Daur Ulang Limbah Plastik Kini Lebih Cepat

Busana dari bahan daur ulang plastik. (Foto: ilustrasi/youngster.id)

youngster.id - Limbah plastik sebetulnya bisa didaur ulang. Namun untuk melakukannya, butuh proses yang panjang dan biaya yang besar dibanding daur ulang material lain. Untuk mengatasi kendala ini, ilmuwan University of Portsmouth, Inggris berhasil menciptakan teknologi khusus dengan membuat enzim yang mampu ‘memakan’ limbah plastik.

Diungkapkan, enzim bisa bekerja ‘menghabiskan’ material plastik hanya dalam waktu beberapa hari saja. Tentu metode ini sangat menakjubkan jika dibandingkan dengan daur ulang plastik yang biasanya menghabiskan waktu puluhan hingga ratusan tahun.

“Kami berharap enzim ini bisa mengubah material plastik kembali ke komponen aslinya, jadi kami bisa lebih mudah mendaur ulang dengan cepat. Ini artinya kami juga tidak perlu menghabiskan lebih banyak instrumen lain seperti minyak untuk menghabiskan proses daur ulang,” ungkapJohn McGeehan, pimpinan ilmuwan University of Portsmouth dilansir laman Ubergizmo baru-baru ini.

Menurut dia, mereka terinspirasi dari penemuan bakteri di Jepang pada 2016 yang secara alami mampu berevolusi untuk memakan material plastik dalam gundukan limbah.

Baca juga :   UI Kembangkan Inkubator Bisnis Startup Teknologi

Enzim tersebut untuk saat ini masih dalam tahap uji coba. Namun McGeehan mengklaim kalao metode ini akan rampung dalam waktu dekat.

STEVY WIDIA