youngster.id - Pihak Tokopedia dan ShopTokopedia mengklaim, transaksi penjual yang berpromosi melalui live streaming di TikTok mengalami kenaikan signifikan, yaitu rata-rata 30 kali lipat.
Oleh karena itu, Tokopedia dan ShopTokopedia mengajak sebanyak-banyaknya pelaku usaha memanfaatkan fitur LIVE atau live streaming di TikTok untuk meningkatkan transaksi perdagangan daring sekaligus perekonomian di Indonesia.
Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto mengatakan, demi membantu pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM memajukan dan mengembangkan bisnis serta mencapai lebih di era ini, pihaknya mendorong penjual untuk memanfaatkan short video hingga live streaming dalam hal promosi.
“Kita berada di era discovery e-commerce di mana konten promosi berupa video, baik short video maupun live streaming, bisa memberikan pengalaman yang lebih menarik dan akhirnya mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli. Layanan kami sudah bisa dijangkau oleh lebih dari 200 juta pengguna yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Artinya, jutaan penjual di platform kami punya potensi yang sangat besar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan lewat jangkauan pengguna kami,” papar Melissa, dalam acara ShopTokopedia & Tokopedia Summit, dikutip Kamis (16/1/2025).
Menurut Melissa, sinergi yang makin kuat antara Tokopedia dan ShopTokopedia melahirkan banyak inisiatif kolaboratif yang membawa berbagai dampak positif. Beli Lokal, misalnya, etalase khusus produk dari brand lokal ini membantu menaikkan penjualan UMKM sebesar 70%. Kampanye khusus Ramadan Ekstra Seru, di sisi lain, bisa menaikkan penjualan UMKM sebesar 2 kali lipat
Sinergi tersebut juga membawa kenaikan transaksi yang signifikan. Peningkatan nilai transaksi di kedua platform naik berkat Promo Guncang dengan rata-rata lebih dari 27 kali lipat. Bahkan, sebuah riset menunjukkan, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia secara keseluruhan berhasil meningkatkan pendapatan UMKM sebesar 95%.
“Platform, pelaku usaha, media, kreator, pemerintah, dan mitra strategis lain, sama-sama menyumbang kontribusi yang signifikan terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, khususnya lewat platform digital Tokopedia dan ShopTokopedia,” tambahnya.
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Iqbal Shoffan Shofwan, M.Si. mengatakan, pelaku usaha adalah motor penggerak ekonomi. Integrasi yang kuat antar berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk membawa pelaku usaha kita naik kelas.
“Kami sangat mengapresiasi penyelenggaraan ShopTokopedia & Tokopedia Summit, yang memberikan pemahaman komprehensif bagi pelaku usaha termasuk pelaku usaha dan juga kreator, untuk makin relevan dengan perkembangan era digital yang begitu pesat, lewat ruang diskusi, pemaparan para pakar, serta kelas bisnis online dengan materi yang sangat beragam. Upaya ini diharapkan bisa makin memperkaya keterampilan pelaku usaha, mempercepat laju pertumbuhan usaha, dan mewujudkan ekonomi nasional yang kuat, inklusif, dan berkelanjutan,” ujar Iqbal.
Bersama TikTok, Tokopedia dan ShopTokopedia menciptakan ekosistem baru yang lebih kuat dan lebih berdampak. Kekuatan penemuan TikTok berupa sistem rekomendasi terpersonalisasi, konten autentik, dan dukungan komunitas yang kuat, dapat dimanfaatkan oleh penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mencapai lebih.
Praktiknya, penjual bisa memperluas pasar dan meningkatkan penjualan dengan membuat sendiri konten video promosi di TikTok, atau bekerja sama dengan jutaan kreator di TikTok. Penjual yang berpromosi lewat short video di TikTok–baik yang dibuat sendiri oleh penjual maupun melibatkan affiliate content creator–mengalami peningkatan transaksi rata-rata 31 kali lipat.
Bahkan, salah satu penjual batik di Jawa Tengah mengalami peningkatan omzet puluhan kali lipat di ShopTokopedia setelah memanfaatkan berbagai fitur, termasuk fitur LIVE dan short video di TikTok bahkan selama 24 jam.
“Kami akan terus memperkuat sinergi untuk membawa lebih banyak dampak positif bagi Indonesia, baik melalui inovasi, seperti pusat penjual terintegrasi, program afiliasi, dan solusi pemasaran yang lebih menguntungkan, maupun kampanye untuk mendorong kemajuan pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM, melalui Beli Lokal, Promo Guncang, dan yang akan hadir sebentar lagi, Ramadan Ekstra Seru,” tutup Melissa.
STEVY WIDIA