Whatsapp Luncurkan Fitur Pendukung Bisnis Berbasis AI

Country Director Meta di Indonesia Pieter Lydiann pada WhatsApp Business Summit 2025 di Jakarta. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - WhatsApp menegaskan komitmen dalam mendukung bisnis di Indonesia dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan dan merealisasikan hasil kinerja bisnis yang optimal. Untuk itu diluncurkan inovasi berupa rangkaian alat perpesanan yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan menciptakan hasil bisnis yang lebih optimal, hingga masa depan berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Country Director Meta di Indonesia Pieter Lydiann mengungkapkan, 88% dari masyarakat Indonesia kini mengirimkan pesan kepada bisnis setiap minggunya. Aktivitas ini menempatkan Indonesia pada posisi terdepan secara global dalam hal komunikasi bisnis melalui pesan.

“Untuk itu WhatsApp terus menghadirkan berbagai fitur baru guna membantu bisnis di berbagai skala, sekaligus memberikan pengalmaan yang personal dan tepat waktu bagi pelanggan,” kata Pieter dalam gelar WhatsApp Business Summit 2025 Selasa (12/8/2025) di Jakarta.

Pieter menjelaskan, masyarakat Indonesia senang berinteraksi dengan bisnis melalui pesan, namun ada kalanya dukungan terbaik hanya bisa didapatkan melalui pembicaraan langsung. Oleh karena itu, kini bisnis yang menggunakan platform WhatsApp Business dapat menerima panggilan atau menghubungi pelanggan setelah mendapatkan izin terlebih dahulu.

“Dengan adanya WhatsApp business yang dilengkapi dengan fitur panggilan dan suara, WhatsApp berharap bahwa pemilik bisnis di Indonesia kini dapat merancang dan mengelola strategi pemasaran mereka sendiri di WhatsApp, Facebook, dan Instagram secara terintegrasi melalui Pengelola Iklan,” ungkapnya.

Fitur ini memungkinkan penggunaan materi kreatif, alur penyiapan, dan anggaran dalam satu platform terpusat. Setelah bergabung, bisnis dapat mengunggah daftar pelanggan lalu menentukan penempatan pesan pemasaran secara manual, atau memanfaatkan Advantage+ berbasis AI untuk mengatur anggaran secara otomatis di seluruh penempatan guna memaksimalkan kinerja.

Fitur baru di Tab Pembaruan WhatsApp kini telah digunakan oleh lebih dari 1,5 miliar orang setiap harinya. Oleh karena itu WhatsApp mendukung pertumbuhan bisnis dan kreator, termasuk fitur Iklan di Status, Saluran yang Dipromosikan, dan hingga Langganan Saluran. Fitur-fitur yang ditambahkan kedalam WhatsApp Business ini memungkinkan penggunaan materi kreatif, alur penyiapan, dan anggaran dalam satu platform terpusat dan menjadi lebih mudah.

Semua pembaruan ini akan diluncurkan secara bertahap dalam beberapa bulan mendatang, dan sepenuhnya terpisah dari percakapan pribadi pengguna di WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp Business gratis telah menjadi pilihan favorit yang digunakan setiap hari oleh para pelaku UMKM di Indonesia. Seiring pertumbuhan bisnis dan meningkatnya volume interaksi pelanggan, mereka kini dapat menggunakan aplikasi ini bersamaan dengan WhatsApp Business Platform tanpa perlu mengganti nomor telepon.

WhatsApp kini memudahkan bisnis di Indonesia untuk menyampaikan pesan-pesan penting ini secara cepat, memungkinkan platform berbagi pesan ini untuk mengirimkan notifikasi proaktif mengenai informasi paket dan status pengiriman kepada pelanggan yang memintanya.

Inovasi ini diklaim berhasil mengurangi respons dari agen layanan pelanggan atas pertanyaan umum dan berhasil meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 15 persen.

Meta berkomitmen untuk membangun masa depan interaksi manusia yang didukung kecerdasan buatan.

Fitur Business AI di WhatsApp kini tengah dalam tahap uji coba di sejumlah negara, dengan harapan seluruh bisnis di Indonesia nantinya dapat memanfaatkannya sebagai perluasan layanan mereka.

“Teknologi ini akan membantu bisnis dalam menangani percakapan dalam skala besar, memberikan rekomendasi produk dan mendukung penjualan di situs bisnis, serta menjawab pertanyaan para pelanggan,” pungkas Pieter.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version