Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Untuk Tingkatkan Bisnis Mitra Tokopedia Fokus Pada 21 Jenis Produk Digital

14 April 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Mitra Tokopedia

Mitra Tokopedia. (Foto: istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia terus mendorong para pelaku usaha terutama mikro, kecil dan menengah untuk mengadopsi digital. Untuk mengupayakan keberlanjutan bisnis UMKM maka para Mitra Tokopedia digiring untuk fokus pada 21 jenis produk digital yang lebih spesifik.

Head of Mitra Tokopedia Carlo Yudhistira Praditya  mengatakan, di aplikasi Mitra Tokopedia, persentase pengguna produk digital (pulsa, paket data, game voucher, token listrik dan lain-lain) jauh lebih tinggi dibandingkan produk grosir (sembako dan produk fisik lainnya).

“Melihat data tersebut, kami memutuskan untuk menyesuaikan bisnis kami dengan mengeliminasi fitur pembelian Produk Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia, dan fokus memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk menjual 21 jenis produk digital dengan harga kompetitif, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan lebih,” kata Carlo dalam jumpa pers virtual, Kamis (13/4/2023).

Baca juga :   Aplikasi Ijen Blue Fire, Aplikasi Untuk Pendaki Gunung di Jatim

Sebanyak 21 jenis produk digital tersebut dibagi atas tiga kategori. Pertama pembelian yang mencakup lima produk seperti pulsa dan voucher game. Kedua, dompet digital, yang mencakup tiga produk seperti saldo dompet Gojek dan top up GoPay. Ketiga, pembayaran yang mencakup 13 produk seperti Tagihan Tokopedia dan PDAM.

“Penyesuaian bisnis Mitra Tokopedia ini sejalan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu grup GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang,” ujar Carlo.

Ia menambahkan selain memberikan manfaat kepada individu dan pemilik usaha, Mitra Tokopedia juga terus berupaya membantu masyarakat yang masih menghadapi tantangan dalam mengakses produk digital.

“Penyesuaian bisnis Mitra Tokopedia ini sejalan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu grup GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang,” kata Carlo.

Baca juga :   Sinar Mas Land Dan DANA Bangun Sistem Pembayaran Digital UMKM

Menurut Carlo, selain memberikan manfaat kepada individu dan pemilik usaha, Mitra Tokopedia juga terus berupaya membantu masyarakat, yang masih menghadapi tantangan dalam mengakses produk digital.

Hasilnya masyarakat di lebih dari 700 kota dan kabupaten di Indonesia bisa mengakses berbagai produk digital –seperti pulsa, paket data, game voucher, token listrik, tagihan BPJS, biaya pendidikan dan produk digital lainnya– melalui individu atau pemilik usaha yang bergabung di Mitra Tokopedia.

“Biaya pendidikan, internet dan TV kabel, serta E-Samsat merupakan sejumlah produk digital dengan pertumbuhan paling pesat di Mitra Tokopedia pada kuartal I-2023 dibandingkan dengan periode yang sama di 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir empat kali lipat,” kata Carlo.

Baca juga :   Peran Anak Muda dan Startup dalam Mendukung Transformasi Teknologi Hijau Berkelanjutan

Berkat upaya ini, salah seorang Mitra Tokopedia Aditya Hermawan Sanjaya  bisa meraup omzet warung hingga belasan juta rupiah per hari.

“Saya juga memberdayakan ribuan warga sekitar untuk juga berjualan produk digital. Mulai dari pembayaran e-Samsat hingga PBB, agar warga tidak perlu pergi terlalu jauh lagi untuk mengakses layanan publik tersebut,” ujarnya.

Selama bulan Ramadhan ini, Mitra Tokopedia menghadirkan kampanye KETUPAT (Kembali Untung Dahsyat), untuk mengapresiasi individu maupun pelaku usaha yang memanfaatkan Mitra Tokopedia, dengan total hadiah hingga Rp100 juta.

 

STEVY WIDIA

Tags: GoToMitra Tokopediaproduk digitalUMKM
Previous Post

Kini Ada Asuransi Proteksi Untuk Yang Gemar Belanja Online

Next Post

Gelar Program Deliver Care, Lalamove Gandeng BAZNAZ DKI Kirimkan Bantuan ke Panti Asuhan

Related Posts

Usaha Ultra Mikro Perempuan
Headline

Kementerian UMKM Gelar Startup Acceleration Program 2025

3 September 2025
0
Amartha Bertranformasi Menjadi Layanan Keuangan Digital
Headline

Amartha Bertranformasi Menjadi Layanan Keuangan Digital

27 Agustus 2025
0
Alibaba.com Buka Peluang Ekspor Bagi Pelaku UMKM Indonesia
Headline

Alibaba.com Buka Peluang Ekspor Bagi Pelaku UMKM Indonesia

27 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Deliver Care Lalamove

Gelar Program Deliver Care, Lalamove Gandeng BAZNAZ DKI Kirimkan Bantuan ke Panti Asuhan

Safari Ramadan Telkom - Jogyakarta

Safari Ramadan Telkom: Tinjau Lokasi Data Center hingga Pastikan Kesiapan Infrastruktur Telekomunikasi Jelang Idul Fitri 1444H

SheHacks 2023 Punya 3 Program Kurangi Kesenjangan Digital Perempuan Indonesia

SheHacks 2023 Punya 3 Program Kurangi Kesenjangan Digital Perempuan Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version