youngster.id - Platform fintech untuk kreator dan merek UpBanx, mendapatkan pendanaan pre-seed senilai US$ 5,2 juta atau sekitar Rp 74,05 miliar.
Pendanaan ini dipimpin oleh Y Combinator, Alpha JWC, Alto Partners Multi-Family Office, Number Capital, UBI Capital, kreator kenamaan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, jaringan kreator besar Collab Asia dan Digital Rantai Maya (DRM), dengan partisipasi grup angel investor terkemuka.
Sebagai informasi, UpBanx merupakan platform fintech untuk kreator dan merek dari Indonesia, dan didirikan oleh veteran YouTube, Shopee, dan Google, Wafa Taftazani, bersama Hendri Wijaya dan Alif Jafar Fatkhurrohman. Hebatnya, setelah satu bulan pendirian resmi dan enam bulan beroperasi, UpBanx telah memiliki valuasi US$ 120 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun. Valuasi itu menjadikan UpBanx sebagai startup dengan kategori centaur tercepat sepanjang sejarah Indonesia.
Perlu diketahui, perusahaan centaur merupakan startup yang telah berhasil memperoleh nilai valuasi lebih besar dari US$ 100 juta hingga US$ 1 miliar atau sekitar Rp 1,45 triliun hingga Rp 14,48 triliun.
Menurut Wafa, yang bertindak sebagai CEO UpBanx, dana yang diperoleh dari putaran pendanaan perdana tersebut akan digunakan untuk mempercepat pengembangan produk dan pertumbuhan bisnis, memanfaatkan program akselerator kelas dunia Y Combinator dan keahlian industri fintech dari investor, pendiri berpengalaman, serta jangkauan besar Rans Entertainment. “Kami membangun UpBanx sebagai platform terintegrasi untuk ekonomi kreator dan lebih luasnya,” ucap Wafa, dalam keterangannya, dikutip Senin (3/1/2022).
Selain menyediakan solusi keuangan, lanjut Wafa, UpBanx juga akan memfasilitasi kolaborasi antara kreator dan pemilik merek. Dalam waktu dekat, pihaknya pun akan meluncurkan Web3 bagi para kreator dan pemilik merek untuk melibatkan penggemarnya dengan cara baru yang inovatif.
“Jadi kalau brand dan kreator bertemu, mereka bisa kunci kerja samanya di platform UpBanx langsung. Nanti akan kita fasilitasi seperti kontraknya semua digital, invoicing, purchase order, dan yang lain-lain,” pungkasnya.
Selama ini, untuk kebutuhan pendanaan bagi kreator dan brand, UpBank bekerja sama dengan PT BPR Sentral Mandiri, PT Modal Rakyat Indonesia dan Cashfazz.
STEVY WIDIA
Discussion about this post