hadi.

Kemudian, Grab mencatat, orang Indonesia memesan lebih dari 42 juta hidangan berbahan dasar ayam saat makan siang sepanjang tahun lalu. “Pertimbangkan minuman untuk menemani paket makan siang,” ujar Hadi.

Kemudian rerata anggaran makanan saat makan malam di Indonesia rerata Rp 37 ribu – Rp 39 ribu. Ini karena produk kuliner yang dipesan rata-rata untuk tiga hinga empat orang. “Hanya satu dari 10 orang yang memesan makan malam untuk dirinya sendiri,” katanya. Pemesanan paling tinggi terjadi pada Pukul 18.00 – 19.00.  “Konsumen lebih ingin mencoba makanan berbeda saat makan malam. Ini waktu yang tepat untuk menawarkan menu baru,” ujarnya.

Pada saat santai sore, pengeluaran konsumen rata-rata Rp 26 ribu – Rp 28 ribu. Minuman yang banyak dipesan yaitu teh susu cokelat hazelnut, kopi susu, es teh, kopi susu gula aren, es susu boba gula merah, dan es jeruk. “Teh susu cokelat hazelnut dipesan setiap 10 detik selama santai sore sepanjang tahun lalu,” kata Hadi. Sedangkan makanan yang laris yakni mi goreng pedas, udang rambutan, ayam geprek, siomay, udang keju, ayam goreng pedas, kentang goreng, dan ayam bakar. Lepas makan malam, rerata konsumen mengeluarkan Rp 22 ribu – Rp 24 ribu untuk memesan makanan. Minuman yang sering dipesan di antaranya es teh, es jeruk, teh susu, dan es krim.

Baca juga :   Grab Hadirkan Berbagai Fitur AI Untuk Permudah Layanan Bagi Pengguna dan Mitra

Makanan yang paling laris pada periode itu yakni nasi goreng ayam, ayam goreng, kentang goreng, burger daging sapi, ayam popcorn pedas, lontong, dan sate ayam. Grab menyarankan mitra memberikan promosi di luar jam sibuk Pukul 15.00 – 17.00 saat akhir pekan. “Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak pesanan di luar jam sibuk, akhir pekan merupakan waktu yang baik untuk memulai,” ujar Hadi.

Riset Euromonitor International menunjukkan, Grab menjadi pilihan utama konsumen untuk layanan transportasi digital seperti taksi dan ojek online. Decacorn asal Singapura ini juga memimpin di bisnis pesan-antar makanan lewat GrabFood. Euromonitor International menentukan posisi aplikasi berdasarkan nilai transaksi alias gross merchandise value (GMV) tahun lalu di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam.

Baca juga :   GrabFood Signature, Upaya Grab Menjamu Pelanggan

STEVY WIDIA

Tags: GrabGrabFoodGrabFood IndonesiaGrabNexttransaksi pesan-antar makanan
Previous Post

Gojek, Tokopedia dan Shopee Beri Apresiasi Bagi Kontingen Indonesia Olimpiade Tokyo 2020

Next Post

Peran Startup Semakin Krusial Dalam Menggerakan Perekonomian Nasional

Related Posts

Grab Hadirkan Berbagai Fitur AI Untuk Permudah Layanan Bagi Pengguna dan Mitra
Headline

Grab Raup Keuntungan Tertinggi Sejak Bisnis Berdiri

5 Agustus 2025
0
Grab-OVO Hadirkan Teknologi AI Untuk Pantau Operasional MBG Mitra UMKM
News

Grab-OVO Hadirkan Teknologi AI Untuk Pantau Operasional MBG Mitra UMKM

26 Juni 2025
0
Grab Operasikan 20 Unit Mobil Listrik di Bandara Soeta
News

Dorong Transisi Menuju Transportasi Rendah Emisi Lewat Perluasan Armada GrabElectric

10 Juni 2025
0
Load More
Next Post
startup

Peran Startup Semakin Krusial Dalam Menggerakan Perekonomian Nasional

Talenta digital

Pelaku Usaha Perlu Memaksimalkan On Boarding Go Online UMKM Di Masa Pandemi

Bukalapak CEO

Bukalapak Resmi Tercatat di BEI, Invesor Sambut Antusias

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version