70% Mitra Tokopedia Adalah Pengusaha Baru dan Ibu Rumah Tangga

(kiri) Melissa Siska Juminto, COO Tokopedia menemui merchant Tokopedia yang mengikuti program AHS. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Data International Finance Corporation pada Maret 2016 menyebutkan, 51% dari Usaha Kecil dan 34% dari Usaha Menengah dimiliki oleh perempuan. Secara total, UKM yang dimiliki perempuan menyumbang 9,1% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia, namun pengusaha perempuan masih menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan bisnisnya.

Untuk meningkatkan iklum usaha bagi kaum perempuan, termasuk para ibu rumah tangga Tokopedia terus melakukan terobosan dan kemitraan. Apalagi 70% penjual di Tokopedia merupakan pengusaha baru, termasuk ibu rumah tangga yang biasanya memulai bisnisnya di rumah.

“Lewat misi pemerataan ekonomi secara digital, Tokopedia selalu berusaha meruntuhkan tembok-tembok penghalang bagi siapapun di manapun mereka berada untuk memulai bisnis secara online. Agar usaha mereka dapat terus maju dan berkontribusi lebih signifikan terhadap kesejahteraan keluarga dan perekonomian Indonesia, kami perlu meningkatkan iklim usaha bagi perempuan, baik dari sisi online maupun offline,” ungkap Melissa Siska Juminto, COO Tokopedia Senin (23/4/2018) di Jakarta.

Untuk itu Tokopedia bermitra dengan Danone-Aqua menggelar program Aqua Home Service (AHS). Lewat kerjasama ini diharapkan akan dapat memberdayakan ibu rumah tangga di Indonesia sebagai distribusi online produk Danone-Aqua sekaligus mengembangkan UMKM.

“Tokopedia berharap edukasi dan fasilitasi berbisnis online yang dihadirkan melalui kemitraan dengan Danone Aqua dapat mendorong lebih banyak lagi perempuan-perempuan Indonesia untuk berani memulai dan mengembangkan usaha sendiri. Ibu-ibu rumah tangga tersebut akan dapat mengontrol usahanya secara online dengan tetap menjalankan perannya sebagai Ibu di rumah,” jelas Melissa lagi.

Sementara, Vice President Sales Strategy and Planning Danone Aqua, Bruce Zeng, mengatakan bahwa kerja sama dengan Tokopedia ini tidak hanya melahirkan bisnis pemasaran produk melalui aplikasi online, tetapi sekaligus sebagai perwujudan misi dari kedua belah pihak.

“Kami sangat senang bahwa Tokopedia memiliki misi yang sama tidak hanya dari sisi bisnis, tetapi untuk pengembangan masyarakat melalui peningkatan UMKM dan pemberdayaan perempuan. Kerja sama ini sekaligus dapat membantu ibu-ibu yang tergabung dalam AHS agar mereka bisa menambah konsumen sehingga bisnis mereka dapat berkembang dengan baik, “ ujar Bruce.

Saat ini sekitar 400 anggota AHS di Jakarta sudah terkoneksi dengan Tokopedia. Danone-AQUA dan Tokopedia menargetkan angka tersebut akan terus meningkat hingga 3.000 anggota AHS dan cakupan area yang lebih luas meliputi Jabodetabek di akhir tahun 2018 ini. Pemesanan produk Danone-AQUA dapat dibeli melalui AQUA Official Store, baik lewat aplikasi maupun website Tokopedia.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version