70% Pembelian Tiket Kereta Online

PT KAI mengklaim 70% penumpang sudah memesan tiket secara online. (foto : ilustrasi)

YOUNGSTER.id - Pemasaran digital telah merambah ke semua lini, termasuk dalam penjualan tiket kereta api. Perusahaan operator kereta api tersebut menyatakan, saat ini, penjualan tiket kereta didominasi oleh pemesanan tiket secara online.

“Saat ini, 70% penumpang sudah memesan tiket secara online,” kata Wawan Ariyanto, Deputi Direktur Pemasaran dan Penjualan Angkutan Penumpang PT. Kereta Api, Jumat (22/4). Nah, 70% ini dihitung dari penumpang inter city atau kereta jarak jauh, tidak termasuk penumpang kereta api jabodetabek alias pengguna LRT dan MRT.

Untuk saat ini Wawan bilang bahwa mereka membawa setidaknya 1 juta penumpang per harinya. nah, penumpang inter city ini berjumlah sekitar 180.000 jiwa, sementara sisanya yakni sebanyak 820.000 orang adalah penumpang di wilayah Jabodetabek.

Dengan prosentase sedemikian, sekitar 25.000-30.000 penumpang masih menggunakan loket untuk membeli tiket. Wawan berharap nantinya jumlah penjualan melalui tiket akan terus berkurang.

Nah, untuk lebih menarik penumpang, mereka bakal meningkatkan layanan mereka. Wawan mengklaim bahwa PT KAI memiliki prosentase 95% ketepatan waktu kereta dan juga akan meningkatkan pelayanan melalui contact center mereka.

 

STEVY WIDIA