Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Ada “Nakama” di Balik Sukses Tokopedia

21 Desember 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Ada “Nakama” di Balik Sukses Tokopedia

Tokopedia sebagai marketplace di Indonesia (Foto: Istimewa/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Salah satu kunci sukses Tokopedia menjadi perusahaan marketplace terkemuka di Indonesia, tentunya tidak lepas dari kerja keras para kayawannya yang disebut “Nakama”.

Nakama diambil dari bahasa Jepang, yang artinya teman yang memiliki hubungan layaknya keluarga, saling mendukung dalam keadaan apapun dengan memberikan semangat untuk berusaha meraih impian bersama-sama.

“Semangat inilah yang selalu ditanamkan bagi setiap Nakama di Tokopedia. Semangat kekeluargaan dan berbagi visi misi yang sama, untuk mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital, merupakan dua semangat yang mendasari dan menjadi identitas dari para Nakama Tokopedia,” jelas Pramesti Tyas Wibawanti, Head of People Tokopedia.

Saat ini, jumlah Nakama Tokopedia telah bertambah lebih dari 1.000 orang dalam 12 bulan terakhir. Dari total sekitar 1.800 orang saat ini, 40% dari Nakama merupakan karyawan perempuan dengan 4 perempuan yang merupakan engineer di Tokopedia. Saat ini tercatat bahwa 80% Nakama merupakan generasi millennial.

Baca juga :   Generasi Milenial Terbanyak Belanja Online Selama Bulan Ramadhan

Menurut Tyas, Focus on Consumer, Growth Mindset dan Make it Happen-Make it Better adalah 3 DNA yang tidak pernah terlepas dalam diri Nakama. Untuk menanamkan kedua semangat ini sejak dini, proses orientasi merupakan hal yang sangat penting bagi para Nakama baru Tokopedia.

“Sebelum mulai melebur dalam dunia kerja di divisinya, para Nakama baru akan mengikuti kegiatan orientasi di minggu pertama bekerjanya yang kami namakan Nakama Academy. Melalui kegiatan ini, Nakama juga diajak untuk tahu lebih dalam mengenai misi Tokopedia,” jelas Tyas.

Selain Nakama Academy, untuk menanamkan semangat kekeluargaan secara lebih mendalam, Tokopedia juga secara rutin menggelar program-program, seperti Nakama Buddy. Dalam program ini, pihak Tokopedia akan menunjuk karyawan yang lebih senior untuk mendampingi Nakama baru dalam proses adaptasi. Masing-masing Nakama baru memilki satu buddy atau pendamping. Pendampingan ini meliputi banyak hal, mulai dari pengenalan budaya perusahaan secara general, sampai hal-hal kecil seperti menemani makan siang.

Baca juga :   Tokopedia Catatkan 200 Ribu Mitra

Senada dengan semangat generasi millennials yang menginginkan tempat bekerja yang memberikan arti, semangat, dan budaya perusahaan yang baik, pihak Tokopedia juga percaya tidak cukup hanya mampu secara skill. Para Nakama juga harus memiliki rasa bangga dan memiliki terhadap perusahaan, dan peduli pada misi perusahaan.

Hal ini juga terefleksikan dengan alasan bergabung para Nakama, berdasarkan survei internal Tokopedia yang dilaksanakan pada bulan November 2017 terhadap seluruh karyawan Tokopedia. Survei ini memaparkan bahwa 32% dari para Nakama yang disurvei menyatakan ‘rasa suka dan bangga terhadap Tokopedia’ menjadi alasan utama bergabung, diikuti dengan ‘mencari pengalaman dan arti hidup’ sebanyak 20%, ‘berkontribusi untuk Indonesia’ sebanyak 18%, dan ‘lingkungan kerja yang berbeda dan berjiwa muda’ sebanyak 10%.

Baca juga :   Telkomsel Bawa The NextDev Academy Di 5 Kota

Faktanya, 94% generasi millennials juga ingin menggunakan kemampuannya untuk kegiatan sosial. Di Tokopedia, Nakama juga diajak untuk menyumbangkan 1% waktu kerjanya dalam aksi sosial sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing melalui program Nakama Beraksi. Dalam Nakama Beraksi yang terakhir, Nakama hadir untuk mengedukasi anak-anak tentang penggunaan teknologi.

“Resolusi kami setiap tahunnya adalah menjadi tempat bekerja terbaik bagi Nakama dan semua orang. Apabila dari dalam kuat, kami yakin dapat memberikan yang terbaik bagi seluruh pengguna kami,” pungkas Tyas.

 

FAHRUL ANWAR

Tags: generasi milenialkaryawanmarketplaceNakamaTokopedia
Previous Post

Telkom Raih Peringkat Teratas Dalam Daftar Perusahaan Idaman Job Seeker 2017

Next Post

Acer Dorong Pendidikan Digital Terkini di Indonesia

Related Posts

Transaksi e-Commerce Diproyeksi Bisa Capai Rp1,2 Triliun, Ini Ide Jualan Yang Bakal Tren di 2025
News

Pemerintah Pungut Pajak Digital Lewat E-Commerce

15 Juli 2025
0
Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas
News

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas

18 Juni 2025
0
Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform
Headline

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

12 Juni 2025
0
Load More
Next Post
Acer Dorong Pendidikan Digital Terkini di Indonesia

Acer Dorong Pendidikan Digital Terkini di Indonesia

nama domain

Ada 330,7 Juta Nama Domain Baru Telah Registrasi

Situs ini Tawarkan Personal Travel Assistant

Tren Online Travel di Indonesia Meningkat

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version