Tim Andeska UGM Ubah Pemanas Air Manual Jadi Produk IoT

Tim Andeska raih Best Technology Innovation pada ajang Modena Product Innovation Competition 2019. (Foto: UGM)

youngster.id - Tim Andeska dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan anggota Antonius Yonanda C.N. (Teknologi Informasi 2016), Daffa Bonzo, Helmi Haffiyan S. (Teknik Industri 2016), dan M. Sulthan Farras Nanz (Manajemen 2016) berhasil memperoleh Best Technology Innovation pada ajang Modena Product Innovation Competition 2019.

Pada kompetisi yang diselenggarakan oleh PT Modena Indonesia mereka memilih salah satu produk Modena untuk diinovasi. Dari produk waterheater, dispenser, freezer dan kompor, tim Andeska memilih Tankless Electric Waterheater. Hasil inovasi Tim Andeska adalah Flame19 berupa waterheater yang semula dikontrol dengan mekanis manual menjadi produk IoT (Internet of Things).

“Statistic Dashboard untuk melihat seberapa besar flow air, suhu air dan daya yang digunakan, Set Alarm untuk memberikan warning ketika sudah melebihi batas waktu penggunaan dan Emergency Call untuk mengatasi apabila ada keadaan darurat yang terjadi dikamar mandi,” jelas Yonanda.

Waterheater yang diinovasi ini juga diberi fitur Voice Command untuk melakukan perintah-perintah dengan suara Play Music untuk memberikan kenyamanan dengan musik. Selain itu, juga automation Thermostat yang secara otomatis dapat menentukan suhu berapakah yang ideal bagi konsumen.

Baca juga :   Booking.com Sponsori Women in Tech di Web Summit 2017

Hasil inovasi ini yang membuat mereka menjadi juara ajang Modena Product Innovation Competition 2019.

FAHRUL ANWAR