youngster.id - Saat ini ada 2,7 juta penjualan (merchant) yang bergabung dengan Tokopedia. Dan 70% dari para penjual itu merupakan pebisnis baru dengan profil yang beragam mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga hingga pekerja kantor.
Untuk itu, Tokopedia berupaya mendorong para merchant dalam mengembangkan bisnisnya melalui berbagai inisiatif dan program. Garri Juanda, Co Head Marketplace (Merchant Experience) mengatakan, e-commerce telah memberikan produk lokal ruang dan panggung lebih besar untuk memulai dan mengembangkan usahanya.
“Tokopedia selalu berupaya mendukung kreator lokal untuk memulai dan mengembangkan usahanya lewat Tokopedia. Kini siapapun dan dimanapun mereka berada mampu menjadi pengusaha tanpa perlu pindah ke kota besar,” kata Garri dalam keterangannya baru-baru ini.
Dia memaparkan di Tokopedia, terdapat dua tipe utama seller yaitu maker (produser) dan trader (pedagang).
Adapun maker yaitu menjual produk yang mereka produksi sendiri, sedangkan trader menjual produk yang tidak mereka produksi sendiri.
Untuk dapat mengembangkan jumlah Maker menjadi pekerjaan rumah bersama, seperti dalam memberikan dorongan dan insentif untuk membantu produsen di Indonesia berkembang.
“Di Tokopedia, kami membangun ekosistem agar Maker dari Indonesia bisa terus tumbuh. Kami berkomitmen memberikan bantuan yang mencakup hulu ke hilir untuk pengembangan Maker,” ungkap Garri.
Hal tersebut meliputi peningkatan kualitas produksi, packaging, dan branding, sehingga bisa bersaing dengan produk impor. Kemudian, memberikan akses pemodalan bersama dengan mitra-mitra perbankan Tokipedia dan beragam edukasi.
“Kami berharap gerakan semacam ini bisa terus berkembang, dilakukan bersama, dan mendapatkan dukungan berbagai pihak. Sebab, kolaborasi bersifat penting untuk kesuksesan perkembangan produsen di tanah air,” katanya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post