Kunyit Ampuh Menghilangkan Polusi Dari Feses Ternak

Tim mahasiswa Undip yang melakukan KKN di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Semarang. (Foto: istimewa)

youngster.id - Selain menimbulkan bau tidak sedap kotoran ternak jika tak diurus dengan baik tentu akan mendatangkan masalah baru bagi lingkungan sekitar. Masalah itu menantang tim mahasiswa Universitas Diponegori (Undip) yang melakukan KKN di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Semarang.

Adalah Diyan Fitriyani dan Muhammad Fadel beserta rekan-rekannya, berhasil memecahkan persoalan tersebut dengan menggunakan tanaman kunyit.

Diyan mengungkapkan Kunyit atau curcuma domestica selain dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk ternak guna memperbaiki metabolisme dan antikembung bagi sapi, air kunyit ternyata mampu membunuh kuman-kuman dan menetralisir bau kotoran pada kandang ternak, seperti kandang ayam atau kandang sapi.

“Kunyit ini banyak manfaatnya, jadi disini kami menggunakan kunyit selain bisa menjadi makanan tambahan. Kunyit diketahui bisa juga bermanfaat memperbaiki metabolisme dan antikembung bagi sapi dan airnya bisa membunuh kuman hingga menetralisir bau tidak sedap dari kandang ternak,” kata Diyan yang dilansir Humas Undip baru-baru ini.

Menurut Diyan, selain bahan utama kunyit mudah didapatkan, cara pembuatan juga mudah. “Cara membuatnya cukup mudah, kunyit ditumbuk halus kemudian di rendam dengan air, lalu disaring, saringan pertama bisa digunakan sebagai campuran pakan atau minum untuk hewan ternak, saringan kedua yang tidak pekat dimanfaatkan untuk penghilang bau feses, masukkan di dalam botol penyemprot dan siap digunakan,” pungkas Diyan.

Baca juga :   Perempuan Indonesia Perlu Melek Digital


FAHRUL ANWAR