youngster.id - Anak muda semakin tertarik membuka usaha rintisan. Mereka juga memanfaatkan platform digital, untuk meraih peluang bisnis, memperkenalkan usaha dan mendapatkan penghasilan. Untuk mendukung hal itu, YouTube mengajak mereka memanfaatkan fitur YouTube Shorts lewat kampanye tagar #SambilanCuan.
Pada kegiatan ini YouTube Indonesia mengajak kreator konten ternama Jerome Polin, Christie Basil dan Sonia Basil, berbagi cerita mereka mengembangkan bisnis lewat YouTube Shorts.
“YouTube Shorts jadi sarana kita belajar konten-konten apa yang disukai oleh audience yang mana merupakan bagian dari build brand awareness produk kita masing-masing. Kita jadi tau konten viral yang banyak disukai audience kita tuh gimana, cara storytelling yang menarik gimana, update trend produk dan banyak hal lagi, semua tersedia di YouTube Shorts,” tutur Christie dan Sonia dalam jumpa pers virtual, Senin (27/6/2022).
Christie dikenal dengan konten desainer gaun pengantin yang sering kali membagikan kisah seru lewat YouTube Shorts di balik pembuatan gaun dengan brand Vezzo Studio. Sedang Sonia kerap menceritakan perjalanan membuat berbagai kue uniknya Cakeology.
Lewat konsistensinya mengunggah konten menarik di YouTube Shorts, mereka pun berhasil terhubung dengan lebih banyak calon klien dari berbagai daerah hingga ke mancanegara yang tertarik dengan gaun rancangan serta kue dekorasi yang mereka pasarkan.
“Kita berdua mulai Youtube Shorts sejak tahun lalu, peningkatan penjualan kami langsung terasa hingga 4-5 kali lipat dibandingkan sebelumnya. Ini sebuah profit yang tak disangka, namun tentunya dibarengi dengan tantangan yang terus bermunculan. Salah satunya untuk terus mendapatkan kepercayaan dari para konsumen kita,” tambah Christie.
Sementara Jerome Polin yang kini mendirikan bisnis F&B Menantea mengatakan, awalnya konten edutainment menjadi fokus. Pemuda asal Surabaya ini banyak membagikan konten mengenai materi pelajaran matematika. Jerome juga sukses dengan mendirikan bisnis F&B Menantea.
“Tiga hal yang saya pelajari sebagai kreator untuk mempromosikan bisnis adalah orang saat ini menggunakan banyak jenis perangkat, kedua harus lebih sering menciptakan interaksi yang bermakna dengan mempermudah orang untuk menghubungi dan mendapatkan bantuan. Dan yang terakhir adalah bangun hubungan dengan orang melalui cerita yang relevan,” jelas Jerome.
Konsistensi mereka mengunggah konten menarik di YouTube Short berhasil membantu terhubung dengan lebih banyak calon klien dari berbagai daerah hingga ke mancanegara. Ketiganya menyarankan kepada para pelaku bisnis muda yang masih berproses menjalankan bisnisnya untuk terus mengeksplorasi dan belajar untuk terus menjadi lebih baik lagi.
STEVY WIDIA