Rabu, 12 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Upaya Titipku Tetap Bertahan di Bisnis E-Grocery

3 Juni 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Titipku

Maksimalkan Pelayanan, Aplikasi Titipku Perluas Cakupan Pasar (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Belakangan ini sejumlah startup e-grocery yang menutup layanan atau lini bisnis. Namun startup Titipku tetap optimis bahwa bisnis penyedia bahan pokok berbasis digital masih dapat bertahan. Sejumlah strategi pun disiapkan untuk bertahan di bisnis ini.

CEO dan Founder Titipku Henri Suhardja mengatakan kembalinya aktivitas masyarakat di memang dipandang sebagai ancaman bagi usaha online grocery yang menjamur selama pandemi.

“Tak bisa dipungkiri bahwa masyarakat kembali belanja langsung ke pasar. Namun, saya melihat bahwa sekarang ini sudah ada tiga kelompok konsumen,” ujar Henri dalam keterangan resmi, Jumat (2/5/2023).

Kelompok pertama adalah kelompok yang kembali belanja langsung ke pasar. Kedua, adalah kelompok yang tetap belanja daring karena sudah merasakan kemudahannya.

Baca juga :   Gameloft dan Alibaba Hadirkan Asphalt 9: Legend di Game Selular

Kelompok ketiga adalah kelompok keluarga baru atau pekerja baru yang memilih belanja daring guna bisa fokus ke kerjaan atau newborn baby (keluarga). “Jadi, tetap akan ada yang belanja grocery secara daring,” tambah Henri.

Melihat pola konsumen ini, Henri merasa yakin dan optimis bahwa online grocery tetap potensial dan akan terus berkembang, baik di ranah nasional maupun global. Dia juga yakin adanya regenerasi konsumen yang lebih fasih digital.

“Online grocery ini akan terus meningkat karena saat ini masyarakat kita didominasi Milenial yang sudah fasih digital, dan kedepannya akan didominasi Gen Z yang memang menjadi digital native. Generasi ini lah yang akan punya pikiran kalau bisa belanja online ya belanja online aja,” jelasnya.

Baca juga :   Grab Gelar Program Pendanaan Tahap 3

Untuk itu Titipku melakukan adaptasi untuk mempertahankan bisnis, seperti berpindah dari bisnis model B2C ke B2B maupun mengadaptasi model bisnis omnichannel O2O (online to offline). Titipku juga beradaptasi dengan melebarkan sayap bisnis ke B2B2C model.

“Saat ini Titipku tidak hanya fokus ke pemenuhan kebutuhan konsumen rumahan, tapi juga fokus ke pemenuhan kebutuhan produk dagangan para pedagang di pasar maupun ke pemenuhan kebutuhan bahan pangan usaha hotel, restoran, dan kafe atau usaha horeka. Bedanya, Titipku tidak menggunakan sistem warehouse seperti kebanyakan usaha B2B ataupun O2O. Warehouse Titipku ya para pedagang pasar dan supplier produk bahan pokok itu sendiri,” ungkapnya.

Di Indonesia dua startup e-grocery yang bangkrut adalah Tumbasin dan Stoqo. Selain itu startup Brambang dan Bananas menutup opersional dan berencana pivot. Sedangkan Tanihub menutup layanan B2C, dan Sayurbox menutup toko offline dan bisnis di dua lokasi.

Baca juga :   Bukalapak Hadirkan Aplikasi Investasi Baru, BMoney

STEVY WIDIA

Tags: e-groceryonline grocerystartupTitipku
Previous Post

Alto Gandeng WhatsApp Commerce Untuk Dukung Pertumbuhan Bisnis UMKM

Next Post

Grab Janji Lindungi Konsumen dari Mitra Pengemudi Tak Profesional

Related Posts

Program Japan Thematic Fund, Kolaborasi Bisnis dan Platform Berkelanjutan Bagi Startup
Headline

Program Japan Thematic Fund, Kolaborasi Bisnis dan Platform Berkelanjutan Bagi Startup

6 November 2025
0
women in tech
Headline

InnovateHer Academy 3.0 Dukung Perempuan Kembangkan Startup Berdampak Sosial

5 November 2025
0
12 Startup Peserta Pertamuda Seed & Scare 2025 Langsung Dapat Investor
Headline

12 Startup Peserta Pertamuda Seed & Scare 2025 Langsung Dapat Investor

1 November 2025
0
Load More
Next Post
GrabElectric

Grab Janji Lindungi Konsumen dari Mitra Pengemudi Tak Profesional

Pemanfaatan Teknologi Dongkrak Naik Kualitas Pendidikan di Indonesia

JULO Luncurkan Fitur Biaya Pendidikan, Bidik 50 Juta Siswa

Binus University

Dua Bidang Ilmu Binus University Naik Peringkat QS World 2023

Discussion about this post

Recent Updates

Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
OYO SuperAgent

OYO Catat Pertumbuhan 10x Program Pemberdayaan Komunitas Lokal SuperAgent

11 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
OYO SuperAgent

OYO Catat Pertumbuhan 10x Program Pemberdayaan Komunitas Lokal SuperAgent

11 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version