12 Film Panjang Lolos Seleksi Festival Film Indonesia 2020

Film Abracadabra karya Sutradara Faozan Rizal lolos kurasi FFI 2020. (Foto: istimewa)

youngster.id - Festival Film Indonesia 2020 mengumumkan daftar film cerita panjang yang lolos kurasi. Dasar penilaian utama di tahap seleksi masih berpegang teguh pada kualitas teknis dan estetika.

Proses seleksi ini dilakukan oleh para kurator yang terdiri dari pekerja film, akademisi dan jurnalis. Mereka adalah Nia Dinata, Nungki Kusumastuti, Prima Rusdi, Hera Diani, Makbul Mubarak, Tam Notosusanto, Rangga Wisesa dan Leila S. Chudori.

Nia Dinata mengatakan, dasar penilaian utama di tahap seleksi masih berpegang teguh pada kualitas teknis dan estetika. Selain itu, adalah profesionalisme kerja yang tercermin dari karya film dan orisinalitas cerita.

“Kami juga masih mengusung keberagaman, film-film yang akan terseleksi ada perspektif keberagaman, Bhinneka Tunggal Ika. Apa yang terjadi secara sosial di Amerika pasti mempengaruhi seperti Black Lives Matter, artinya kita sebagai manusia harus menghormati manusia tidak dari warna kulit, latar belakang, agama dan etnisitasnya. Keberagaman yang kita pertajam maksudnya adalah seperti itu. Film-film yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang setara akan kami pilih,” kata Nia dalam keterangan resmi FFI 2020, Selasa (6/10/2020).

Sebelumnya para kurator bersama komite seleksi dan penjurian telah menonton 65 film yang memenuhi persyaratan pendaftaran. Film Indonesia yang memenuhi syarat dan berhak mengikuti seleksi adalah film cerita panjang yang sudah pernah ditayangkan di Indonesia dalam periode 1 Oktober 2019 – 30 September 2020, baik tayang reguler di bioskop, pemutaran terbatas, screening khusus undangan, peserta seleksi festival film dalam negeri, atau pun tayang perdana di platform streaming (OTT) yang bisa diakses oleh publik.

Berikut Daftar Film Yang Lolos Kurasi FFI 2020 :

  1. ABRACADABRA – Sutradara: Faozan Rizal – Produksi: fourcolours films
  2. GURU-GURU GOKIL – Sutradara: Sammaria Simanjuntak – Produksi: Base Entertainment
  3. HUMBA DREAMS – Sutradara: Riri Riza – Produksi: Miles Films
  4. IMPERFECT: KARIER, CINTA & TIMBANGAN – Sutradara: Ernest Prakasa – Produksi: Starvision Plus
  5. ISTRI ORANG – Sutradara: Dirmawan Hatta – Produksi: Tumbuh Sinema Rakyat
  6. MEKAH I’M COMING – Sutradara: Jeihan Angga – Produksi: Dapur Film, MD Pictures
  7. MOUNTAIN SONG – Sutradara: Yusuf Radjamuda – Produksi: fourcolours films, ReelOne Project, Halaman Belakang Film
  8. MUDIK – Sutradara: Adriyanto Dewo – Produksi: Relate Films, Lifelike Pictures
  9. PEREMPUAN TANAH JAHANAM – Sutradara: Joko Anwar – Produksi: Base Entertainment, CJ Entertainment, Rapi Films, Ivanhoe Pictures.
  10. RATU ILMU HITAM – Sutradara: Kimo Stamboel – Produksi: Rapi Films
  11. SUSI SUSANTI LOVE ALL – Sutradara: Sim F. – Produksi: Damn! I Love Indonesian Movies,Oreima Films, East West Synergy
  12. THE SCIENCE OF FICTIONS – Sutradara: Yosep Anggi Noen – Produksi: KawanKawan Media, Angka Fortuna Sinema, Limaenam Films.

 

STEVY WIDIA

 

Exit mobile version