Kamis, 30 Maret 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

UMKM Wajib Catat, Ini Lima Ide Jualan di Bulan Puasa dan Tips Bisnis Online

11 Maret 2023
in Analyze, Headline
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia

UMKM Wajib Catat, Ini Lima Ide Jualan di Bulan Puasa dan Tips Bisnis Online (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Ramadan atau bulan puasa menjadi momen yang dinantikan banyak masyarakat Indonesia, tak terkecuali para pelaku usaha atau penjual.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan, berdasarkan data internal Tokopedia, selama Ramadan 2022 terdapat peningkatan jumlah product page view sebesar 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77% dibandingkan Ramadan 2021.

“Animo tinggi masyarakat untuk belanja saat bulan puasa bisa menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk memaksimalkan strategi jualan online di Tokopedia agar penjualan meningkat pesat,” kata Nuraini, Kamis (9/3/2023).

Untuk itu, Nuraini membagikan lima tips bagi para pelaku usaha agar bisa meningkatkan penjualan online dengan optimal di bulan puasa.

  1. Cari tahu produk yang sedang laris untuk ide jualan online di bulan puasa

Melakukan riset untuk melihat produk yang paling diminati masyarakat, khususnya selama bulan puasa, sangat penting dilakukan oleh pelaku usaha.

“Para penjual bisa memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia. Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering dicari atau digunakan pembeli, hingga produk yang terpopuler berdasarkan daerah dan kategori,” jelas Nuraini.

Baca juga :   Bentuk Mahasiswa Jadi Pemimpin Masa Depan dengan Orientasi SDGs

Data internal Tokopedia mencatat produk seperti kartu ucapan, hampers atau parsel kue kering dan perlengkapan rumah tangga, seperti bantal dan guling, menjadi beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat selama bulan puasa atau Ramadan 2022.

  1. Percantik halaman toko dan produk untuk memikat lebih banyak pembeli

Halaman toko dan produk yang menarik berpotensi membuat pembeli semakin tertarik mengeklik. Penjual bisa menggunakan fitur Dekorasi Toko untuk mempercantik tampilan tokonya di Tokopedia agar menarik lebih banyak pembeli.

“Fitur Dekorasi Toko di Tokopedia menyediakan template khusus yang sudah didesain sesuai dengan fungsi dan kebutuhan setiap kategori penjual. Misalnya, template untuk toko penjual fashion akan berbeda dengan penjualan elektronik atau makanan dan minuman,” kata Nuraini.

Baca juga :   6 Tips Menggunakan Aplikasi Online Dating Yang Bijak dan Aman

Dia menambahkan bahwa selain halaman toko, halaman produk pun penting diperhatikan para penjual. Foto produk harus jelas dan menampilkan kelebihannya. Judul dan deskripsi produk juga harus lengkap supaya semakin informatif dan mengakomodasi pertanyaan dari para calon pembeli.

  1. Aktifkan promo bebas ongkir favorit pembeli

Berdasarkan data internal Tokopedia, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir. Karenanya, penjual dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir untuk meningkatkan penjualan bahkan menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh penjuru di Indonesia, khususnya selama bulan puasa.

  1. Jual produk parsel Ramadan

Sepanjang Ramadan 2022, penjualan parsel di Tokopedia tercatat melonjak hampir 2x lipat. Pada Ramadan tahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan lewat halaman khusus Parsel Ramadan di Tokopedia.

“Pelaku usaha yang menjual parsel Ramadan sangat disarankan untuk memasukkan produk yang paling populer di toko mereka ke dalam paket parsel yang akan dijual. Penjual juga bisa mengombinasikannya dengan produk serupa atau komplementer dalam parsel tersebut,” saran Nuraini.

Baca juga :   Kedai Sayur Luncurkan Layanan Business-to-Consumer

Selanjutnya, penjual bisa menggunakan fitur Pelengkap Produk untuk menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus untuk mempermudah pembeli.

  1. Manfaatkan TopAds Tokopedia Marketing Solutions untuk promosi

Penjual bisa memanfaatkan kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions, seperti TopAds. “TopAds adalah fitur beriklan di Tokopedia agar produk penjual bisa tampil teratas di halaman pencarian,” jelas Nuraini.

Fitur ini terbukti mampu memaksimalkan hasil pemasaran para pelaku usaha di Tokopedia. Diet Special Needs, misalnya, mengalami peningkatan kunjungan toko hingga 10x lipat dibandingkan sebelum memakai TopAds Tokopedia (data Maret 2022).

Tokopedia juga menyediakan berbagai materi edukasi yang relevan seperti #SIAPRAMADAN2023 untuk membantu pelaku usaha memaksimalkan penjualan selama bulan puasa. Informasi lain terkait mengembangkan usaha juga dapat dipelajari secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia.

 

STEVY WIDIA

Tags: ide jualan di bulan Puasapelaku usaha UMKMtips bisnis online
Previous Post

Mitra Bukalapak Ajarkan Strategi Pengembangan Bisnis ke Ratusan Warung di Malang

Next Post

Kolaborasi Link Net dan TEA Networks Hadirkan Layanan Wi-Fi Generasi Terbaru di Rumah

Related Posts

Baskit
Headline

Startup Rantai Pasok Baskit Raih Pendanaan Rp23,4 Miliar

30 Maret 2023
0
Riset LPEM UI mengenai Kontribusi GoTo
Headline

Kontribusi GoTo Terhadap Perekonomian Nasional Capai Rp428 Triliun?

29 Maret 2023
0
Live Selling
Headline

Live Selling Jadi Strategi Menjanjikan Bagi Para Shipper

29 Maret 2023
0
Load More
Next Post
Link Net x TEA Networks

Kolaborasi Link Net dan TEA Networks Hadirkan Layanan Wi-Fi Generasi Terbaru di Rumah

DANA

Permudah Akses Pembayaran Nontunai, DANA Gandeng Alfamart

WIR Face Recognition

Integrasi Fitur Face Recognition dan AI Dorong Potensi Transformasi Bisnis di Berbagai Sektor

Discussion about this post

Berita Terbaru

Interplay Smart Home+

Interplay Smart Home+, Living Lab Bagi Para Inovator Kembangkan Solusi Digital

30 Maret 2023
0
Baskit

Startup Rantai Pasok Baskit Raih Pendanaan Rp23,4 Miliar

30 Maret 2023
0
Telkom-ITDRI x Huawei

Telkom-ITDRI bersama Huawei Luncurkan Interplay Smart Home+ di Innovation Center

29 Maret 2023
0
Riset LPEM UI mengenai Kontribusi GoTo

Kontribusi GoTo Terhadap Perekonomian Nasional Capai Rp428 Triliun?

29 Maret 2023
0
Haleon x Halodoc

Kolaborasi Halodoc dan Haleon Hadirkan Layanan Mobile Clinic

29 Maret 2023
0
TeraBox

Garap Pasar Indonesia, TeraBox Luncurkan Program “Ramadan Referral”

29 Maret 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version