Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

YukKulak, Bantu Pebisnis dan Ditributor Bertransformasi Digital

1 November 2021
in Headline, News
Reading Time: 3 mins read
YukKulak

Aplikasi YukKulak. (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Saat ini, penyedia solusi e-commerce dan perusahaan startup, mulai merambah ke segmen pasar retail. Mereka menyediakan IT platform untuk memberi kemudahan pada retailer membeli barang dagangannya dengan harga yang kompetitif, pengiriman barang dilakukan dengan cepat, dan pembayarannya secara digital. Mereka telah menjadi “Digital Distributor” yang handal, dan menjadi pesaing serius distributor.

Untuk itu, para supplier atau distributor pun dituntut inovatif dan memperkuat strategi bisnisnya dengan dukungan teknologi agar dapat memenangkan persaingan.

Menyikapi hal itu, perusahaan solusi distribusi yang telah berpengalaman belasan tahun di bidang Distribution Management System (DMS) PT Firmus Solusindo memperkenalkan YukKulak. Ini adalah platform untuk memudahkan para retailer belanja secara onlinedan solusi digital untuk memperkuat (empowering) bisnis para distributor.

“Sebagai penyedia solusi distribution management system (DMS) yang sudah belasan tahun berkecimpung di industri, kami melihat persaingan bisnis distribusi semakin ketat. Apalagi sekarang para penyedia solusi e-commerce dan perusahaan startup, mulai merambah ke segmen pasar retail. Untuk itu, kami meluncurkan YukKulak untuk membantu para distributor dalam melakukan transformasi bisnis,” ungkap Hadi Buntoro, Presiden Direktur PT Firmus Solusindo dalam keterangannya, Senin (1/11/2021).

Baca juga :   540 Ribu UMKM Buka Toko Online Gratis di TokoTalk

Dia menjelaskan, YukKulak adalah platform e-commerce B2B yang disiapkan untuk memudahkan retailer belanja online dengan fleksibel tanpa harus menunggu pelayanan distributor. Sistem ini adalah Closed Loop System, sehingga distributor dapat mengelola pelanggan di dalam jaringannya dengan mandiri (private). “Produk yang ditawarkan dapat di-custom sesuai karakteristik retailer: best buy product, harga, promosi yang berbeda, dapat ditawarkan kepada retailer yang berbeda, tergantung pada target market yang dibidik,” kata Hadi.

Selain itu, sistem ini telah disiapkan untuk multi-principal. Relasi bisnis dengan retailer, royalty program, dapat dikelola melalui point reward system yang telah ditanam pada sistem. Fitur Multi-Principal yang tertanam pada Closed Loop B2B mempermudah tim sales mengelola, memonitor dan mengevaluasi brand & product performance.

Melalui Closed Loop B2B, distributor dapat mengelola pemesanan online dengan lebih cepat, tepat dan menerapkan loyalty program yang menarik. Dengan akurasi tinggi, para pembuat keputusan dapat menentukan langkah strategis penetrasi pasar retail lebih luas.

Baca juga :   Trip.com Rilis Level Keanggotaan Baru

YukKulak akan mempercepat proses bisnis internal distributor, karena telah dilengkapi dengan back-end applications yang terintegrasi, dari supply chain management hingga financial accounting management. Tetapi, bila distributor telah memiliki back-end app sendiri, maka YukKulak dapat diintegrasikan ke dalam back-end app tersebut. Integrasi dapat dilakukan secara otomatis, M2M (machine to machine), semi-otomatis, dan manual, tergantung keterbukaan sistem di back-end app distributor.

Selain itu, YukKulak mempermudah mendapatkan data secondary sales dengan lebih cepat, akurat dan dengan biaya yang efektif. Principal dapat segera mengevaluasi strategi bisnis yang sedang berjalan, menemukan langkah korektif yang diperlukan, dan dengan segera dapat membuat perencanaan bisnis yang lebih akurat, lebih cepat dan lebih baik, sesuai dengan dinamika pasar.

“Jadi, ada tiga keunggulan utama dari YukKulak ini, yaitu: pertama, ada private B2B untuk mengelola komunitas pelanggan. Kedua, mendukung kinerja salesman lebih efisien dan efektif melalui Hybrid Sales mode. Ketiga, powerfull untuk memperluas customer based,” pungkas Hadi.

Baca juga :   Tren Melancong Milenial Jika ke Jogja

 Ada beberapa manfaat dan keuntungan bagi distributor yang implementasi YukKulak:

  • Pelanggan dapat mengirim order setiap saat, 24/7, fleksibel, mudah dan cepat.
  • Berdasarkan pengalaman pelanggan: dua bulan setelah implementasi, 15%-20% sales order datang dari YukKulak.
  • Mengurangi biaya penjualan, perjalanan dan pengeluaran lainnya, yang mencapai 10% dari total biaya penjualan.
  • Meningkatkan jangkauan operasional tim Hybrid Salesman.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan melalui point rewards, realtime update tentang status order, pengiriman dan piutang pelanggan.
  • Katalog produk mudah diakses pelanggan. Sistem cerdas menawarkan produk pilihan.
  • Meningkatkan proses bisnis internal, dan bisa diintegrasikan dengan sistem akunting Anda.
  • Analisa produk dan pelanggan untuk meningkatkan sales dan profit.
  • Harga dan promosi dapat diatur sesuai pelanggan atau grup pelanggan.
  • Meningkatkan brand image perusahaan – membangun komunitas bisnis sendiri.

 

STEVY WIDIA

Tags: Closed Loop B2BDistribution Management Systemdistributorplatform e-commerce B2BPT Firmus SolusindoretailerYukKulak
Previous Post

Menari Dapat Meningkatkan Kinerja Serta Menyehatkan Fisik dan Mental

Next Post

Beehive Drones Mulai Uji Coba Drone Logistik Medis Last-Mile Delivery di Sumenep

Related Posts

Firmus TAS
News

Firmus TAS, Solusi Inovatif Bagi Pabrikan Untuk Mendongkrak Penjualan

23 September 2022
0
GudangAda
Headline

Unilever dan Sido Muncul Bergabung di Platform GudangAda

1 Desember 2021
0
Lebarkan Sayap, Hitachi Vantara Gandeng Distributor Baru
News

Lebarkan Sayap, Hitachi Vantara Gandeng Distributor Baru

16 Maret 2021
0
Load More
Next Post
Beehive Drones

Beehive Drones Mulai Uji Coba Drone Logistik Medis Last-Mile Delivery di Sumenep

GIASS

OLX Autos Jadi Official Trade in Partner di GIIAS 2021

Shinta VR

Shinta VR Raih Pendanaan Pre-Series A, Akan Jadi Perusahaan Metaverse

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version