youngster.id - Memasuki tahun 2021, pelaku bisnis khususnya UMKM harus bersiap untuk berjuang di tahun yang baru. Dalam riset terbarunya, McKinsey menekankan bahwa tahun ini menjadi tahun peralihan di mana masyarakat akan mulai membentuk masa depan mereka.
Menanggapi hasil riset tersebut, Patrick Vaz, Country Manager, Zilingo Indonesia mengatakan, walaupun kebanyakan pelaku usaha tengah mengerahkan segala upayanya untuk bertahan di masa sulit ini, sangat penting bagi mereka untuk terus mengetahui tren terbaru di pasar untuk memetakan kesempatan di masa mendatang dengan lebih baik.
“Pelaku usaha perlu menyesuaikan dirinya dengan perkembangan pasar untuk mengidentifikasi cara terbaik guna mempermudah serta memperkuat proses bisnisnya. Dengan begitu, Anda dapat mulai membangun kredibilitas dan nilai tambah bagi bisnis Anda serta memahami proyeksi lanskap industri bagi usaha Anda di masa depan,” kata Patrick dalam keterangannya, Kamis (14/1/2021).
Patrick membagikan tiga tren bisnis di tahun 2021 yang dapat dijadikan sebagai acuan pelaku UMKM dalam merencanakan masa depan dan menciptakan kesempatan baru sebagai berikut:
Pola Belanja Baru
Mengidentifikasi perubahan pola belanja konsumen sedini mungkin merupakan langkah krusial dalam mencapai kesuksesan di tahun baru. Hal ini akan menyediakan sebuah roadmap untuk menyelaraskan bisnis dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan yang terus berubah.
“Conscious buying serta keinginan untuk ‘berbuat baik’ merupakan hal yang diinginkan konsumen untuk dapat dicerminkan oleh merek pilihan mereka. Oleh karena itu, pelaku UMKM perlu fokus untuk memperkuat daya tarik lokal serta menekankan peran positif usaha di dalam masyarakat agar produk serta penawaran lainnya dapat lebih menonjol di pasar,” kata Patrick.
Masa Depan Kerja Remote
Jumlah pekerja jarak jauh (remote) di seluruh dunia meningkat tajam pada tahun 2020. Pelaku usaha mungkin perlu berinvestasi dalam teknologi tambahan dan solusi perangkat lunak untuk memastikan bahwa karyawan dapat bekerja dengan nyaman tanpa harus ke kantor.
“UMKM harus mulai melihat perlindungan jaringan, komputer, program, serta data yang ada melalui lensa bisnis perusahaan. Setiap bisnis akan selalu menjadi sasaran para peretas karena Anda memiliki akses ke uang dan data, yang merupakan dua hal utama yang diinginkan peretas terlepas dari banyak atau sedikitnya uang atau data yang Anda miliki,” saran Patrick.
Kemajuan Platform E-Commerce
“Pelaku UMKM harus menyadari bahwa platform e-commerce dapat menjadi alternatif saluran lain yang dapat dimanfaatkan untuk mendiversifikasi produk Anda. Di Zilingo Trade, Anda tidak hanya dapat mengembangkan performa digital Anda dengan memanfaatkan solusi bisnis kami yang luas, tetapi Anda juga bisa mendapatkan akses ke banyak pilihan dengan harga termurah, jaringan penjual terpercaya yang besar, pengiriman cepat, serta pembayaran online yang fleksibel,” jelas Patrick.
Selain tren tersebut, Zilingo Trade ingin membantu para pelaku usaha dengan promo tahun barunya di mana para pelaku usaha dapat menemukan berbagai promo kampanye menarik seperti “Promo Kaget Awal Tahun” dengan diskon hingga 70%, “Fashionista 2021” untuk outfit paling trendi mulai dari Rp39K dan dapatkan ekstra potongan harga dengan kode ‘FASHIONISTA150’ serta “Cantik Berseri di Januari” untuk pilihan produk kecantikan terbaik mulai dari Rp7K. Anda dapat lebih berhemat dan menikmati gratis biaya pengiriman hingga 10Kg di seluruh Pulau Jawa.
STEVY WIDIA
Discussion about this post