youngster.id - Kedatangan wisatawan asing di Indonesia melonjak 18,20% year-on-year pada Juni 2025, meningkat dari pertumbuhan 14,01% pada bulan sebelumnya. Peningkatan juga terjadi di Kawasan ASEAN, dengan Malaysia menjadi negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara di kuartal pertama tahun 2025, dengan 10,1 juta kunjungan. Thailand berada di posisi kedua dengan 9,55 juta kunjungan, diikuti Vietnam (6 juta) dan Singapura (4,31 juta).
Tren positif ini mendorong MOVE, aplikasi perjalanan terkemuka di Asia Tenggara meluncurkan Discover ASEAN, sebuah microsite terpadu yang dirancang untuk mempermudah dan membuat mobilitas lintas negara di kawasan ini lebih terjangkau. Berkolaborasi dengan ASEAN Tourism Association (ASEANTA), inisiatif ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk mendorong integrasi dan konektivitas pariwisata regional melalui pendekatan digital.
CEO MOVE, Nadia Omer menyampaikan, microsite ini menjadi gerbang digital untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pariwisata di negara-negara Asean, sekaligus menegaskan peran MOVE dalam kemitraan strategis menuju transformasi digital.
“Sebagai OTA yang lahir di Asean, kami berkomitmen untuk terus mendorong kemajuan sektor perjalanan dan pariwisata di kawasan ini, bersama para pemangku kepentingan utama. Kami berharap Discover Asean akan mempermudah para wisatawan untuk menjelajahi lebih banyak destinasi di Asia Tenggara, dengan produk perjalanan yang inklusif dan terjangkau bagi siapa pun,” katanya dikutip Sabtu (9/8/2025).
Microsite ini menyajikan informasi lengkap tentang destinasi di tiap negara Asean, termasuk kuliner lokal, aktivitas, persyaratan dokumen perjalanan, tips kesehatan dan keselamatan, serta terintegrasi dengan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel di aplikasi MOVE.
Menurut Nadia, seluruh konten yang tersedia di dalam microsite ini bersumber dari portal resmi Visit Southeast Asia, yang telah dikurasi oleh National Tourism Organisations (NTOs) negara-negara anggota ASEAN, serta editorial eksklusif yang dikembangkan oleh tim MOVE.
Terobosan ini mencerminkan komitmen berkelanjutan dari MOVE, dalam meningkatkan pengalaman wisata regional dan mempromosikan Asia Tenggara ke mata dunia. Kehadiran microsite ini mengejawantahkan misi MOVE untuk turut berkontribusi dalam membangun kawasan Asean yang lebih terbuka, tangguh, dan siap menghadapi tantangan global melalui semangat kolaborasi,” pungkasnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post