3 Kota Ini Alami Peningkatan Jumlah UMKM Paling Tinggi di Tokopedia

Live Shopping

Live shopping di Tokopedia Play. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Antusiasme masyarakat dalam mendukung pegiat usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal, melalui platform Tokopedia semakin meningkat. Tokopedia mencatat ada 3 kota yakni Denpasar, Makassar dan Palembang yang mengalami peningkatan tertinggi jumlah penjual/UMKM di Tokopedia selama 2021.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho mengungkapkan, pertumbuhan ini didukung sederet inisiatif Hyperlocal Tokopedia sepanjang selama 2021 untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Contoh program turunan inisiatif Hyperlocal termasuk Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya. Selain itu, ada Digitalisasi Pasar Tradisional dimana Tokopedia bersama pemerintah mendigitalisasi pasar tradisional di berbagai kota. Contohnya, ada Pasar Pa’baeng-baeng Timur dan Pasar Kampung Baru di Makassar.

“Ke depannya, kami akan terus gencar berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal konsisten menemukan momentum di tengah pandemi untuk meraja di negeri sendiri,” kata Trian dalam keterangan pers, Jumat (15/1/2022).

Dia mengungkapkan, transaksi Rata-rata UMKM Denpasar melonjak 1,5 Kali lipat. Di kota ini produk kecantikan, makanan dan minuman, kesehatan dan perawatan diri merupakan beberapa kategori paling laris selama 2021. “Hal ini juga melatarbelakangi peningkatan transaksi rata- rata UMKM Denpasar menjadi lebih dari 1,5x lipat dibandingkan 2020,” ujar Trian.

Hal serupa juga terjadi di Makassar. Tokopedia mencatat kenaikan transaksi rata-rata UMKM Makassar menjadi lebih dari 2x lipat. Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, serta Kecantikan menjadi kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Makassar selama 2021 dibandingkan 2020.

Sementara di Palembang, kategori yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi sepanjang 2021 adalah Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, serta Fesyen. Bahkan ada lonjakan lebih dari 3x lipat pada transaksi rata-rata UMKM Palembang.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version