youngster.id - Pada masa ini, perdagangan berbasis digital merupakan kunci untuk membangun kembali pertahanan ekonomi. Mengikuti apa yang menjadi trend akibat pandemi, The Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE) akan menggelar Malaysia International Halal Showcase (MIHAS), pameran digital industri halal.
“Sebanyak 25 perusahaan lokal Indonesia siap berpartisipasi dalam MIHAS 2021 dengan tujuan untuk mengintegrasikan perusahaan Indonesia dalam rantai pasokan Halal global dengan bantuan KBRI di Malaysia,” kata Har Man Ahmad selaku Trade Commissioner MATRADE Jakarta dalam keterangan pers, Senin (6/9/2021).
Hadir dengan tema ‘Empowering Halal, Tomorrow, Together’ MIHAS 2021 akan berpusat pada 12 pilar utama, termasuk di dalamnya pendidikan, farmasi, penyedia jasa dan layanan, waralaba, fesyen, keuangan syariah, kosmetik dan produk perawatan pribadi, media dan rekreasi, pariwisata ramah muslim, e-commerce dan teknologi pangan.
CEO MATRADE MIHAS Mohd. Mustafa Abdul Azis mengatakan, MIHAS akan menjadi pelopor agenda digitalisasi untuk industri Halal dalam membawa pembeli, investor dan mitra dagang lainnya pada satu platform virtual. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi perdagangan Halal yang bernilai tinggi berbasis digital.
“Harapan kami tahun ini adalah dapat memperkuat posisi Malaysia sebagai pusat Halal global yang diikuti dengan kegiatan sukses lainnya di tengah situasi yang menantang ini,” kata Azis.
Sejak awal penyelenggaraannya di tahun 2004, acara pameran ini dipercaya sebagai wadah perdagangan Halal, di mana acara yang terselenggara pada tahun 2019 mampu menarik lebih dari 1.000 peserta pameran dari 44 negara yang berpartisipasi.
“MIHAS bertujuan untuk menjadi tuan rumah secara virtual dari berbagai kumpulan peserta pameran Halal, serta lebih dari 15.000 pembeli berskala internasional dan pengunjung perdagangan di seluruh ekosistem Halal, menjadikannya acara pameran Halal terbesar di dunia,” kata Azis lagi.
Acara MIHAS tahun ini akan diadakan dari 9 September hingga 31 Desember 2021. Dilengkapi dengan kemampuan digital, MIHAS memungkinkan para peserta pameran, pengunjung, dan partisipan dapat dengan bebas berjejaring melalui sesi mitra bisnis berbasis AI, terhubung dengan zona lintas waktu melalui obrolan langsung yang tersedia 24 jam dalam satu minggu.
STEVY WIDIA
Discussion about this post