Untuk Tingkatkan Bisnis Mitra Tokopedia Fokus Pada 21 Jenis Produk Digital

Mitra Tokopedia

Mitra Tokopedia. (Foto: istimewa)

youngster.id - Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia terus mendorong para pelaku usaha terutama mikro, kecil dan menengah untuk mengadopsi digital. Untuk mengupayakan keberlanjutan bisnis UMKM maka para Mitra Tokopedia digiring untuk fokus pada 21 jenis produk digital yang lebih spesifik.

Head of Mitra Tokopedia Carlo Yudhistira Praditya  mengatakan, di aplikasi Mitra Tokopedia, persentase pengguna produk digital (pulsa, paket data, game voucher, token listrik dan lain-lain) jauh lebih tinggi dibandingkan produk grosir (sembako dan produk fisik lainnya).

“Melihat data tersebut, kami memutuskan untuk menyesuaikan bisnis kami dengan mengeliminasi fitur pembelian Produk Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia, dan fokus memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk menjual 21 jenis produk digital dengan harga kompetitif, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan lebih,” kata Carlo dalam jumpa pers virtual, Kamis (13/4/2023).

Sebanyak 21 jenis produk digital tersebut dibagi atas tiga kategori. Pertama pembelian yang mencakup lima produk seperti pulsa dan voucher game. Kedua, dompet digital, yang mencakup tiga produk seperti saldo dompet Gojek dan top up GoPay. Ketiga, pembayaran yang mencakup 13 produk seperti Tagihan Tokopedia dan PDAM.

“Penyesuaian bisnis Mitra Tokopedia ini sejalan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu grup GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang,” ujar Carlo.

Ia menambahkan selain memberikan manfaat kepada individu dan pemilik usaha, Mitra Tokopedia juga terus berupaya membantu masyarakat yang masih menghadapi tantangan dalam mengakses produk digital.

“Penyesuaian bisnis Mitra Tokopedia ini sejalan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu grup GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang,” kata Carlo.

Menurut Carlo, selain memberikan manfaat kepada individu dan pemilik usaha, Mitra Tokopedia juga terus berupaya membantu masyarakat, yang masih menghadapi tantangan dalam mengakses produk digital.

Hasilnya masyarakat di lebih dari 700 kota dan kabupaten di Indonesia bisa mengakses berbagai produk digital –seperti pulsa, paket data, game voucher, token listrik, tagihan BPJS, biaya pendidikan dan produk digital lainnya– melalui individu atau pemilik usaha yang bergabung di Mitra Tokopedia.

“Biaya pendidikan, internet dan TV kabel, serta E-Samsat merupakan sejumlah produk digital dengan pertumbuhan paling pesat di Mitra Tokopedia pada kuartal I-2023 dibandingkan dengan periode yang sama di 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir empat kali lipat,” kata Carlo.

Berkat upaya ini, salah seorang Mitra Tokopedia Aditya Hermawan Sanjaya  bisa meraup omzet warung hingga belasan juta rupiah per hari.

“Saya juga memberdayakan ribuan warga sekitar untuk juga berjualan produk digital. Mulai dari pembayaran e-Samsat hingga PBB, agar warga tidak perlu pergi terlalu jauh lagi untuk mengakses layanan publik tersebut,” ujarnya.

Selama bulan Ramadhan ini, Mitra Tokopedia menghadirkan kampanye KETUPAT (Kembali Untung Dahsyat), untuk mengapresiasi individu maupun pelaku usaha yang memanfaatkan Mitra Tokopedia, dengan total hadiah hingga Rp100 juta.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version