Sabtu, 27 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tren Wisata Bergeser, Orang Lebih Mencari Pengalaman dan Nilai Emosional

24 Juli 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Tren Wisata Bergeser, Orang Lebih Mencari Pengalaman dan Nilai Emosional

Talkshow "Peluang Bisnis di Musim Liburan Sekolah” diinisiasi GDP Venture. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Di tengah tekanan ekonomi global dan laju inflasi di depan mata, masyarakat Indonesia masih menunjukkan antusiasme tinggi terhadap kegiatan hiburan dan budaya. Minat tinggi terutama pada kegiatan wisata yang mengedepankan pencarian pengalaman dan nilai emosional.

Co-Founder tiket.com, Gaery Undarsa, menilai bahwa tren perjalanan domestik justru tumbuh di tengah perlambatan ekonomi global. Sebelumnya, setelah pandemi Covid-19 mereda, masyarakat berlomba-lomba bepergian ke luar negeri. Kini, sejak akhir 2024 tren destinasi domestik menjadi pilihan utama.

“Kebutuhan masyarakat untuk tetap melakukan perjalanan berpadu dengan dorongan untuk berhemat menjadi alasan utama pergeseran tersebut. Jadi masyarakat tetap pengin travel tapi juga save,” katanya pada acara Power Lunch yang diinisiasi GDP Venture, Rabu (23/7/2025) di Jakarta.

Gaery mengungkapkan, data tiket.com menunjukkan transaksi selama liburan sekolah 2025 tumbuh 54% dibanding pertengahan tahun sebelumnya. Kenaikan ini didorong oleh lonjakan pemesanan tiket pesawat sebesar 38%, akomodasi hingga 79%, dan atraksi (Things to Do/TTD) sebesar 45%.

Baca juga :   Kini Tren Bayar Zakat Via Online

Kota-kota seperti Bali, Yogyakarta, Medan, dan Surabaya menjadi destinasi domestik favorit, sedangkan Singapura, Tokyo, dan Thailand mendominasi destinasi luar negeri.

Kegiatan budaya juga menjadi pilihan masyarakat. Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Ardian mengungkapkan, data dari Galeri Indonesia Kaya menunjukkan terjadi peningkatan pengunjung sejak April 2025.

Jumlah pengunjung naik dari 6.880 orang pada April menjadi 11.994 pada Mei, kemudian melonjak ke 15.583 pada Juni, dan telah mencapai 12.253 orang hanya dalam separuh bulan Juli.

“Lonjakan ini mencerminkan meningkatnya minat terhadap aktivitas berbasis pengalaman yang relevan dengan nilai budaya,” kata Renita.

Hal senada juga disampaikan Suwandi Ahmad Chief Data Officer Lokadata.id. Menurut dia, survei terbaru Lokadata juga menunjukkan peningkatan willingness to pay di kelompok menengah atas, terutama untuk pengeluaran yang berorientasi pada pengalaman dan belanja non-makanan.

Baca juga :   JAFF 2022 Dibuka Dengan Antologi 10 Film Pendek Karya 10 Sineas Muda Indonesia

“Tren tersebut mencerminkan perubahan pola konsumsi masyarakat Indonesia yang makin bergeser ke arah pengalaman dan nilai emosional. Sekarang bukan hanya soal destinasi, tetapi bagaimana pengalaman itu dikemas dan dijual secara visual, dalam wujud cerita yang layak diunggah,” ucapnya.

Suwandi menilai, kebutuhan berbagi pengalaman menciptakan peluang bisnis besar. Industri pariwisata, event organizer, dan konten kreator kini harus memenuhi ekspektasi penonton yang menginginkan hiburan seru, visual menarik, dan cerita otentik.

Dengan tetap kuatnya minat terhadap budaya dan hiburan, pelaku industri perlu membaca ulang lanskap konsumen saat ini. Prioritas terhadap kebersamaan, pengalaman otentik, serta kebutuhan berekspresi menjadi kunci utama dalam merancang produk dan layanan yang relevan dengan semangat zaman.

Baca juga :   Tiket.com Hadirkan Sentra Vaksinasi Perdana Bagi Peserta 18+ di DKI Jakarta

“Terjadi lonjakan perjalanan domestik seiring meningkatnya konsumsi online-offline, serta naiknya minat pada layanan berbasis pengalaman. Hal ini menciptakan peluang signifikan bagi pelaku industri pariwisata, transportasi, ritel, hiburan, dan gaya hidup,” katanya.

Dari sisi dokumentasi momen perjalanan, platform SweetEscape mencatat peningkatan permintaan pemotretan liburan hingga 35% sepanjang musim libur sekolah.

“Permintaan tertinggi datang dari destinasi keluarga populer, baik di dalam maupun luar negeri, dengan Bali, Paris, dan Singapura sebagai tiga teratas,” kata David Soong selaku CEO SweetEscape.

Bali menjadi kota dengan performa terbaik dalam daftar “Top Cities Performance” SweetEscape, dengan skor naik dari 74 pada 2024 menjadi 95 pada 2025. Selain untuk dokumentasi keluarga, permintaan juga banyak datang dari pelancong yang menghadiri festival, konser, atau momen istimewa bersama komunitas.

 

STEVY WIDIA

Tags: Bakti Budaya Djarum FoundationGDP VentureLokadata.idSweetEscapeTiket.comtren wisata
Previous Post

Dukung Industri 4.0 dan Transformasi Digital, Rittal Indonesia Bangun Showroom Pusat Data

Next Post

Platform Rekrutmen Ini Gunakan AI Untuk Jembatani GenZ dan UMKM

Related Posts

pariwisata Indonesia
Headline

Pariwisata Indonesia Alami Kalibrasi di Tahun 2025

23 Desember 2025
0
Jagoan Pariwisata 2025
Headline

tiket.com dan Kemenpar RI Umumkan Pemenang Jagoan Pariwisata 2025

25 November 2025
0
tiket.com x Kemenpar
News

tiket.com dan Kemenpar RI Dorong Wisata Domestik Akhir Tahun Lewat Kampanye BBWI

19 November 2025
0
Load More
Next Post
Endeavor Indonesia

Platform Rekrutmen Ini Gunakan AI Untuk Jembatani GenZ dan UMKM

Kolaborasi Lintas Sektor Dorong Percepatan  Transformasi Digital Indonesia

Kolaborasi Lintas Sektor Dorong Percepatan Transformasi Digital Indonesia

Lintasarta Bangun Ekosistem Startup Kecerdasan Buatan Lewat Semesta AI

Lintasarta Bangun Ekosistem Startup Kecerdasan Buatan Lewat Semesta AI

Discussion about this post

Recent Updates

Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version